Indah’s Kaligua Trip : Kenalan dengan Goa Jepang dan Kolam Tuk Bening

[Travel Report] Aloha penonton debat capres 2019 :p Ditemani cuaca Makassar yang mendung mendukung (untuk nulis), aku akan melanjutkan tentang trip Kaligua. Who’s excited? Seriously Kaligua itu marvelous yet underrated place banget di tanah Jawa. Aku merasa harus mempromosikannya ke kalian. So siap bertualang? Klik read more yaaa

Seolah belum puas menyihir kita dengan pemandangan alamnya, Kaligua melipatgandakan pesonanya dengan menyediakan beberapa tempat wisata alami dan buatan seperti Telaga Renjeng, Goa Jepang, Tuk Bening, gazebo untuk tea gazing, dan beberapa fasilitas permainan outbound. Hebatnya lagi, lokasi wisata ini semuanya berdekatan.

img_20171124_063729_hdr

Alamnya Kaligua itu effortlessly beautiful. Seriously.

img_20171123_162121_hdr

Other proof

img_20171123_161453_hdr

Belum cukup dengan alam, Kaligua juga menyediakan tempat wisata agro

Sesuai judulnya (dan memang hanya dua wisata yang aku datangin), di pos kali ini aku akan membahas dua daya tarik wisata Kaligua yaitu Goa Jepang dan Tuk Bening. Kedua wisata ini dikelola oleh PTPN IX. Jadi, selain menguasai kebun teh di Kaligua, PTPN IX juga mengelola dua wisata tsb. Daebak emang N9. Jadi kangen Mugas ha ha.

Goa Jepang

Here is one of many questionable things in Indonesia, kenapa banyak banget goa bekas penjajahan Jepang dan dinamakan Goa Jepang? Ada beberapa Goa Jepang di Indonesia dan tersebar di beberapa daerah. Memang goa ini sisa dari penjajahan Jepang maka disebut Goa Jepang, but honestly i hope their name more specific. Mungkin “Japan’s ‘My River’ Cave” or anything like that. Ok skip this part.

img_20171123_145943_hdr

Welcome to Goa Jepang!

Tidak seperti Goa Gudawang, Goa Jepang di Kaligua dapat dikategorikan goa wisata atau goa ramah turis. Goa sepanjang 850 m (nyontek blog orang) ini memiliki penerangan yang baik dan sudah dilengkapi diorama tiap ruangan. Berhubung aku sudah lupa seutuhnya tentang goa ini, just let’s go inside gaes.

img_20171123_150741_hdr

Kondisi di dalam goa

img_20171123_150541_hdr

Diorama tentang kondisi goa dulu

img_20171123_150933_hdr

Serem banget ini 😦 I couldnt imagine how terrified the condition was

img_20171123_151020_hdr

Aku ngebayangin tawanan perang yang ngeliat ini. Pasti ingin banget bisa bebas dan liyat matahari di luar sana 😦

Sebagian besar ruangan di sini digunakan untuk penyiksaan. Serem banget gaes. No wonder banyak yang bilang goa ini rada horor. Meski demikian, ada juga satu ruangan yang digunakan untuk berdoa. Tapi aku lupa detail ruangan itu (udah satu setengah tahun yang lalu aku datang ke sini wkwk).

Saran dan memang agak diwajibkan kalo ke sini dengan pemandu saja. Selain informasinya jauh lebih jelas dari blog ku, kalian gak akan merasa horor-horor sendiri. Untuk biaya pemandu nya seiklas kalian aja gaes. Ya cuma tau perkembangan inflasi negara ini dari tahun ke tahun aja sih :p Bawa pasangan yang pemberani juga boleh banget. Asal gak melakukan tindakan asusila ya gaes.

img_20171123_145936_hdr

Diikuti ya gaes sarannya

Mungkin ada banyak goa yang lebih tourist-able dari goa ini, tapi goa ini spesial menurutku karena landscape nya. Perpaduan antara goa bersejarah dan kebun teh sangat langka di indonesia. Biasanya di kebun teh adanya saung, di Kaligua tersedia Goa Jepang. Thats cool men.

img_20171123_152442

Yakin bisa nolak pesonanya?

img_20171123_153510_hdr

Persis di sebelah Goa Jepang ada ini. Bagus ngets ya gaes.

img_20171123_154904_hdr

Sok aesthetic ahaha

Wisata Agro Kaligua (Kolam Tuk Bening)

Habis menengok sisa-sisa penjahan Jepang, aku dibawa untuk melihat yang bening-bening yaitu kolam Tuk Bening. Kolam ini tidak terlalu jauh dari Goa Jepang. Mungkin sekitar 3 km kali ya. Kalau kalian sudah dari Goa Jepang, kalian harus pulak mengunjungi Tuk Bening. Ibaratnya itu sepaket. Gak afdol rasanya kalo puasa gak teraweh gak mengunjungi kedua wisata ini.

Apa spesialnya kolam Tuk Bening dengan kolam-kolam lain di Indonesia ndah?

Kolam Tuk Bening adalah mata air dari pegunungan asli! Mata air dari pegunungan itu bukan hanya di label-label air mineral dalam kemasan gaes melainkan memang ada bentuk nyatanya. Tuk Bening adalah salah satu mata air dari pegunungan. Air di Tuk Bening bisa langsung diminum tanpa harus diuji di lab IPB atau ITB (menurut orang sekitar) haha. Dan aku rasa belum ada case orang keracunan e coli atau logam berat karena minum air di sini.

img_20171123_161841_hdr

Welcome. Maap kalo fotonya sama kaya di pos Puncak Sakub :p

img_20171123_155954_hdr

Marvelous isnt it?

Dari pintu masuk aja pemandangannya udah bikin betah kan? Pas masuk ke dalam lebih spektakuler lagi gaes.

img_20171123_160102_hdr

Petunjuk arah

img_20171123_160827_hdr

Tuk Bening

Rasa air di sini segar gaes. Lebih enak dari minuman kemasan yang biasanya ada di seminar-seminar organisasi kampus. Meski begitu, aku gak tau kenapa airnya gak aku ambil dan masukin ke botol minum *gak mau rugi*.

Padahal selain airnya emang beneran bisa diminum tanpa filter dan uji macem-macem (again, menurut orang setempat), mitos di tuk bening itu airnya bikin awet muda. Beh gokilss. Kapan lagi ya kan bisa minum air dari mata air pegunungan asli plus bikin awet muda. Gak perlu tuh serum-serum gambar gajah jutaan itu (IYKWIM). Berasa kaya SPG dan beauty advisor Tuk Bening yak ha ha.

img_20171123_160844_hdr

Mitos Tuk Bening. Baca sendiri aja ya gaes.

img_20171123_160518_hdr

Quotes untuk kamu yang suka meninggalkan air mata ~

Catatan Indah

1) Harga Tiket Masuk :

Tiket masuk area Kaligua : Rp 5000
Tiket masuk Goa Jepang   : Rp 3000
Tiket masuk Tuk Bening   : Rp 3000

Murah banget ya gaes tiket masuknya. Dengan uang segitu, kalian bisa mendapatkan pengetahuan tentang penjajahan jaman Jepang di area Kaligua, tea gazing (istilahku sendiri) di gazebo, merasakan sensasi minum air dari mata air pegunungan asli, dan yang paling penting bisa bikin awet muda. Waw daebak . Harusnya orang di Kaligua bisa bikin “Anti wrinkle club” he he.

2) Bila ingin menginap di wisma Kaligua, bisa untuk cek harga di sini
Wisma yang disewakan di area Kaligua dimiliki oleh PTPN IX. Aku akan update tentang prosedur wisma ini setelah interogasi user ku besok. Wait yak.

3) Aku ingatkan sekali lagi. Kaligua terletak di ketinggian 1500-2050 m mdpl sehingga udara di sini tergolong dingin gaes. Selalu siapin baju yang bisa melindungi kalian dari kejamnya dinginnya Kaligua ya.

4) Kaligua is a good place to spend your weekend but it becomes so crowded when idul fitri or long holiday. Booking wisma untuk menginapnya ya gaes. Jangan sampe kalian nginep di kebun teh. Takut ditemenin yang muncul di Tukul Jalan-jalan edisi Kaligua :p

5) Im so sorry for unclear explanation :p Aku melakukan wisata nya sudah setahun yang lalu dan aku tidak memiliki memori yang baik untuk mengingat spesifikasi satu tempat. Cari informasi tambahan di blog lain aja ya gaes ha ha.

6) Selalu jaga kesopanan dan jangan buang sampah sembarangan ya gaes. Jangan sampe nama Kaligua jadi tercemar. Kaligua is really a wonderful place. I hope you mind your attitude *nada mengancam*.

See you later ya ges :*

img_20171123_153209

Me that time 🙂

p.s Yang ingin tau Kaligua lebih lanjut, just contact me yaaa.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s