#Indah’s One Day Trip : Melancong Manja ke Sentul Bogor

Halo gaes! Tanggal 4 dua hari lagi nih. Makin ‘panas’ ya dunia maya di Indonesia meskipun sekarang lagi musim hujan -_- Kalian ikut demo kah? Kalo ikut, jangan rusuh ya gaes. Hati-hati dan jaga diri pokoknya.

Berhubung aku tidak ingin blogku dituding menjadi agen penyebar kebencian (gak kuat qaqa) dan pro kontra, maka aku putuskan untuk menyembunyikan pilihan hidupku politikku . Gemes sih ingin mengomentari isu yang ada, tapi aku gak rela kehilangan kalian (re : stalker dan reader)  karena my premature political views. Lagian, aku gak cinta cinta banget sama Jakarta. Aku cintanya sama Duren Sawit :* Bukan karena lurahnya lho yak.

Untuk mencari ‘aman’ dan sekaligus menyambut tanggal 4 November nanti, aku memutuskan untuk posting tentang ODT-ku ke Sentul yang aku lakukan bulan AGUSTUS lalu (emang ini basi banget -_-) bersama ibu-ibu PKK di rw-ku. Gak ada hubungannya sih gaes but let’s just check this out!

Sejak  menjadi pengangguran x bulan yang lalu (disensor demi reputasi), aku resmi menjadi ajudan ibuku. Kebetulan ibuku itu mengalami sindrom ‘bulu kaki jatuh di jalan’ alias gak betahan di rumah. Dalam sehari, ibuku itu wajib keluar rumah meskipun cuma ke Buaran, semacam Kemang-nya Duren Sawit. Disana dipenuhi tempat makan, minimarket, toko buku, bahkan ada mollnya, Buaran Plaza. Sini pindah ke Duren Sawit.

Kemana ibuku pergi, pasti aku ikutin. Sebagai anak terakhir, tentu dong kewajibanku untuk nemenin *modus*.  Sebagian kegiatannya sih blusukan ke pasar di daerah rumahku. Pasar Bulak, Klender, Perumnas, sama Jatinegara. Udah kaya Cagub yang lagi kampanye. Kadang ibuku juga ngajak makan di mol-mol deket rumah kalo kalender menunjukkan tanggal 25 dan 28 hehehe. Tidak terkecuali pergi ke Sentul dengan ibu-ibu PKK ini. Tanpa mikir lebih dari 15 detik, aku langsung “menyetujui ajakan dengan antusias” saat ibuku mengumumkan rencana lan jalan bersama ibu-ibu PKK ke curug di Sentul.

Sumpah aku gak tau curug mana yang akan didatengin karena banyaknya curug yang ada di Sentul dan ibuku juga has no idea curug apa yang akan didatengin. Nama curug ini baru terungkap saat aku masuk ke area curug -_- Aku udah curiga sih mau ke curug Bidadari, tapi di bis itu gak ada yang tau nama resmi curug yang akan didatengin. Mereka hanya menamai curug Bidadari itu dengan ‘curug Sentul’. Belum tau kalo Sentul bank-nya curug he he.

Hidup itu seperti piknik bareng ibu-ibu PKK, kalian gak pernah tau persis tujuan kalian kemana *maksa*

Jalan-jalan dengan ibu-ibu itu gak seburuk yang kalian pikirin lho gaes. Apalagi kalo kalian jomblo. Siapa tau pulang-pulang langsung dapet lampu hijau untuk khitbah dan dikhitbah #uhuk. Untukku sih ya, temenan sama ibu-ibu itu ngedeketin aku sama Islam. I feel comfort with them

1. Curug Bidadari Sentul Bogor

Nama curug ini cukup harum dikalangan traveller Jabodetabek. Selain jarak tempuh yang lumayan deket (dibandingkan curug-curug terpencil di daerah Bogor lainnya), curug ini memiliki ‘magnet’ yang menarik perhatian traveller. Magnet apakah itu? Kita lihat penampakan curug ini dulu kali ya gaes

img_20160824_124946-medium

Abaikan plat nomernya

img_20160824_095958-medium

Welcome to Curug Bidadari

img_20160824_111320_hdr-medium

Get closer to it

img_20160824_114914-medium

Overall

Terus apa magnetnya curug ini ndah?

Magnetnya adalah :

1. Curug disini dibagi dua area yaitu area curug utama dan kolam di sekitar curug. Kalian bisa berenang di kolam ini bareng bocil atau bisa juga pilih aktivitas lain seperti naik perahu bebek-bebekan. Kolam di sekitar curug ini life saver banget menurutku. You dont have to worry about your child safety karena kolam ini jauh dari aliran curug yang cukup ganas dan juga terdapat penyewaan pelampung. Gantian aja  dengan pasangan untuk waktu main sama bocilnya semisal kalian gak puas cuma di kolam renang doang dan ingin merasakan sensasi mandi di curug.

Sayang kolam disini warnanya kurang menarik. Ada baiknya kolam dicat ulang atau dilapisi keramik. Lebih bagus keliatannya.

img_20160824_095846-medium

Kolam ini menggunakan air yang mungkin asalnya dari curug. Kurang paham deh :p

img_20160824_114735-medium

Penampakan kolamnya. Aman untuk balita dan anak kecil kan?

2. Aliran air di curug

Aku harus akui bahwa curug ini ‘beneran curug’. Tinggi curug ini 40 m dengan aliran cukup deras dan dihiasi banyak batu-batu Meskipun ada kolam di sekitar curug, curug ini gak kehilangan ‘majestic’ sidenya karena kehadiran batu besar yang membatasiarea curug dengan kolam buatan.

img_20160824_111018-medium

Majestic right?

img_20160824_113358-medium

Bisa banget untuk adegan bertapa ala-ala pendekar

img_20160824_095016-medium

Tampak samping. Biar kaya Gamtek dari semua sisi :p

3. Ini Instagram-able :p

Kalo yang ini, aku gak harus jelasin panjang lebar. Cukup liat gambarnya, kalian pasti udah bisa ngebayangin mau pose kaya apa :p

img_20160824_095900-medium

Jembatannya kaya di Hobbit/Lord of the rings!

img_20160824_114458-medium

Spot wajib wajib wajib. Mandatory place

img_20160824_095941-medium

Ada dua jembatan, dua-duanya bagus. Pilih aja :p

img_20160824_114325-medium

Bahkan ini Instagram-able

Rupanya, ibu-ibu PKK juga melihat lokasi ini sebagai tempat sempurna untuk foto-foto alias profil Whatsapp-able hahah. Resmilah aku seharian mengemban tugas menjadi fotografer ibu-ibu. Here are some of their pictures

Aku saranin kalian hati-hati disini karena daerah ini rawan longsor. Saat hujan, kalian dilarang dekat-dekat dengan pacar   curug karena bahaya. Tebing-tebing di sekitar curug ini sangat curam, sangat memungkinkan terjadinya longsor.

How to Get Here

Alamat : Jl. Sentul International Circuit, Sentul, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810

Sorry gaes, aku gak bisa memberikan patokan kesini karena aku binguuuung -_-” Kalian pake G-Maps aja okeh. Susah dijelasinnya. Untuk yang nausea, siapin minyak angin dan kantong plastik karena jalannya bener-bener berkelok-kelok.

img_20160824_093200_hdr-medium

Pemandangan deket curug. Lumayan bagus ya

Jam Operasional dan Daftar Harga

Jam Operasional : 07.30-17.00

Daftar Harga : Hari biasa 25.000, Weekend 30.000, Hari Libur 40.000-50.000

Tiket masuk curug ini tergolong mahal dibandingkan curug-curug yang pernah aku datangin sebelumnya karena curug ini sudah didesain menjadi ‘curug modern’ dengan fasilitas  kolam renang-seperti yang aku jelaskan di atas. Datangnya mending pas weekday/weekend aja aku saranin. Menghindari keluhan saat mengeluarkan 40/50 ribu untuk menikmati sensasi mandi di curug while di curug lain kaya di Leuwi Hejo harga tiketnya cuma 15 ribu huahahaha ^^v

Meski begitu, aku tetap rekomendasiin curug ini ke kalian karena curug ini gak akan membuat kaki kalian ingin cerai. Curug ini tipikal wisata ‘ngesot langsung sampai’. Gak ada adegan kalian harus mendaki bukit melewati jurang untuk sampai ke lokasi. Ada sih anak tangga yang harus dilewatin, tapi it is really nothing. Paling 30 anak tangga. Cocok banget untuk semua keluarga. Apalagi yang sudah berumur lanjut. Easy peezy.

Fasilitas

Mushola, toilet, saung untuk neduh dari panasnya dunia, tempat ganti baju, yang jual makanan dan es kelapa muda, wifi gak ada #iyalah, dan of course gak ketinggalan tukang foto keliling (ini abang mengeruk keuntungan banyak dari teman-teman PKK ibuku haha). Parkir di curug Bidadari juga cukup luas. Sarpras disini emang udah siap untuk menampung wisatawan dalam jumlah banyak. Gak kaya curug ‘alamiah’ yang pernah aku datengin sebelumnya

Overall, curug Bidadari in my humble opinion worth untuk didatangin. Memang harganya rada di luar logika, tapi menurutku curug ini worth untuk didatengin bersama keluarga. Dari semua curug yang pernah aku datengin, curug ini adalah curug paling ramah untuk didatengin dengan orang tua. Worth for every penny.

2. Restoran Ah Poong Sentul

Selesai dari curug, ibu-ibu PKK memutuskan untuk melancong lagi ke wisata lain di Sentul yaitu restoran Ah Poong. Tadinya mau ke Gunung Pancar, berhubung yang kita naikin adalah bis, niat itu tinggalah niat #apadah. Gak ada pilihan, aku nyeletuk aja ke Ah Poong dan semuanya setuju, meskipun sebagian besar gak beli apa-apa disana haha.

Sambil menyelam kelelep sih aku idein ibu-ibu untuk kesini *smirk*. Ah Poong itu ada di bucket list ku dari beberapa bulan lalu. Of course aku bahagia ngetss pas distujuin kesini meskipun kaya cari kesempatan dalam kekecewaan miahaha. Yang penting akhirnya bisa kesampean kesini *oportunis*

img_20160824_145727-medium

Welcome to Ah Poong

Restoran ini satu manajemen dengan Eat n Eat dan juga memiliki konsep penjualan yang sama. Tenant makanan berbeda-beda dan untuk pembayaran dilakukan dengan kartu sakti yaitu kartu Ah Poong, bukan Kartu Jakarta Pintar *lah*. Harga kartu ini 10.000 kalo gak salah dan top up minimal di awal 10.000. Apa gimana ya? Hehehe lupaa. Yang aku inget, kartu ini berlaku sebulan. Jadi kalian bisa top up di Ah Poong selama sebulan tanpa harus membayar kartu lagi.

img_20160824_144057-medium

Kartu sakti. Saking saktinya membuat gambar ga bisa fokus (alesan)

img_20160824_143450-medium

Beli tiket disini ya

Yang membedakan Ah Poong dengan Eat n Eat adalah lokasinya di atas sungai. Yap nilai tambah Ah Poong adalah restoran ini didirikan di atas sungai. No wonder namanya Ah Poong atau Apung. Aku berani judge alasan utama orang mendatangi lokasi ini adalah karena letaknya yang literally di atas sungai. Berasa lagi di pasar apung Kalimantan.

Lagian, anak kekinian mana sih yang gak kegoda liat restoran dengan lokasi menarik? Feed Instagram dan Path akan aman untuk beberapa pos ke depan :p

img_20160824_144948-medium

Beneran di atas sungai kaan. Maap gaes gambarnya blur. Gak dari hape ibuku soalnya ^^v

img_20160824_145522-medium

Ada dua jembatan, ini jembatan 1

img_20160824_144859-medium

Ini jembatan 2

Selain itu, ada juga sungai di belakang restoran yang dijadikan wisata perahu. Sayang aku gak sempet naik perahuu. Ibuku ketakutan -_-

img_20160824_145345-medium

Tiruannya sungai Nil

img_20160824_143159-medium

Versi gak backlightnya

img_20160824_142957-medium

Perahu ini disewakan. 25-30 ribu kalo gak salah/perahu. MAX 6 orang/perahu

Ah Poong itu bagusnya didatengin malem-malem. Kalian akan liat banyak lampu disini, mirip kunang-kunang. Interior Ah Poong juga didesain dengan baik, mirip seperti kondisi perahu apung beneran. Bersih dan rapi lagi.

img_20160824_143832-medium

img_20160824_143314-medium

img_20160824_144030-medium

Tenant makanannya didesain kaya gini

Untuk makanan, aku rasa makanan disini ‘biasa’ aja, dilihat dari skor Zomato. Alhamdulillah waktu kesana, pesenanku gak mengecewakan hehe. Aku saranin kalian minum Es Tebu aja. Letaknya disamping kasir depan persis. Segeeer banget rasanya. Untuk makanan, aku pesen pempek disini dan cakwe jumbo. Rasanya so-so lah, cocok kalo kalian cuma dateng kesini untuk foto-foto. Maaaf foto makanannya gak ada karena waktu itu dibungkus. Seingetku disini juga ada Calais dan Ikkudo ramen.

As i mentioned above, saat kesini, yang beli makanan cuma aku dan ibuku. Sisanya ibu-ibu cuma naik perahu, ke toilet, dan foto-foto haha. Nih Bonus foto ibu PKK lagi :p

How to Get Here

Alamat : Sentul City Bogor Jawa Barat

Exit Tol Sentul Selatan –> Belok Kiri –> Nemu puteran belok kanan–>Lurus –>Puter balik–> Sampe (aku udah ngantuk untuk nulis panjang-panjang. Gini aja ya). Kalo penuh, kalian bisa juga parkir di mal belanova yang terletak di belakang Ah Poong.

Jam Operasional dan Daftar Harga

Jam Operasional : Senin-Jumat –> 10.00-22.00
                                   Weekend dan hari libur –> 07.00-22.00

Daftar Harga : https://www.zomato.com/id/jakarta/restoran/in/ah-poong-sentul

Usahakan kalo dateng gak saat jam makan siang pas weekend/hari libur karena ramai banget. Bisa-bisa cuma dapet BT doang ^^v

Fasilitas

Mushola, Toilet, Wifi (mungkin), pedagang sayur mayur di perahu (saat-saat tertentu)

Alhamdulillah akhirnya tulisan yang kutunda seminggu ini selesai juga heheh. Dua tempat yang aku datengin sangat rekomended untuk orang tua. Bisa banget dijadiin rekomendasi untuk weekend bareng keluarga minggu ini 😀

Iklan

5 thoughts on “#Indah’s One Day Trip : Melancong Manja ke Sentul Bogor

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s