#MalamMingguDenganIbu : Dipuaskan Leuit Ageng Yasmin Bogor

[Culinary Recommendation] Haloo gaes. Akhirnyaaa setelah 3 purnama terlewati dan Dimas Kanjeng Taat Pribadi digrebek polisi, Indah Hardiyanti kembali kesiniiiii :* Aku resmi jadi buronan blogku sejak 6 Agustus yang lalu. Gak ada particular things yang aku lakukan *iyalah pengangguran* tapi rasanya 24 jam gak cukup sampe-sampe aku khilaf ninggalin blogku.

Aku sibuk kepo-kepo hal gaes. Mulai dari designer bag inceran aku, tempat jalan-jalan yang aku ingin datengin, sampe skincare regime. Gak ada yang bermanfaat semua ya gaes. Oke aku tau, stop judging haha.

Kayanya aku belum bisa membahas kuliner Duren Sawit lagi deh, soalnya belum ketemu pak lurah gantengnya. Jadi kaya gak semangat gitu buat cerita tentang Duren Sawit *bilang aja males ndah* he he. Oke sebelum tulisan ini nyamperin Dimas Kanjeng Taat Pribadi di Probolinggo saking panjangnya, mari kita taaruf dengan restoran ini :*

Hari itu, 21 September 2016, aku, Indah Hardiyanti, dengan mengucap hamdalah, secara resmi berhasil menanggalkan gelar Mahasiswa Abadi. Yap aku diwisuda bulan lalu. Alhamdulillah banget. Meskipun sudah nyaris ganjil 5 tahun menyandang gelar mahasiswa, aku tetap semangat untuk diwisuda. 

Emangnya kenapa sih ndah semangat banget mau diwisuda?

Karenaa gaees untuk kali pertama, selama nyaris 5 tahun menjadi mahasiswa di kampusku, aku berhasil salaman sama rektorku!!!!

Rasanya seneng dan deg-degan banget. Kaya mau dinikahin aku rasa. Detail tentang hari wisudaku termasuk baju yang aku pakai, MUA aku, dan segala macamnya aku bahas di pos terpisah ya. Aku gak ingin tulisanku nyampe Probolinggo pokoknya. Cukup sampai Permata Puri Cimanggis aja #eaaaa.

Berhubung ibuku lega anaknya sudah diwisuda (dan kembali gelisah melihat anaknya hingga kini belum kerja juga wkwkwk), ibuku mengusulkan untuk makan besar di Leuit Ageng Yasmin Bogor.

Sekedar informasi,  Leuit Ageng itu cabang dari restoran D’Leuit Bogor. D’Leuit adalah salah satu most well-known restoran di Bogor. Alhamdulillah aku bisa nyicipiiiin makanan di franchise restoran ini pas wisuda kemarin. Tiap kali lewatin Leuit Ageng aku selalu wonder kapan aku bisa makan disini. Secara dari luar aja ketauan kalo harga nasi putih disini bisa sampe 10 ribu -_-

Mari kita kepow restoran ini :3

Interior

Seperti restoran keluarga mehong/mahal, interior di Leuit Ageng memang didesain dengan rapi dan bertema. Restoran ini, seperti namanya, memiliki bangunan utama seperti leuit atau lumbung padi. Interior disini memiliki konsep minimalis dan didominasi kayu dengan dekorasi ruangan bertema vintage atau jaman dulu.

Ruangan di Leuit Ageng dibagi menjadi dua area which are Smoking Room dan Non Smoking Room. Area non smoking ada di dalam ‘leuit’ atau di gedung utama, sedangkan area smoking ada di saung-saung yang ada di samping ‘leuit’. Area smoking juga ada dua tipe, yaitu lesehan dan duduk di kursi. Di antara Leuit dengan area non smoking terdapat playground kecil untuk tempat bermain anak.

Sewaktu tiba disana, pelayannya mengantarkan kita ke area smoking, semacam punya feeling bahwa ayahku ahli hisap haha. Jadi, kita memutuskan untuk duduk di area smoking dengan kursi.

Area smoking

img_20160921_144410-medium

Lihat kan lantainyaaa? Kaya jaman dulu. Aku seneng banget disini.

img_20160921_140812-medium

BERSIH!!

img_20160921_140805-medium

The spotlight here

img_20160921_144457-medium

Penghubung Leuit dengan area smoking

img_20160921_140708-medium

Jalanan di area luar

img_20160921_144257-medium

It was raining so hard

Such a decent place right? Yang paling menarik perhatianku adalah penggunaan ubin dan lampu jaman dulu. Membuat aku ingat kampung halaman ayahku. Warna yang digunakan juga membuat kesan hangat. Pokoknya aku sukaa deh interiornya. They mixed minimalist with traditional details perfectly. Love it. Gak nyesel makan disini meskipun harga nasinya 8 ribu satu porsi.

Hal lain yang aku suka adalah kebersihan tempatnya. Harus aku akuin, tempat ini bersih parah. Aku sampe betah gak mau pulang saking bersihnya. Aku harus kasih nilai 5 untuk masalah interior disini. Really lovely place.

Ambience disini benar-benar bikin nyaman. Apalagi saat turun hujan. Ada price, ada tempat lah ya :3

Area non smoking

img_20160921_144514-medium

Kalo si mas ikut, aku udah pasti minta fotoin di dinding ituu

img_20160921_144907-medium

Gak sempet foto dalemnyaa :’)

Selintas yang aku lihat, area non smokingnya lebih minimalis dari area smoking. Mungkin karena di dalam ruangan kali ya. Lebih instagram-able lagi :’) Tapi tetep, mau di area dalam atau pun luar, bersihnya pake banget!

What We Ordered

Kira-kira kalian tau gak yang aku order? Well kalo kalian kepo-er aku, pasti bisa nebak. Huahaha let’s see yah.

img_20160921_141752-medium

Semua makanan yang tersaji. Itu ada ibuku, ayahku, omku, dan abangku

img_20160921_141821-medium

Gurame Goreng Menari (Rp 90000)

Bukan keluarga ibu rusmiyati kalo makan besar tanpa gurame goreng. Makanan ini wajib dihidangkan saat makan besar. Semua keluargaku sukaa sekali dengan gurame, baik bakar maupun goreng. Berhubung bosen dibakar, ibuku memilih digoreng. Could you guess the taste?

Rasanya enaaaaaaaak. Oke kalian pasti akan bilang ‘itu kan gurame, rasanya pasti gitu-gitu aja’. Nope gaes, nope. Gurame goreng ini enaaaak karena garingnya sempurna daaan GAK HAMBAR! Teksturnya mirip kerupuk. Meskipun begitu, gurame ini gak gosong dan tetep garing banget. Ya aku paham mereka pasti menggunakan deep fried which i cant imagine berapa kalori yang ada di gurame ini, tapi menurutku ya, ini enaaaak. Ada rasanya juga gaes. Kalian kaya gak makan ikan digoreng dan udah aja. Ada rasa di gurame ini #dilarangbaper. Aku rekomendasiin! Kemungkinan besar mantan kamu ngajak balikan kalo dikasih gurame ini *hoax*

img_20160921_141824-medium

Karedok (Rp 22000) dan Ayam Bakar (Rp 48000)

Menu andalan apa lagi yang akan ada? Of course Karedok! Aku itu paling sukaa makan karedok kalo lagi makan besar, soalnya ibuku gak pernah masakin aku karedok. Rasa karedok ya sama-sama aja, tapi kalo karedok yang ini rasanya sama kaya karedok di Cibiuk. Levelnya enak. Bumbunya berasa dna rasa kencurnya gak lebay. Sayurannya juga sayuran segar alias kol-nya belum terfermentasi he he. Pesen ini! Aku saranin.

Menu yang dipesan lainnya adalah ayam bakar. Ayam bakar disini disajikan dengan lalapan dan sambal terasi.  Since my mom was prohibited from salty fish (ikan asin maksudnya), aku gak bolehin ibuku makan nasi jambal disini (padahal ini bintangnya) haha. Instead, aku saranin ayam-ayaman aja. Ibuku memilih ayam ini. Apa rasa ayam ini? Yaa rasanya rasa ayam bakar. Aku kurang suka ayam bakar, tapi ayam bakar ini rasanya better dibanding ayam bakar yang udah aku coba. Rasanya ‘gak pasaran’ gitu gaes. Bumbunya special dan gak ngingetin aku sama ayam bakar di Bara -_-” Aku gak terlalu saranin sih, tapi bolehlah kalo kalian mau 😀

img_20160921_141948-medium

Udang Crispy (Rp 70000)

Menu yang pasti aku lirik kalo lagi makan besar, Udang Goreng Tepung!! You cant be wrong with this food. Aku suka banget sama udang/cumi goreng tepung. Kalo aku nikah, aku mau dibawain cumi/udang goreng tepung pokoknya *ini kok nyasarnya jauh banget sih* haha. Aku pun memesan udang goreng tepung disini. Udang ini disajikan dengan saos Thailand dan Maynonnaise. Lalu, bagaimana dengan rasa udang goreng tepung Leuit Ageng?

Rasanya beyond enaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaak. Maknyuuuuuss kalo kata Bondan. Ini seriously enak. Ini beneran enaaaak.

Aku pernah bilang kan kalian harus coba udang bakar madu mang engking? Naaah aku juga mau bilang kalian harus coba udang goreng tepung Leuit Ageng!

Gak ada yang salah dengan udang goreng tepung ini. Luarnya crispy while udangnya well cooked di dalam jadi gak ada bau amis. Tepung untuk coating udangnya itu spesial gaes, bukan tepung terigu, Semacam tepung tempura mungkin ya. Udang ini beneran enak. Udah deh aku gak usah banyak penjelasan, kalian cobain ajaaaaa.

Ibuku gak suka komentar makanan enak, tapi ibuku akuin kalo udang ini enaaaaaak bahkan sampe bungkus buat keponakanku. Yap, it is undoubtedly delicious. Aku akuin. Gak bohong.

img_20160921_141952-medium

Kalo gak enak, gak sampe aku masukin beberapa gambarnya di blogku. Ini enak parah!

Selain itu, saos thailand yang disajikan juga mouth pleasure banget. Aku gak tau saos ini dibuat dari campuran apa, tapi rasanya aku mau ‘nyemplung’ ke saos ini saking enaknya. How shud i put that word? Enak paraah gaes. Sebenernya sih, kalian makan mentah aja udang ini dasarnya udah enak, apalagi dimakan pake saos thailand ini. Rasnaya beyoooond enaaak :333

img_20160921_143501-medium

Mouthgasm! No lie, no edited feeling. It is truly my mouthgasm!

Drooling kan jadinya malem-malem? Hahaha. Etapi kalian jangan marah yak kalo semisal kalian nemuin rasanya gak seenak yang aku bilang. We have different taste bud buddy! Tapi menurutku sih enak-enak semua. Oh iya dan juga porsinya banyaaaak. Aku aja berlima harus saling bantu membantu buat ngabisin. Aku gak review minuman karena gak ada fotonya. Skip aja ya jadinya.

Facility Here

Fasilitas yang keren disini adalah taman bermain di tengah-tengah restoran. Taman bermain ini menurutku cukup ampuh untuk anak-anak yang pecicilan macem keponakanku. Setidaknya mereka akan terpuaskan dengan prosotan plastik yang disediakan. Taman ini adalah nilai lebih dari Leuit Ageng.

img_20160921_140529-mediumimg_20160921_140733-medium

Toilet Leuit Ageng juga menjadi nilai lebih Leuit Ageng. Toilet disini dihiasi dengan material batu sehingga terkesan minimalis. Hal lain yang aku sukaaa dari toilet ini adalah kebersihannya yaaaang nomer wahid! Sumpaaah ini bersih bangetttt. Aku gak keberatan deh ada di toilet for hours. Lebay yah, tapi beneran bersiiih. Jago banget janitornya :’)

img_20160921_140602-medium

Rada absurd yah posting tentang toilet + ngeblur, but i wanna show you how clean it was!

Conclusion

Secara keseluruhan, harus aku akuin bahwa restoran ini memang beneran special. Hampir dari segala aspek. Aspek tempat dapet (nomer wahid malah melihat tempatnya bersih banget). Makananya enak bangeeetttt meskipun variasinya kurang (hanya makanan tradisional). Fasilitasnya lengkap, termasuk mini playground. Servicenya gak usah ditanya (makanan cepat datang, tamu pergi meja segera dibersihkan, karyawan gak galak, dan karyawan banyak.) I cant expect more. Really such a best place to eat. Selain kedai kita, aku benar-benar ngerekomendasiin tempat ini!

Tempat ini harus masuk ke culinary list kalian kalo mau ajak keluarga besar makan saa special day atau saat ingin malem mingguan bareng ibu bapa.  Insyaalloh gak ngecewain sama sekali. Memang price-nya cukup membuat kening berkerut, tapi hey, apalah artinya kerutan di kening dan di dompet kalo kalian bener-bener bisa nyenengin orang di sekitar kalian dengan makanan yang beneran enaaaaak dan tempat yang beneran nyamaaaaan. Insyaalloh mereka akan beyond happy!

Review di Zomato bilang sih rasanya gak seenak yang D’Leuit. Berhubung aku gak pernah ke D’Leuit, i cant give you any comment. Tapi intinya, kalian worth splurge money here menurutku #rayuansetan

Location

Jl. K.H. R. Abdullah Bin Nuh No. 36,Bogor Barat, Bogor

Ini letaknya di Yasmin Bogor gaes. Kalo dari jakarta kalian exit tol sentul selatan. Terus kalian masuk tol yang ke arah Dramaga. Kalian luruus aja sampe exit tol. Jangan keluar di warung jambu ya. Kalian pokoknya lurus sampe jalan tol-nya abis. Terus kalian luruuuuus aja sampe nemu lampu merah. Dari lampu merah kalian ambil kiri. Nah kalian udah ada di Yasmin Bogor. Letak Leuit Ageng ada di sebelah kanan jalan, jadi kalian harus puter balik dulu. Patokannya di depan Giant Yasmin ya gaes!

Jam Operasional dan Daftar Menu

Jam operasional : 10.00-22.00 WIB

Daftar Menu : kindly check https://www.zomato.com/id/jakarta/leuit-ageung-bogor-barat-bogor/menu

Waktu aku kesini, totak ibuku dan abangku bayar 496000 untuk berlima.  Harga segini sangaaat worth menurutku!

img_20160921_144653-medium

Yeaay akhirnya aku sudah kembali he he. Insyaalloh yaa aku bisa mempos kegiatan yang aku lakukan dari Agustus sampe Oktober ini. Tenang ya bosque, aku udah gak buron lagi kok :3

Disclaimer : review ini murni dari pendapat dan pengalamanku. Aku gak diendorse *ya iyalah siapa eluu ndah* atau pun terlibat dengan pihak lain. So, ini true honest reviewku. Semoga membantu :3

 

2 thoughts on “#MalamMingguDenganIbu : Dipuaskan Leuit Ageng Yasmin Bogor

Tinggalkan Balasan

