#MalamMingguDenganIbu : Mencicipi Salah Satu Surga Dunia, Udang Bakar Madu Mang Engking

[Rekomendasi Restoran] Assalammualaikum gaes hehe. Berhubung lagi Ramadhan, sapaannya diubah hahaha *kesepakatan sepihak*. Selamat menunaikan ibadah puasa hari ke-4 yaa. Alhamdulillah 26 hari lagi kita akan lebaran. Udah beli baju lebaran belum? Jujur kerjaanku dari awal puasa kepo online shop dimana-mana untuk cari baju lebaran wkwkwkwk #gilabaju. Aku minta maaf sebanyak-banyaknya baru muncul lagi di hari ke-4 ini. Untung aja masih muncul ya haha. Okay berhubung aku belum sempet foto-foto yang kece untuk content blog edisi ramadhan (sebenernya gak ada anything special that comes up on my mind wkwkwk) jadi bahas ini dulu yaa. Insyaalloh gaes orang tua kalian bisa happy dan bahkan bisa langsung nikahin kalian kalo kalian bawa mereka ke one of the finest traditional restaurant at town, Mang Engking! Penasaran? Kepo yuk ^_^

Salah satu moment dimana aku ngerasa happy banget adalah ketika abang pertamaku nelpon and asked my mom and pa to go out to a restaurant. Of course aku akan ngintil dengan atau tanpa restu abangku wkwkwk. Gak ding doi selalu merestui dan selalu rela aku mesen apapun kalo lagi ditraktir *ngarep doi baca dan aku ditraktir lagi wkwkwk*. My happy state nambah-nambah ketika abangku offer makan di Mang Engking. Di otakku aku sudah membayangkan udang-udang lezat meluncur di kerongkonganku yang kemudian disusul dengan gurame dan tumis kangkung sedap. Yum! Kita cek dulu kali ya interior Mang Engking baru ke main issuenya hehe

Interior

IMG_20160604_130920 (Custom)IMG_20160604_133910 (Custom)IMG_20160604_134252 (Custom)IMG_20160604_135806 (Custom)IMG_20160604_133553 (Custom)IMG_20160604_133616 (Custom)IMG_20160604_144002 (Custom)IMG_20160604_132657 (Custom)

IMG_20160604_134424 (Custom)

Harus aku katakan, yang buat Mang Engking kreatif. Mang Engking didirikan di atas empang dan didesain dengan baik. Jadi kaya restoran apung gitu. Kreatif kan, habis empang muncullah miliaran waaaw. Yaa tipikal kaya Cibiuk, hanya saja lebih besar. Waktu aku kesini aku gak duduk di saung karena harus reservasi dan ramaaaaaaaaiiiii bangettt. Alhamdulillah i still could stalk interior of this restaurant. Yang buat restoran ini unik, disini ada semacam terapi ikan gitu hehe.  Mungkin karena populasi ikan di empang ini udah kebanyakan jadi pengelola membuat terapi ikan ini #asal.

IMG_20160604_135755 (Custom)IMG_20160604_133538 (Custom)IMG_20160604_144002 (Custom)

IMG_20160604_132746 (Custom)

Lihat kan ya pondasinya bener-bener di atas empang hehe

What We Ordered

IMG_20160604_141353 (Custom)

Half of our ordered dishes

Waktu kesini kita mesen paket A kalo gak salah yang cocok untuk 5 orang. Ada satu udang bakar madu, udang goreng, gurame bakar, gurame cobek, karedok, dan tumis kangkung. Sayang gurame cobeknya ga difoto hehe. Bahas satu-satu ya gaes.

IMG_20160604_141414 (Custom)

Terdengar hiperbola, but yeah it was one of my kinda food paradise, Udang Bakar Madu. Rasanyaaaaaa enak gaes. Udangnya empuk, bumbunya pas, rasa pedanya kerasa dan balance jadi gak terlalu manis dan gak terlalu pedas. Enaaak banget banget. Tentu rasa amisnya udah minggir jauh-jauh dan digantikan rasa grilled prawn yang enak. No wonder aku makan 3 tusuk gaes dan menambah timbunan lemak di badanku. Aku mau deh nyamperin kokinya dan bilang “you’re rock chef” hehe. Kaya di LaSfera, chefnya suka nerima compliment hahaha.

You simply have to order this food once in your life. I really recommend this food

Move to next food

IMG_20160604_141403 (Custom)

Main dish kedua adalah Gurame Bakar. What i wanna say, ini terlalu manis. Gak nyalahin si karena fokus Mang engking adalah udang. But if this restaurant wanna get better, it should improve this dish karena gurame adalah salah satu menu favorit kebanyakan orang di Indonesia . Menurutku ini too sweet. Have i said that i’m a soy sauce haters? Wkwkwk yap i dont like soy sauce so this Gurame was kinda wrong to me. Kata kakak iparku, biasanya gak gini. Mungkin karena terlalu crowded. Yaa gak nyalahin sih. Semoga pihak Mang Engking baca and could fix it soon yaah!

Selain gurame bakar, aku mesen gurame cobek. Kusaranin mending kalian pesan gurame cobek. Lebih rekomended sih. Lebih tolerable manisnya haha. Sebenernya gak manis sama sekali wkwkwk

IMG_20160604_141427_1465025863438 (Custom)

Di paket yang aku pesen, ada juga one of my favorite dish, Karedok! Seger dan enak. Yaaa enak gaes. Aku suka wkwkwk. Yang ngabisin karedok keknya aku wkwkwk. Waktu itu tersaji juga tumis kangkung cuma gak aku foto. Rasa tumis kangkungnnya mirip sama tumis kangkung di Oemah Sambel jadi aku tetap suka :3 Untuk menu sayuran no complaint hehe. Enak enak.

IMG_20160604_143851 (Custom)

Makanan yang bikin aku turn off justru cumi goreng tepungnya. Rasanya plain banget. Gak ada rasanya. Mungkin faktor keramaian kali ya jadi chefnya bingung cause it was plain. Like it was not spiced. Rada kecewa si sebenernya. Kalo kaka iparku bilang rasanya emang gak seenak yang biasa. Aku bingung untuk setuju apa engga karena this was the first time untuk aku makan disini, but for calamary, yeah it was a turn off.

IMG_20160604_135903 (Custom)

Sebagai penutup aku memesan es kelapa muda, as usual hehe. What did i get? A very refreshing glass of ice. Segeer dan enak. Gegara lama ngantri, aku sampe ngabisin duluan es kelapanya. Saran ya, es kelapa harus dibuat se-simple ini dimanapun okee :*

Aku menyadari kalo restoran di saat peak time akan menemukan kesulitan dalam mengatur order, dalam melayani, dan terutama dalam menyediakan makanan. Ada baiknya kalo masuk peak time kaya weekend dan terutama menjelang puasa seperti kemarin, karyawan disiapkan lebih agar semua pengunjung dapat terlayani dengan baik hehe. Jangan sampe mengecewakan. Sejujurnya kakak iparku a bit disappoint because it was the 3rd times she came there and she didnt get the ‘usual’ taste of the food. Nah ini yang sebaiknya dihindari. Untuk aku yang baru pertama kali nyobain udang bakar madu, menurutku it waaas daaaa best :* hehe

How To Get Here

Letak Mang Engking di Danau Salam UI Depok.

Jadi kalian langsung arahkan kendaraan kalian ke arah UI Depok. Letaknya belok kanan setelah gerbang UI yang dari marmer gitu lho. Arah ke asrama UI pokoknya. Sebelum asrama UI. Baidewei Mang Engking juga ada beberapa cabang salah satunya di Surabaya (jauh bet yak haha). Kalian harus reservasi dulu kalo mau dateng kesini saat weekend karena biasanya ramai. Yaa aku lebih setuju kalo dateng pas weekdays sih jadi bisa puas foto-foto hehe. Mayan buat feed Instagram #terusajandaaah

IMG_20160604_130910 (Custom)

Jam Operasional dan Daftar Harga

IMG_20160604_130916 (Custom)

Edisi ramadhan ya yang aku kasih hehe

IMG_20160604_134323 (Custom)

Aku wonder, seberapa sering ya mahsiswa ui makan disini hehehe

Tips dariku, kalo kalian mau makan besar bareng keluarga, lebih baik milih menu paket karena lebih murah biasanya. I really recomemend it ke kalian. You dont wanna splurge rite? Untuk di Mang Engking kalian pilih yang gak pake minum aja soalnya es kelapa gak masuk paket hehe :3

So yaap that was my review and recommendation for you guys. Doain aku cepat kerja jadi bisa traktir ibuku di tempat makan lain. Kalian juga yaa. Inget orang tuaa dan ajak mereka happy happy. Tadi ustad di mesjidku bilang satu hadis gaes (edisi lagi bener dengerin ustad, gak milih onlen syop di rumah wkwkwk)

Orang tua-mu bisa jadi pintu surga dan pintu neraka untukmu

Dengernya aku merinding. Wah seems i havent done lot of things for them. Aku langsung kepikiran untuk cari kerja segera dan berpenghasilan dan menyudahi bermalas-malasan di kasur wkwk. I wanna make them happier than now hehe. Kalian juga yaa. Baik-baik sama orang tua kalian, terutama ibu kalian. Ajak makan enak, senengin mereka, telpon mereka kalo kalian merantau, dan hasbiskan malam minggu dengan orang tua kalian sesering mungkin. Aku gak bosen-bosen bilang ini karena aku percaya hadis itu. Selagi mereka masih hidup, we need to make them happy. Okee!

IMG_20160604_134353 (Custom)

Salah satu wanita yang paling aku respect di dunia ini adalah kaka iparku. She really took care of her parents. Aku belajar banyak banget dari dia. I wanna love my mom like she did to her mom. Yap let’s love our parents more !

Tinggalkan Balasan

