#Indah’sOneDayTrip : Kondangan Rasa Liburan di Purwakarta

[Travel Report] Halo gaes. Sudah pertengahan mei ya gaes which is bumi sudah hampir setengah putaran ya mengelilingi matahari. Sayang tidak ada perubahan signifikan dalam hidupku heheh -_-”

Kondangan teman pertama yang aku datengin adalah kondangan R, teman si mas. R melangsungkan pernikahannya di Purwakarta. Anyway, aku ingin mengucapkan selamat kepada R yang sudah menikah tanggal 21 April kemarin (aku gak kasih selamat sama doi di medsoc manapun) haha gomen-gomen. So here is my official congratulation words on medsoc (is it blog included to medsoc? -_-) Semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah, menjadi keluarga yang selalu diberkahi Alloh, dilindungi dari godaan setan termasuk orang ketiga, langgeng hingga death separate both of you ya gaes 🙂

Mau tau kondangan rasa liburanku di Purwakarta? check this out ya.

Entah mengapa segala hal yang diawali dengan spontanitas jarang gagal dalam hidupku. Hampir segala kejadian jalan-jalan, kejadian penting, bahkan s***** di hidupku berawal dari spontanitas. Termasuk dateng ke kondangan R. Aku memutuskan untuk  ikut ke Purwakarta di H-1 pernikahan R haha. Aku gak tau bisikan jenis apa yang membuatku memutuskan untuk ikut. Kalian tau akibatnya? Aku mengenakan dresscode seperti mau kuliah -_______- wkwkwk. Maluu banget sama temen-temen si mas. That’s why gak ada satupun foto penampakanku di nikahan R wkwkwk. Baidewei, aku pergi ke kondangan R bareng geng si mas dengan nebeng mobil si mas. Alhamdulillah si mas udah bisa bawa mobil ke luar kota haha. Udah lulus ujian nyetir dari aku

R menikah di Situ Wanayasa Purwakarta. Gak di Situ-nya juga si. Di tempat makan dekat Situ Wanayasa tepatnya. Yang bikin aku gak nyangka, Situ Wanayasa itu adalah salah satu lokasi wisata di Purwakarta *telat*. Bagus deh gaes pemandangannya. Selain itu, aku suka banget nikah dengan background danau. Kalian pernah nonton Forrest Gump? Forrest akhirnya menikah dengan all time lovernya, Jenny di halaman belakang rumah dengan background danau. Oh so lovely gaes. Sejak saat itu menikah di outdoor dengan background danau mejadi life goal ku. Asal tiba-tiba gak muncul alligator atau buaya aja si gaes kaya di film-film gore jaman dulu yang aku lupa judulnya *kebanyakan ngayal*

Forrest-and-Jennys-wedding-Forrest-Gump-movie-4

One of my life goal 🙂

Sayang banget aku gak fotoin R beserta teman sehidupnya *duileeh* haha. Aku lebih fokus motoin Situ Wanayasanya. Haha maaf R. Yang aku lakuin ke kamu 3/8 kejahatan *apasihndaaaah* Oke langsung deh yuk cek Situ Wanayasa

IMG_20160421_144433_HDR (Custom)

Satu-satunya foto menyangkut nikahan R haha

Sekarang kita tengok Situ Wanayasa

IMG_20160421_142802_HDR (Custom)IMG_20160421_143235_HDR (Custom)IMG_20160421_135728 (Custom)IMG_20160421_135343 (Custom)

Situ Wanayasaa itu kaya Danau Cifor menurutku gaes hehe. Bedanya di Situ Wanayasa gak ada hutan-hutan dan rusa-rusa kaya di Cifor. Untuk keberadaan pasangan-pasangan kaya di Cifor, aku gak tau ya haha. Kelebihan situ ini adalah letaknya yang lebih mudah di akses karena ada di pinggir jalan, gak kaya Cifor yang rada nyempil hehe.

Oh iya disini ada fasilitas jogging track. Tepatnya di bawah tempatku mengambil foto atau persis di samping situ. Cocok buat lari-lari pagi.  Kebetulan aku gak ke bawah. Aku cuma dari atas, alias dari lokasi resepsi R. Malu mau ke bawah. Gak ada temennya *sinis ke si mas yang sibuk sendiri* #eaaa. Situ ini menyediakan fasilitas bebek-bebekan bagi yang mau merasakan romantisme situ lebih lanjut hehe. Bisa jadi pilihan kalian yang ingin menghabiskan liburan di Purwakarta.

How to Get Here

Situ Wanayasa

Jln. Raya Wanayasa, Wanayasa, Purwakarta

Bila menggunakan kendaraan pribadi dari arah Jakarta dengan menggunakan jalur tol Jakarta-Cikampek. Lanjut ke arah Bandung melalui tol Purbaleunyi kemudian keluar di pintu tol Jatiluhur berbelok ke kiri ke arah kota Purwakarta. Lalu ikuti arah jalan menuju Wanayasa atau Pasar Rebo. Letak danau sebelum Terminal Wanayasa.

Sementara jika dari arah Bandung dapat ditempuh melalui jalur tol dan keluar tol Jatiluhur seperti di atas. Alternatif lainnya bisa melalui dari jalur Lembang ke arah Subang, melewati Gunung Tangkuban Parahu – Sari Ater – belok ke kiri di Jalan Cagak menuju Wanayasa, letak situ setelah melewati Terminal Wanayasa.

(wisatajabar.com)

Jam Buka dan Tiket Masuk

Aku tidak menemukan keterangan jam buka, jadi mungkin datengnya di jam yang logis aja ya. Antara jam 7-17 jam.

Untuk tiket masuk gak ada. Hanya bayar parkir aja deh kayanya (maaf aku gak tau karena aku gak dateng as a visitor) dan kalo mau naik bebek-bebekan sekitar 5ribu rupiah/jam. Inget per jam. Jangan lupa daratan haha

Setelah selesai, aku dan geng si mas langsung beranjak menuju pusat kota Purwakarta untuk sholat. Aku dan si mas itu selalu punya kebiasaan mencari tempat sholat di mesjid agung suatu daerah karena kita berpendapat akan ada sesuatu yang menarik. Daan benar saja gaes. Lokasi mesjid agung Purwakarta itu dekat alun-alun dengan penampilan yang keren. Suka deh gaes ngeliatnya. Aku sejujurnya gak paham alun-alun Purwakarta itu di Situ Buleud atau disini, tapi judgment sepihakku bilang ini alun-alun Purwakarta. Mari ditengok yuuk

IMG_20160421_164141_HDR (Custom)

I love visiting Masjid Agung. Gak tau deh kenapa hehe

Langsung liat alun-alunnya yaa

IMG_20160421_161145_HDR (Custom)

Di depan alun-alunnya. Abaikan abang parkirnya

IMG_20160421_161256_HDR (Custom)IMG_20160421_161350_HDR (Custom)IMG_20160421_165017 (Custom)IMG_20160421_165106 (Custom)IMG_20160421_165005 (Custom)IMG_20160421_164921 (Custom)IMG_20160421_164559 (Custom)

Jadi di alun-alun ini ada dua taman, Taman Mayadatar dan Taman Pancawarna. Taman Pancawarna itu isinya kaya museum gaes. Cuma aku ga masuk karena kesorean dan aku gak tau itu allowed gak untuk umum. Isinya barang peninggalan Purwakarta dari jaman dulu *aku liat liputannya di trans 7*. Kalo taman Maya Datar itu semacam pendopo. Cocok untuk ngabuburit. Waktu sore-sore kesini, hari Kamis, ada beberapa orang yang dateng. Feelingku kalo weekend dan puasa pasti rame dan dijadiin tempat JJS alias jalan-jalan sore. Kayanya tempat ini mash direnovasi. Tapi kalo udah jadi aku rasa bakal keren kaya situ Buleud. Sayang aku gak bisa liat pertunjukkanya karena Situ Buleud hanya dibuka hari sabtu jam 20.00-22.00.

Yang bikin taman ini keren adalah adanya fasilitas WiFi dan tempat untuk charge. Waah keren yak. Bisa jadi saingan potensial Bandung haha *ngebuat warga Bandung panas* haha.

How To Get Here

Intinya lokasinya di pusat kota Purwakarta gaes. Gampang ko. Ikutin aja petunjuk jalan ke arah pusat kota Purwakarta.

Tiket Masuk

Gratis. Bayar parkir aja.

Setelah dari alun-alun, kita memutuskan untuk menjajal kuliner Purwakarta. Pas searching adanya sate maranggi. Berhubung udah makan sate di nikahan R, jadi kita memutuskan yang lain. Mau coba Hj Ciganea, cuma feeling kita udah gak enak *taruhannya uang bok* haha. Setelah berselancar di dunia maya beberapa menit, kita putuskan untuk makan es ciming. keknya ga terlalu mahal. Hahaha. So langsung kita ke es ciming 😀

IMG_20160421_171154 (Custom)

Penampakan es ciming

IMG_20160421_173850 (Custom)IMG_20160421_173905 (Custom)

Kalo kalian wonder apa itu es ciming, es ciming itu sejenis es campur dengan isi cincau hitam, kelapa muda, cendol dan kacang hijau rebus. Yang membuat es ciming ini beda adlaah kuahnya yang encer. Rasanya? Biasa aja si gaes. Aku lebih milih es sekoteng bogor permai.Mungkin aku lebih suka kuah yang kental untuk es. Duh gaes maaf aku ngebanding-bandingin Bogor dengan Purwakarta. Hapunten yak. Cuma yang enak adalah es ini seger dan makanan yang disajikan dengan es ini adalah makanan ringan favoritku, pempek, batagor, dan model. Untuk makanan pendamping, rasanya yaa yaa enak si gaes. Lumayan lah hehe. Waktu itu aku makan model.

How to Get Here

Lokasinya di deket pasar jumat tepatnya di Jl. Jenderal Sudirman. Dont ask me to  tell you about the position yak. Aku gak tau Purwakarta haha.

Harga dan jam buka

Harganya 12 ribu untuk satu porsi. Dulu cuma 7 ribu gaes. Yah mungkin es ciming juga terkena dampak inflasi Harga makanan pendamping juga 12 ribu gaes. Semua serba 12 ribu hehe.

Jam buka : Dari pagi around 8.00 am till 21.00 hehe.

Life Lesson

• Kalo kalian punya pasangan dan mulai mendatangi nikahan teman, lebih baik kalian kuatkan diri untuk pertanyaan “Kapan Nyusul?” hehe. Beberapa kali aku mendapat pertanyaan ini dilontarkan langsung kepadaku tanpa basa basi. Haha aku cukup kaget juga. Masa masa itu akhirnya dimulai. Aku memutuskan untuk memberikan senyum maut kalian dan jawab dengan yakin “Nanti. Pokoknya nanti deh nyusulnya”. Jawaban itu gak memuaskan siapa-siapa tapi jauh lebih baik daripada jawaban pasti seperti 2 tahun lagi atau beberapa tahun lagi dan jawaban doain aja secepatnya menurutku. Haha karena aku gak ingin menikah secepatnya jadi aku gak bakal bilang doain aja secepatnya, aku ingin menikah di waktu dan kondisi yang tepat. Untuk menyebut waktu, hahaha itu malah membuat kondisi makin runyam dengan ‘tagihan’ di masa mendatang. Jadi jawaban nanti yang paling aman. Diam juga pilihan yang bijak.
  • Menurutku Purwakarta sangat potensial dijadikan tempat one day trip karena letaknya yang gak terlalu jauh dari Jakarta dan kemacetan disini kurasa lebih rasional dibandingkan Bandung. Ada beberapa wisata alam yang menarik untuk dikunjungi seperti Waduk Jatiluhur, Situ Wanayasa, Gunung dengan ketinggian yang cocok untuk pemula seperti Gunung Parang, Gunung Lembu dan wisata alam lain yang tidak terlintas di pikiranku saat ini. Wisata buatan juga menarik untuk dikunjungi seperti yang lagi hits Situ Buleud alias dancing fountain terbesar se Asia Tenggara. Kota Purwakarta juga menarik gaes. Banyak patung-patung di kota ini. Terlepas dari kontroversi, aku suka bagaimana bupati Purwakarta mengatur tata kota daerah ini. Bagus ko buat feed Instagram #tetepaja.
  • AKu suka dekorasi lampu di purwakarta. Aku gak menemukan di wilayah lain di Jabar soalnya so i really like it.

Sekian ya review Kondangan Rasa Liburanku. Doain aku bisa dateng ke banyak nikahan temenku terutama yang daerah muriaan. Satu-satunya excuse ke ibuku yang bisa aku pake untuk jalan-jalan ke luar kota adalah mendatangi nikahan temen di luar kota. Hahaha. Caaant wait. Yaa meski resiko ditanyain kapan nikah makin sering, gapapapa. Yang penting bis ajalan-jalan hahaha. *belum gerah aja kupingnya*

IMG_20160421_173902 (Custom)

partner kondangan untuk beberapa tahun ke depan. semoga bisa jadi partner di pelaminan haha Amin 9873547 x