Cek Ini Dulu yuk Sebelum Online Shop [3] : Cara Belanja di Market Place

[Life Hacks] Halo gaes! Haha gagal sudah target-target blogku. Banyak hal yang terjadi di luar dugaan gaes *tertunduk lesu*. Mau cerita tapi setelah balada ini selesai. Lot of life lessons gaes. Huuummm aku percaya pasti akan ada akhirnya #lagibijak. Oh iya, mohon maaf untuk review jalan-jalan belum bisa aku kasih. Aku belum menemukan koneksi internet stabil untuk disedot. A leecher like me needs good connection xixixi. So just start what i’ve been postponed for about a year πŸ˜€

Bila bicara online shop tentu gak ada komanya. Online shop di Indonesia keep growing like mildew in rainy season. Bigger bigger and bigger. Somehow i wonder, would this trend become long last in developing country like Indonesia? Aku dan si mas sempat berfikir bahwa online shop akan tetap berkembang, tapi tetap tidak akan bisa mengalahkan offline store. People need to go to store. They love seeing their things to be directly with their own eyes. well, i can’t debate them because everyone has their own preference. If you ask me then, aku sudah mulai melupakan offline store. I spend hours on my phone to check every website, every wishlist and never imagine to have it offline. Kecuali, kejadiannya kaya minggu lalu. Last week mom and i go to two well-known malls in Jakarta and yaap she robbed her bank. Untuk beberapa alasan, terutama menyenangkan ibuku, aku akan memilih offline store. Tapi untuk my own pleasure, i will have them online.

Salah satu hal yang membuat aku suka online shop adalah harga yang ditawarkan menggiurkan. Beda jauh sama harga offline store. Yaa bisa dipastikan karena biaya operasional online shop lebih murah. No building cost, no extra employee to accompany customer, no additional cost intinya. Cuma kalian gak bisa mendapatkan kepuasaan ‘melihat langsung’ barang yang menjadi inceran

Sayangnya nih gaes, sering banget aku nemuin Β beberapa temenku yang gak bisa dapetin harga lebih murah saat online shop. Haha untuk itu aku kasih tips ini. Tips mendapatkan harga lebih murah di beberapa online shop. Aku menggunakan contoh 3 market place favorit aku, Zalora, Lazada, dan Tokopedia. Mau pake hijabenk tapi Hijabenka aplikasinya masih kurang menurutku. So i chose these 3 leading market place in Indonesia.

1. Sebelum membeli apapun, bandingkan setiap online shop yang ada di Indonesia.

Comparison adalah kunci utama untuk membeli suatu barang. Seperti yang kita tahu, online shop di Indonesia udah lumayan banyak. Jadi gak ada salahnya kalian pantengin satu-satu online shop yang ada. Jangan menyerah and keep searching. Kadang, di satu online shop harganya bisa lebih murah dengan promosi free ongkir dan tawaran penggunaan voucher. Kalian harus giat untuk mencari. Berikut aku kasih list online shopnya (market palce based) :

Lazada (keunggulan lazada, dia free ongkir. Harga yang ditawarkan juga menggiurkan banget banget and i put this online shop as my number one favourite), Zalora (pilihan produk fashion yang banyak. Aku saranin kalo mau belanja di Zalora saat Harbolnas karena at that time, Zalora gave unreasonable discount for some items, terutama items keluaran Zalora), Hijabenka (as i said earlier, belanja baju muslim yang berkualitas, lengkap kap dan mureee di Hijabenka. I gave 5 thumbs up for it. Hijabenka suka kasih promo juga yang menggiurkan), Mataharimall (pendatang baru ini juga wajib kalian perhatikan karena harga barang yang dijual bersaing. Matahari mall juga memberikan promo untuk belanja dengan aplikasi. Manfaatkan itu gaes. Si mas got the cheapest price for his watch here. Yaa meskipun harga tas kate spade disini lebih mahal sedikit dibandingkan banananina), Blibli (havent bought something here but you could pay attention to it especially for barang pre order), VIP Plaza (for reduced price of branded things. But you have to check it first dengan market palce lain. VIP PLaza juga menawarkan voucher diskon biasanya.Dicek dulu sebelum check out ya),Β Tokopedia (user interface paling asik dibandingkan marketplace pedagang kecil lainnya dengan opsi barang yang banyak dan harga yang banyak juga. Wajib banget pay attention to this market place), Bukalapak (sejenis tokopedia tapi asli Indonesia. Sayang user interface kurang menarik hehe ^^v), Elevenia (market place dengan tema sejenis kaya tokopedia dan bukalapak, langganan si mas dulu. Harga yang ditawarkan emang asikkkk hahaha. Wajib di cek sebelum belanja).

Langkah pertama ini gaes. Kalian bandingkan barang di setiap market place. Kalian bisa tambah referensi dengan lihat di forum kaya kaskus, medsos kaya facebook dan instagram. Jangan malas untuk mencari. Sesuai slogan kampusku, Searching and Serving The Best XD

2. Jangan Tergoda Diskon

Sumpah jangan percaya harga yang dicoret as i said on my earlier post. Kalian bandingkan harga, kalian pake kode voucher, and i think you’ll get the cheapest one. Pay attention to Flash Sale dan promo di halaman depan marketplace. Biasanya promo disajikan di halaman depan. Teliti untuk lihat promosi. Biasanya promo yang disediakan itu beli minimum dengan jumlah harga tertentu dan dapet diskon tertentu. Untuk ini, siasatin dengan ngajak orang terdekat ikut belanja bareng kalian biar bisa dapet promo. Okeh.

screenshot_2016-04-24-10-37-44_com.tokopedia.tkpd_1461470524463.jpg

Halaman depan Tokopedia. Promo di header atas biasanya. Very user friendly for me

3. Cek Flipit.com

Kata si mas, kalo mau cek promo di online shop, cek di flipit. Disini kalian akan dapet informasi online shop apa aja yang menyajikan promo, memberikan diskon hehe. Yaa intinya for reduced price.

4. Follow Marketplace di Instagram and other Media Social for latest info and Subscribe to their Email

Marketplace biasanya punya official account di media social. Kalian bisa banget follow mereka for latest promo and info. Kalo hijabenka, dia suka kasi promo dengan add line Hijabenka. Malah, kita bisa belanja langsung via Line. Pokoknya gak rugi kalo follow market place deh hehe. Berhubung hal yang paling sering aku follow adalah fashion, ya aku baru follow hijabenka hehe.

Promo-promo marketplace juga biasanya rutin dikirimin. Aku saranin kalian pake GMail, jadi email-email promosi online shop bisa masuk folder Promosi. Gak spam email penting kalian hehe. Lebih rapi juga.

5. Yuk aku ajarin caranya

Part terakhir adalaha beberapa hal yang harus kalian perhatikan kalo kalian mau online shop.

  • Jangan belanja secara acak di online shop karena itu akan berakibat pada pengeluaran yang tidak terkontrol. Selalu tentukan dulu mau beli apa, baru disearch. Selanjutnya kalian tentukan kriteria kaya apa yang mau dibeli mulai dari merk, warna dan pilihan lain.
screenshot_2016-04-24-10-34-16_com.tokopedia.tkpd_1461470398048.jpg

Search dulu ya. Kalo kalian belanja di tokopedia, gunakan kategori yang sesuai karena kadang nama barang ada di beberapa kategori

screenshot_2016-04-24-10-38-52_com.tokopedia.tkpd_1461470540778.jpg

screenshot_2016-04-24-10-40-33_com.zalora.android_1461470688024.jpg

  • Gunakan fitur ‘SORT’ atau ‘URUTKAN’ untuk mendapatkan harga termurah. Fitur sort ini berguna banget kalo kalian lagi tight on budget tapi mau online shop, karena barang bisa di sort dari yang termurah. Fitur sort berguna juga untuk kalian yang lagi cari barang terbaru. Online shop dengan fitur sort terbaik adalah Zalora menurutku. Zalora has the best GUI from all marketplace, in my opinion.
screenshot_2016-04-24-11-03-50_com.tokopedia.tkpd_1461470654043.jpg

Pay attention to these fitur!!

screenshot_2016-04-24-10-40-07_com.zalora.android_1461470698651.jpg

screenshot_2016-04-24-10-34-21_com.tokopedia.tkpd_1461470453031.jpg

Kalo di tokopedia, gunakan urutkan dari PENJUALAN karena lebih disukai orang, tandanya barang yang dijual berkualitas yahud.

  • Gunakan fitur ‘FILTER’ untuk mendapatkan kriteria barang yang kalian inginkan mulai dari warna, ukuran, brand, dan hal lain. Jadi inget urutannya Search-Filter/Sort. Aku saranin kalian gunakan fitur ini biar belanjanya ga kebingungan hehe
screenshot_2016-04-24-10-41-01_com.zalora.android_1461470717936.jpg

marketplace dengan fitur filter terbaik, Zalora

screenshot_2016-04-24-10-41-08_com.zalora.android_1461470764559.jpg

screenshot_2016-04-24-10-41-14_com.zalora.android_1461470755412.jpg

screenshot_2016-04-24-10-37-04_com.tokopedia.tkpd_1461470513215.jpg

  • Gunakan VOUCHER jangan lupa. Salah satu hal paling penting menurutku to get reduced price. Berikut aku kasih tau cara pake voucher belanja untuk dua most favourite marketplace di Indonesia

Voucher LAZADA

screenshot_2016-04-24-10-49-54_com.lazada.android_1461470886990.jpg

Pilih ‘BELI SEKARANG’

screenshot_2016-04-24-10-50-11_com.lazada.android_1461470902822.jpg

Pilih ‘KONFIRMASI PESANAN’

screenshot_2016-04-24-10-50-26_com.lazada.android_1461470912436.jpg

Pilih BANK TRANSFER kalo kalian pake ATM bayarnya.

screenshot_2016-04-24-10-50-44_com.lazada.android_1461470925479.jpg

Kalian tulis ya nama Bank dan nama pemegang rekening

screenshot_2016-04-24-10-51-04_com.lazada.android_1461470949456.jpg

DI Tulisan Anda punya voucher, kalian pilih ‘OK’

 

screenshot_2016-04-24-10-51-08_com.lazada.android_1461470965499.jpg

Voucher Zalora

screenshot_2016-04-24-10-43-01_com.zalora.android_1461470830433.jpg

Klik ‘Pesan’ kalo kalian udah yakin sama yang mau dinikahin dibeli

screenshot_2016-04-24-10-43-44_com.zalora.android_1461470851619.jpg

Pilih metode pembayaran. Kemudian cek order

screenshot_2016-04-24-10-48-08_com.zalora.android_1461470863138.jpg

Nah di kolom enter gift voucher, kalian masukkan voucher kalian. Jangan lupa okeh hehe

Cara untuk pake voucher di tiap online shop aku rasa sama, gak jauh beda hehe. Yaa aku harap kalian bisa memanfaatkan voucher ini lebih bijak for reduced price hehe.

Semua informasi ini dari si mas hehe. Aku belajar banyak dari laki-laki introvert yang satu itu. I hope you could learn something too :)) Aku ga diendorse ya gaes. Boro-boro. Wkwkwk i just wanna spread the information. Kalo kalian mau tanya-tanya bisa banget email aku di indahhardi@yahoo.com. Im gonna answer your question. Insyaalloh. Bai bai

 

Iklan

7 thoughts on “Cek Ini Dulu yuk Sebelum Online Shop [3] : Cara Belanja di Market Place

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s