Pantai Indah Kapuk, Tempat Bersarangnya Mangrove Jakarta

[Travel Report] Halo gaes! Aku datang lagi, datang lagi. Maklum gaes ngejar setoran. Janjiku, 10 pos kan sebulan? Hehe sejujurnya target 10 pos sebulan gak gampang si gaes, soalnya aku kalo posting tentang lanjalan itu fotonya seabrek dan aku fakir kuota. Minggu lalu aja aku minta nyedot kuota ayahku untuk posting 3 pos.

This time aku akan memberikan laporan jalan-jalanku ke wisata taman mangrove di Pantai Indah Kapuk. Wisata Mangrove di PIK ada 3 macam gaes. Karena ketidaktelitianku, aku sampai mengunjungi dua taman mangrove sekaligus lho gaes, di bawah sinar matahari PIK yang menyengat. Penasaran? Kepo yuk!

Dulu, aku pikir PIK itu semacam perumahan mewah doang. Tiap minggu pagi aku disodorin mba Fen* Ros* berbincang dengan ibu-ibu marketing *gun* S***** grup tentang kompleks perumahan, tentang  PIK. Bener-bener tiap minggu. Mending satu stasiun tv, ini sampe beberapa sekaligus dengan perusahaan property yang beda-beda. Sampe aku frustasi ngeliat beberapa stasiun TV insist banget nayangin ini rutin -_______-“ Kalo 5-15 menit mending. Ini setengah jam. Mending rumahnya ada. Kadang Cuma gambar orang lari-lari di taman mana dengan animasi yang diputer berulang-ulang.

Oke aku cukupkan. Sejak aku mulai keracunan kenal Instagram, gambaran tentang PIK mulai berubah. Aku mulai tau kalo PIK itu adalah salah satu destinasi favorit orang Jabodetabek. Hal ini disebabkan PIK merupakan tempat bersarangnya Mangrove. Oke aku lebay. Maksudku ada beberapa destinasi wisata terkait Mangrove. Tau sendiri sejak ada Instagram,  tempat wisata yang Instagram-able, parkir mudah, gak sulit dijangkau, menjadi gandrung, maka BOOM! Wisata Mangrove PIK jadi ngetop. Everyone visits this place. Aku pun tanpa ragu-ragu masukin Wisata Mangrove PIK ini ke dalam bucket list 2015. Alhamdulillah bisa kelaksanaa juga dateng kesini tahun lalu.

Yang special dari tripku kali ini adalah, aku mengunjungi dua wisata mangrove sekaligus!! Gak Cuma satu doang. Ini adalah hal yang harus diantisipasi gaes. di daerah PIK, gak cuma ada satu Taman Mangrove, tapi ada beberapa. Ini dia gaes :

  1. Kawasan Ekowisata Mangrove (Ini samping jalan tol) dan yang aku datengin pertama
  2. Cagar alam mangrove atau nama resminya suaka margasatwa mangrove
  3. Taman Wisata Alam Angke Kapuk. Ini dia sodara-sodara yang populeeeer. Yang ngetoop. Yang banyak beredar di Incetegayam haha. Aku alhamdulillah bisa kesini juga

Sebenernya gak ada niat buat kesana, tapi gegara aku gak tau nama asli tempat wisatanya apa, belum lagi aku gak naik mobil which is patokannya jadi susah, makin-makin lah aku fixed terdampar di PIK. Tapi aku bersyukur juga sih. Jadinya bisa jalan-jalan ke tempat yang beda. Gak sih gaes, pas disana sejujurnya aku bingung mau gimana. I’ll tell later.

Acara jalan-jalanku ini dimulai dengan niat mengganti hp ku. Kebetulan aku dapet rejeki tahun lalu yang ngebuat aku bisa ganti hape. Hape-ku sekarang Xiaomi Mi4C. aku namain dia Sena, sesuai dengan nama latin salah satu jenis tanaman yang ada di Wilayah Mangrove, Avisena. Heehehe. Beli hapenya di ITC Roxy Mas. Maklum beli Flagship *norak*. So, tengok dulu kali yak Roxy-nya. Disini surganya hape. Mau cari hape dari jaman nulis gede kecil kaya Nokia bawahnya bulet, hape model ketupat, hape model tempat kacamata, hape clamshell nya Motorola/RAZR sampe hape jaman sekarang yang layarnya segede alaihim dengan series berurutan dari 1 sampe gak tau berapa. Lengkap. Tapi aku gak ngecek lho gaes. Feelingku sih ada….feeling yak :p

IMG_20151121_094602

Welcome to ITC Roxy Mas

Selesai mengadopsi Sena, kita sholat dan setting sena untuk manggil gojek. Huahaha yaa jadi kita dari Roxy ke PIK naik gojek. Karena hape si mas micrsoft, jadi belum ada gojek. Jadi, sena harus dibangunkan dari hibernasinya haha lebay kali saya. Nah disini lah terjadi kesalahan. Maksud hati memeluk PIK yang instagramable (sampe sekarang aku lupa nama aslinya), apa daya yang dapet PIK dekat jalan tol. Haha yaap. Aku ke Kawasan Ekowisata Mangrove. Aku dan si mas gak tau soalnya apa nama lokasi yang instagramable itu. Di review blog juga susah. Karena udah sampe, ya jadinya kita masuk aja. Tengok lah ya galerinya

IMG_20151121_130337

Welcome gaes

IMG_20151121_132202

Tipikal locationnya gini hehe. Sepanjang 5 km kali yak ada jembatan gini.

Nah ini dia nama tanaman di sini.

Lanjut lah liat foto-fotonya

IMG_20151121_131317

Closer

IMG_20151121_130536

Another spot here

 

 

IMG_20151121_141441

Aku dengan saltum. Pake baju item dan jaket item. Gerah vroooh. Berasa pergi ke Garut aja -_-

IMG_20151121_130454

my travel buddy

Terus gaes, berhubung edisi natgeo november tahun lalu adalah tentang mangrove, aku sengaja bawa majalahnya gitu. Seru gitu gaes bisa baca sambil ngeliatin tanamannya. Huahaha sok menikmati perjalanan gitu wkwkwkwk

IMG_20151121_140936

Aku bawa ini. Sumpah ini jadi properti foto gaes. Wkwkwk ada kali 30 foto modelnya ginian haha

Keterangan Teknis :

How to get here

Jadi gaes, untuk kesini kalian tulis di GMaps :

Kawasan Ekowisata Mangrove.

Kalo naik kendaraan umum, kalian cek pos ini aja yak. Lengkap: https://sahabatbakau.wordpress.com/2013/11/21/cara-menuju-wisata-kawasan-hutan-bakau-angke-kapuk/ 

Tiket Masuk dan jam buka

Tiket masuk : 2000/orang. Kendaraan aku gak tau hehe

IMG_20151121_134312

Jam buka

Life Lesson nya digabung aja yak nanti.

Nah karena sudah kepalang panas-panasan di daerah PIK, aku langsung bilang sama si mas kalo aku mau ke PIK yang instagramable. Si mas juga maunya kesana. Akhirnya, dengan takut-takut aku nanya ke orang di kawasan ekowisata PIK gimana caranya aku PIK yang dekat sekolah Lao Tzu. Aku cuma tau patokannya itu. Orangnya malah nawarin naik motor dia dan bayar 20 ribu. Tentu aja si mas kaga mau. Jadi lah kita ditinggal itu orang dan dia bilang :

Jalannya jauh banget itu. Yaudah sana kalo gak percaya. Gak ada angkot juga.

Huh sedih hati adinda bang. Dengan putus asa, aku dan si mas tetep jalan. Dengan patokan GPS, kita menuju CAGAR ALAM PIK . Wkwkwk kacaau bangeeet. Kalau itu kita ikutin, kita akan nyasar ronda duaaaaaaaa -____- Udah gitu sumpah itu PIK panas banget. Aku udah jadi pabrik keringet kali. Alhamdulillah pas jalan kita ketemu petunjuk arah Taman Wisata Mangrove PIK. Aku langsung bilang kalo ini arahnya ke si mas. Alhamdulillahnya lagi pas jalan 100 m ada angkot. Langsung dengan desperate aku berhentiin itu angkot. Aku tanya lokasi PIK yang ada sekolah Budha Lao Tzu Abangnya langsung tau. Kata dia namanya itu yang umum “Mangrove 25”, soalnya harga tiketnya 25ribu haha. Akhirnya naik angkotlah kita menuju TAMAN WISATA PIK dan cuma bayar goceng. Alhamdulillah. Sumpah aku seneng banget. So gaes, langsung dilihat yak.

IMG_20151121_184841

Nah ini!!!! Taman Wisata Mangrove

Parkirannya gaes. Rame kaaan?

 

IMG_20151121_141436 (Custom)

What’s inside?

IMG_20151121_141542 (Custom)

Taman Wisata Alam Angke Kapuk

Jadi gaes, di taman wisata alam ini, gak cuma bisa lihat-lihat dan foto-foto dengan mangrove aja. Tapi bisa nginep juga. Yaap disini banyak penginapan gitu. Lucu lagii tempat nginepnyaa. Aku mau banget nginep disini haha.

IMG_20151121_152022 (Custom)

Area penginapan

Biaya penginapan (dikutip dari malesmandi.com) hehe

  • Rumah tenda di atas tanah: Rp 300.000/malam, kamar mandi luar, max 2 orang
  • Rumah tenda di atas air tanpa AC: Rp 450.000/malam, kamar mandi luar, max 2 orang
  • Rumah tenda di atas air dengan AC: Rp 600.000/malam, kamar mandi luar, max 2 orang
  • Villa bervariasi, mulai dari Rp 1.300.000 hingga Rp 6.000.000 per malam

Bukan si mas namanya kalo gak mau jalan sampe ujungggg banget. Haha jadilah sebelum ke tempat yang Instagram-able itu, kita jalaaan ke pantai. Mungkin ini kali yang namanya pantai indah kapuk. Pantai buatan si gaes kayanya. Cek lah

IMG_20151121_152357 (Custom)

Jalan utamanya

IMG_20151121_154658 (Custom)

Jembatan menuju pantai. Maaf gak jelas pose apa itu

IMG_20151121_155504

Jalanan menuju pantainya. Ada tempat sampah. Buang sampah disana ya gaees

IMG_20151121_160023 (Custom)

Pantainya ni gaes. Lagi ada pembuatan PIK 2 juga si gaes kayanya

IMG_20151121_160151 (Custom)

Pemandangan di pantainya gaes

IMG_20151121_165949 (Custom)

Aku, nunggu disawer. Maap gaes gak jelas ini maknanya apa -___-“

Selesai dari pantai, kita langsung ke tempat yang instagram-able karena aku udah ngerengek sama si mas -_- Takut kesoreaan dan aku gak bisa liat yang instagram-able ini lhoo

IMG_20151121_164045 (Custom)

Tadaaa Jembatan Instagram-able

IMG_20151121_164058 (Custom)

Aku hehehe. Sayang aku udah kumeel jadi gak bisa ngeliat ke arah si mas. Belakangnya aja yak

IMG_20151121_172954 (Custom)

Get closer

IMG_20151121_161716 (Custom)

Awal mula perjalanan menuju tempat yang instagram-able wkwkwk

IMG_20151121_172649 (Custom)

Sampaaaaai heheehehe

IMG_20151121_172214 (Custom)

Aku hehhe

IMG_20151121_161737

Nah kita langsung berencana untuk kesisi deket tempat yang instagram ituu.

IMG_20151121_173521 (Custom)

Area Instagram-able tapi dari belakang taken :Mi4c :p

IMG_20151121_174150 (Custom)

Nah ini dia lokasu yang instagram-able. Tapi berhubung backlight, aku jadinya cuma ngambil dari jarak segini

Berhubung aku dan si mas baru sekali ambil selfie, pas ada orang yang minta fotoin, aku dan si mas minta fotoin balik *gak mau rugi* huahaha. Jadi lah kita seperti ini. Serasi lah yak :p

IMG_20151121_174641 (Custom)

Aku dan si mas :p Bagus lah yak buat foto nikahan huahahaha *diceburin ke rawa bakau*. Maaf kaga ada mesra-mesranya. We keep a distance. Always.

Daan berhubung kita masih punya tenaga dan gak mau rugi, kita sepakat mau eksplor-eksplor lagi. Jadilah kita ke menara pandang burung (sebenernya sebelum ke spot Instagram-able) dan menara paling tinggi disini. Cek lah langsung pemadangannya. Sughoi hehe

IMG_20151121_171232 (Custom)

Jalan di sekitar area pandang. Si mas sabar banget aku jadiin budak foto. Maaf ya maas. Daan makasi hehe

IMG_20151121_171030 (Custom)

Menara pandang burung/menara untuk memandang burung

IMG_20151121_170526_HDR (Custom)

Ini pemandangannya hehe

IMG_20151121_181049 (Custom)

Beautiful isnt it? meskipun gak keliatan burungnya hhaha

Terus kita ke menara lagi. Menara utamanya gitu. Ini jauuh bangeeet menaranya. Naik ke atasnya berasa kaya daki hati si mas (?)

IMG_20151121_181101 (Custom)

Pemandangannya

IMG_20151121_181226 (Custom)

Tempat nginepnya dari atas

IMG_20151121_181152 (Custom)

Naah buku ini selalu jadi properti

Fasilitas disini

Jadi di Taman Wisata PIK ini, selain meneydiakan tempat foto untuk instagram, disini disediakan juga tempat penginapan seperti yang aku kasi liat fotonya di atas. Disini ada juga penyewaan motorboat/perahu kano gitu kalo ada yang mau lebih dekat dengan tanaman bakaunya. Sayang aku dan si mas gak naik. Aku dan si mas takut banget nyebur. Kita berdua belum gak bisa berenang. Hahaha takut jadi saingan Michael Phelps soalnya -_-”

IMG_20151121_153324 (Custom)

Dramaganya

IMG_20151121_165119 (Custom)

Instead of riding a Kano, we chose to just taking lot of pictures wkwkwkkwk. Nyobain hape baru

IMG_20151121_164729 (Custom)

Si mas mau coba makro

Terus disini juga ada kantinnya gitu. Cuma karena kita isnting mahasiswa, kita gak makan disini. Takut dimark-up haha. Akhirnya cuma beli minuman dari vending machine aja

Yang paling kece disini adalah musholanya. Kereeen banget. Aku mau nikah disini. Tadinya aku mau nyamperin abangnya  dan nanya prosedur ngurus nikah disini. Cuma si mas ngelarang wkwkwk. Padahal aku mau banget banget nikah disini gaes. Baaguuuuusss

IMG_20151121_182641_1 (Custom)

Musholanyaaaaaaaaa. Maaf backlight. Tapi aslinya kece. Mauuu akad nikah disiniiiiii

IMG_20151121_184145 (Custom)

Interior Masjidnya 😀

IMG_20151121_182741 (Custom)

Tempat wudhunya

IMG_20151121_184326 (Custom)

Aku diujung musholanya. Gak jelaas gaya apaan

Aku dan si mas juga ke tempat penanaman bakaunya

IMG_20151121_154341 (Custom)

Bayi-bayi atau bibit bakaunya disini

How to get here 

Gaes, kalo kalian mau kesini, kalian tulis TAMAN WISATA ALAM ANGKE KAPUK di GMAPS kalian ya. Nama tempat wisata mangrove yang instagram-able/yang ngetop di daerah PIK adalah TAMAN WISATA ANGKE KAPUK. Jangan lupa ya gaes

Kalo naik angkot ni gaes :

Naik commuter line sampe stasiun kota terus naik BKTB jurusan PIK dari halte busway Jakarta Kota. Itu paling gampang menrutku. Turun di shelter akhir yaitu di Sekolah Budha Lao Tzu. Abis itu jalan sedikit ke Lokasi. Letaknya di belakang sekolah Lao Tzu

Pas pulang aku naik itu hehe. Atau ada alternatif lain cek http://www.pegipegi.com/travel/cari-tempat-ngadem-yang-asyik-ya-di-hutan-mangrove-pik/

Tiket Masuk dan Jam Buka :

Turis Lokal : Rp 25k
Turis Asing : Rp 250k
Parkir Motor : Rp 5k
Parkir Mobil : Rp 10k
Parkir bus : Rp 50k

Sewa Perahu : Rp 250k/6 orang
Sewa Perahu :Rp 350k/8orang
Sewa Kano : Rp 100k/45 menit

Bawa SLR bayar 1 juta rupiah. Hehe makluum tempatnya bagus buat foto-foto ekekeke.

Life Lesson :

  • Yang pertama kali muncul adalah banyak yang pacaran di tempat ini. Sumpah aku jengah ngeliatnya. Ada yang rangkulan pinggang, rangkulan bahu, ada yang selfie sambil curi-curi…..

    Ya as i always say ya, kalo pacaran jangan lebay. Jangan ada kontak fisik kalo perlu.

    Waktu aku ke menara pandang bruung, bayangin ada pasangan dong beduaan. Laki-lakinya duduk….gak tau deh itu ngapain. Pas aku dateng mereka langsung kagok kikuk gitu. Aku dan si mas jadi enak ngegangguin mereka. Yakali mas mba mau pacaran di menara paling atas, cuma bedua, sore-sore lagi -___-” Pas aku turun tadinya aku mau nguping mereka. Cuma si mas bilang gak usah ngapain. Hemm yaa aku pacaran si sama si mas gaes, tapi sumpah deh pegangan tangan aja kaga. Kita kalo jalan udah kaya guide sama turis. Si mas di depan, aku di belakang. Okelah jatuhnya emang tetep berkhalwat, tapi maksudku we are just like friend when we visit a place. We dont hold our hands together, we talk about lot of things, we really keep ourselves distance. I hope people do the same thing. Jangan sampe tempat wisata dicap yang aneh-aneh. Aku paling gak suka

  • Aku merasa 25 ribu sangat worth. Puas foto-foto, bersih. Emang ada sampah pas aku jalan ke pantai di ujung, tapi itu pasti dari laut. Bukan dari pengunjung. Selama aku jalan, banyak tempat sampah tersedia. Tempat wisata kalo dikelola swasta emang jadi lebih baik gaes. haha ironis yak
  • Hal ini kejadian lagi. Nama tempat wisata banyak. Inget ya nama tempat yang Instagram-able itu TAMAN WISATA ALAM ANGKE KAPUK. oke! Patokannya sekolah budha Lao Tzu. Sekolah yang mirip sekolahnya Tao Ming Tse. Keyeeeen. Gedeee banget itu sekolah
  • Kalo mau kesini pake sendal yang nyaman. Yaa kecuali cuma mau ke spot foto yang instagramable. Kalo mau ke yang sampai pantai, gunain sepatu yang nyaman. Oke? hehe Tadinya aku pake running shoesku. Cuma aku lepas. Aku bilang sama si mas aku mau cantik gitu penampilannya. Tapi si mas bilang “ngapain”. Sepertinya si mas gak peduli tentang penampilanku. Hahaha padahal aku mau cantik kaya selebgram gitu kalo jalan-jalan.
  • Jangan nyerah gaes. Aku tadinya udah mau iya-in bayar 20 ribu buat kesini-yang kasus aku nyasar. Untung si mas ngelarang dan akhirnya aku nemu angkot. Hemm susah nemuin orang yang tulus ngebantu gaes jaman sekarang haha. Alhamdulillah abang angkotnya gak mark-up duit kita. Yaa emang dia kayanya trayek kesana sih. Cuma tetep aja dia minta bayaran goceng doang. Senaaang :’

So that’s it for today ya gaes. Aku mau pos hal lain abis ini haha

IMG_20151121_155446 (Custom)

Jarang banget aku pake sendal cantik gini

IMG_20151121_130545

Bonus ph0to

IMG_20151121_152646 (Custom)

Dada 🙂 See you next tim

4 thoughts on “Pantai Indah Kapuk, Tempat Bersarangnya Mangrove Jakarta

Tinggalkan Balasan

