Wisata Curug Sentul (1) : Kondangnya Curug Leuwi Hejo

[Travel Report] Halooo gaaaes. Dua pos sehari. H3hehe mayan kan buat bacaan malam minggu kalian haha. Jadi setelah aku lanjalan ke PIK sekitar bulan November, aku lanjalan lagi sama si mas bulan ini. Kali ini, aku balik ke habitat sementaraku yaitu Bogor. Sebenernya aku dan si mas sama sekali gak niat kesini. Kalo gak niat biasanya jadi yak hahaha. Aku ngerasa curang si gaes sebenernya. Harusnya aku kesini bareng temen TIN ku. Tapi aku malah jalan sama si mas. Makluum mendadak banget. Hehehe gomen gomen. Curug ini aku golongkan ke : It’s worth for the wait. Aku seneeeeng banget. Airnya mantaaap gaes hehehe. Aku juga bertekad bareng anak TIN kesini lagi. Cuma gak tau deh jadi apa engga wkwkwk. Daripada keseringan denger wacanaku, langsung saja lah simak catatan perjalananku kesini 😀

Curug LeuwiHejo merupakan gerbang viral-nya curug-curug di daerah Sentul. Di daerah sentul, banyak sekali curug. Entah kondisi geografis Sentul yang kaya gimana yang bisa buat tempat ini banyak curugnya. Para curug hunter di Bogor nemuin curug LeuwiHejo pertama kali tahun 2013. Tadaaa gak butuh waktu lama, curug ini ngetop top dan terkenal. Aku sudah menyadari keberadaan curug ini dari lama. Bersamaan dengan hebohnya gunung Pancar. Cuma baru bisa kesini tahun ini. Di kompleks LeuwiHejo ada dua curug lain yaitu Barong dan Leuwilieuk. Sayang aku belum bisa eksplor kesini. Tapiii gaes, last week i went to visit two newly discovered curug di Bogor. Sumpaah perjalanan ini harus ku pos karena for the first time aku jalan-jalan bareng komunitas jalan-jalan kaskus bogor. Wuiih seru deh. Kayanya perjalanananku selanjutnya akan gabung sama mereka gaes. Feels like i find a new home 😀 *anak ini lebay*

Kebetulan aku kesini jam 3 sore. Pulang nonton Star Wars di CCM. Jaadi pas di perempatan sentul, si mas kaya ragu-ragu gitu. Terus tadaa si mas tiba-tiba belok kiri ke arah sentul. Awalnya kukira si mas mau ke gunung Pancar, tapo tau-tau si mas belok kiri ngambil arah ke Babakan Madang, tempat berkumpulnya curug-curug viral di Sentul. Huahaha

IMG_20160106_180645_HHT (Custom)

Selamat Datang di LeuwiHejo

IMG_20160106_154453_HHT (Custom)

Parkirannya

IMG_20160106_154833_HHT (Custom)

Travel buddy ku sudah siap mengeksplor haha

Aku saranin naik motor kesini gaes. Kalo naik motor, bisa bener-bener ke deket curugnya. Jalananya agak susah sih, tapi kalo bis parkir ke lokasi yang paling deket, jalannya sebentar hehe. Buat yang kerjaannya ‘lari pagi’ di kasur kaya aku, naik motor itu paling pas lah buat wisata di Bogor. Huahaha rada effortless. Sebelum sampe ke curug, aku ngeliat sungai di sekitar LeuwiHejo. Jadi tipikal curug begitu ya gaes, abis ada curug, terus ada sungainya hehe. So, kepo lah cuss

IMG_20160106_155535 (Custom)

Welcome 🙂

IMG_20160106_170235_HDR (Custom)

Pemandangan sungai lain

IMG_20160106_155208_1 (Custom)

Lagiii

Tentu dong kita bingung. Mana curugnya? Pelan-pelan kita jalan dan akhirnya nemu juga curugnya. Sayang kita dipungut bayaran lagi kalo mau ke curug ini. Haha cuma yaa yasudahlah. Emang tujuannya mau ke LeuwiHejo. Kondisi terparah saat itu adalah, kita berdua gak baw abaju ganti. Huahaha dengan asumsi baju akan kering selama perjalanan, kita nekat lah merendam setengah badan di curug ini. Sekedar informasi, aku belum pernah nyebur di curug manapun, ini kali pertama nyebur. Gara-gara ini, aku kecanduan nyebur di curuug -____- Kemarin aja aku nyebur terus”an. Noraak Oke ayo kita lihat curugnya

IMG_20160106_161717 (Custom)

Ini dia curug LeuwiHejooooo Arusnya deres. Airnya jernih. It is worth for the waait

IMG_20160106_161253_HHT (Custom)

Kalo mau ke ujung ada talinya juga. Tapi aku gak punya nyali. Takut tenggelem -___- Mereka menggangu fotokuu. Sebaaaal -_-

IMG_20160106_161341_HHT (Custom)

The last

Untuk bisa ke spot sini, disediakan tali dari ujung daratan (?) Ni aku liat kondisinya

IMG_20160106_162221 (Custom)

Nah ini dia tali penyambung Instagram dengan dunia luar huahahaha Nyambung ke curug utama maksudku gae

IMG_20160106_161548_HHT (Custom)

airnya jerniih

IMG_20160106_162645_HHT (Custom)

Ceritanya sok mau anggun-anggun gitu main air di curug. Macem Nawang Wulan, bidadari yang Jaka Tarub taksir *caption macem apa ini*

Lihat kan? Bajunya baju ke mall. Wkwkwkwk aku ga niat mau kesini. Daan karena keasikan main air gratis, aku dan si mas gak lihat langit dan wussss hujan besar sodara-sodara. Jadilah aku double basah di LeuwiHejo. Insting Biker langsung mengisyaratkan aku dan si mas nyari tempat neduh dulu. Ujan model gini gak bisa diterjang. Oh iya gaes maaf kalo fotonya kurang bagus. Soalnya kameraku dimasukin ke pelindung hape. Udah gitu mendung. Jadi gambarnya kabuur. Hehe

IMG_20160106_170213 (Custom)

Aku neduh di warung dan anak pemilik warungnya ini. Nama anaknya si eneng. Dia seneng banget di foto-foto.

Mungkin sudah takdir kalo ujan gak bisa berhenti. Akhirnya kita hujan-hujanan gaes wkwkwk. Menerjang hujan dengan baju basah dan magrib-magrib. Seru laaah. Double basaaah. Tapi namanya jalan-jalan, kondisinya kaya gimana aku tetep seneng. Apalagi ditemenin yang manis :3

Fasilitas

Mushola ada, Toilet ada, warung makan ada. Asal ada duit, semua fasilitas tersedia. Cuma fasilitasnya sederhana banget. Yaa you know what i mean laah. Kurang bagus sarprasnya. Maklum, belum kena tangan swasta. Kalo swasta ngolah tempat wisata biasanya kece badai. Sebut saja Pantai Indrayanti tu gaes. Tegaas pengelola wisatanya. No wonder pantai itu bersih

IMG_20160106_180651_HHT (Custom)

Tempat parkirnya masih begini. Belum diaspal. Haha masih sederhana

How to get here :

Patokannya adalah jungle land gaes. Jadi kalo kalian dari Bogor dan naik motor, kalian lewat jalan Cimahpar gaes, ikutin jalan aja nanti sampe ko ke sentul. Kalo dari tol, keluar sentul selatan, ambil arah the jungle. Nanti kalian ketemu belokan ke kanan, kalian belok kanan. Kalo dari sirkuit sentul, kalian lurus. Intinya ke arah Karang Tengah gaes. Ada ko petunjuknya segede-gede alaihiiim yang ngasi liat foto-foto curug di daerah Karang Tengah. Meskipun foto di banner atau spanduknya  jelek, aslinya bagus ko gaes. Nanti sekitar 1 km dari belokan itu, ada percabangan. Kalian ambil kiri, kalo kanan gunung Pancar. Abis itu luruus aja ikutin jalan. Nanti nemu belokan ke curug Leuwi Hejo. Sebelum curug Leuwi Hejo, ada beberapa curug lain, tapi fokus dulu ya nemu curug LeuwiHejo ehehe

Aku amat sangat gak saranin kalian naik hatchback gaes atau sedan. Kecuali kalian mau sedan kalian mesin atau bodinya menyentuh batu jalanan. Jalannya edaan. Jadi aku saranin naik MPV gede aja yak. Gak rekomended buat sedaan. Jalananya susah gaes. Yang bawa motor kusaranin yang lumayan jago. Ada beberapa tanjakan dan turunan yang wuedaaaan hahaha. Cek kondisi kendaraan okeeeeh

Kalo naik angkot adanya cuma APTB gaes. Daaan kesananya ga ada angkot gaes. Harus naik ojek kali yaa.

Tiket Masuk dan Jam Buka :

Tiket masuknya : Rp 10k/orang
Tiket masuk deket curug dipungut lagi : Rp 5k/orang
Parkir kendaraan motor : Rp 5k/orang
Parkir kendaraan mobil : Rp 10k/orang

Jam buka dari pagi sampe jam 5 sore. Gak tentu gaes. Pas taun baru sampe malem katanya.

Life lesson :

• Daerah sentul ini semakin ramai diperbincangkan karena daerah ini menyimpan banyak curug gaes. Banyak para curug hunter di Bogor yang berusaha nyari curug-curug tersembunyi lain untuk sekedar dinikmati sendiri lalu dipublikasi di Instagram, sekedar menikmati sendiri lalu dipublikasi di Instagram lalu dirahasiakan tempatnya kemudian membuka paket wisata curug di sentul dengan harga paket “200 K/orang”  atau aku, yang menikmati sendiri lalu dibagikan ke orang lain. Sebenernya aku ingin sekali mengeluarkan unek-unekku tentang tingkah laku pejalan saat ini. Tapi aku belum bisa membangun opini yang kuat -_-“
  • Aku seneng bisa ngobrol bareng penjaga warung dan main sama anaknya. Feels like i finally could be assertive and ask people there about the destination itself hehe. Aku ngerasa sayaang bangt kalo gak bisa diskusi bareng orang di sekitar sini. Ngerasa kurang puas aja. Aku memang dasarnya seneng bergaul kepo.
  • Aku akan eksplor semua curug di sentul. Kalian tunggu aja reviewnya gaes. Tenang, aku gak akan merahasiakan jalannya ke kalian. Tapi, i beg your attitude. Jangan buang sampah sembarangan. Jangan kecewain aku yaa gaes. Pleaseeee (puppy eyes) Aku dan si mas mau buat mini campaign tentang jalan-jalan “bersih”. Doakaan kelaksana tahun ini 😀
  • Jadi tempat ini sempet dikritik gegara jadi rame gitu gaes. Udah gitu agak sedikit kotor. Pas aku tanya ke penjaga warung yang sampai saat ini dan mungkin selamanya gak aku ketahui, dia bilang kalo sampah disini akan diangkut. Ada petugas kebersihannya. Oke si kalo gitu. I try to believe him. Kalo rame ya wajar lah. Si mas langsung bilang “Emang itu tempat wisata punya dia apa. Kalo mau sepi buat private pool sendiri aja dari batu kali” So, kalo kalian ngerasa curug sudah ramai, ya gapapa. Setiap orang berhak lanjalan, cuma tetep harus bertanggung jawab. Permasalahannya cuma bagaimana cara mereka bertanggung jawab kan.
  • LeuwiHejo akan diperbaiki si gaes kayanya. Pas aku kesini keliatan banyak kendaraan berat. Mungkin fasilitas disini mau ditambah kali yak. Katanya pas tahun baru rame banget dan parkirnya membludaaak. Huahaha cant imagine lah aku pas tahun baru kaya gimana.

Baai. See you on next post. Mungkin 2 jam lagi aku akan muncul dengan posku selanjutnya huahahaha kejaar deadline mas broh 😀

2 thoughts on “Wisata Curug Sentul (1) : Kondangnya Curug Leuwi Hejo

1. Ping-balik: Gak Usah Jauh-Jauh ke Venezuela, Bogor juga Punya Kok!   | Between Sweet and Sour

2. Ping-balik: Wisata Curug Sentul (2) : Hadiah Setimpal dari Curug Hordeng dan Curug Kembar | Between Sweet and Sour