#Indah’sOneDayTrip : Berwisata Sehari di Dramaga

[Travel Report] Halo Gaes. Gimana kabarnya? Sudah melewati macetnya jalanan? Hehehe sumpaah yaa gaesss macet banget hari kemariin. Banget -_____- Feels like ada konspirasi besaaar sekali kemarin yang membuat hampir semua kendaraan di ruas jalan ibukota, baik di jalanan biasa maupun ditol mengalami stagnansi akut tingkat 5 (ini anak bahasanya apaan sih). Dugaanku sih hari ini ada iring-iringan 1000 komo menyambut Maulid Nabi dan Hari Raya Natal *masih menyalahkan komo*gagal lucu*.

Okee jadi berhubung ini masih momentum liburan, Between Sweet and Sour sebagai salah satu sumber rekomendasi wisata terpercaya di hati kalian akan berpartisipasi menambah pilihan liburan kalian kali ini. kali ini adalah wisata Dramaga! Hehehehe penasaran kah? Yuk cuss kepo langsung

Tidak seperti biasa, aku ingin memberikan rekomenadasi wisata liburan yang well integrated, artinya gak cuma wisata jalan-jalan tapi kalian bisa menikmati kan makan dan mungkin merasakan hal lain heheh.

Tempat pertama yang aku rekomendasikan menjadi well-integrated tourism ku adalah Dramaga. Dramaga adalah salah satu kecamatan dengan populasi terpadat di kabupaten Bogor. Mengapa aku menceritakan tempat ini kepada kalian? karena aku sudah menetap selama 4.5 tahun sebagai mahasiswa disini. Sedikit banyak aku hafal dengan Dramaga. Gak sampe hafal jumlah angkot laladon-kampus dalem sih, yaa intinya hafal beberapa tempat pentingnya. Daripada aku kelamaan menjabarkan, langsung saja kujelaskan tempat yang bisa kalian sambangi bila kalian ingin menghabiskan hari di Dramaga.

Kalau kalian mau kesini, patokannya adalah terminal Laladon. Dari terminal laladon, kalian tinggal naik angkot kampus dalam (aku gak tau nomer berapa karena kebanyakan angkot kabupaten Bogor gak pake nomer -_-) atau kalo naik kendaraan pribadi tinggal lurus aja.

1. Sarapan di Lontong Sayur Bara.

Sepanjang sejarah hidupku, lontong sayur bara adalah salah satu makanan paling enak yang pernah aku coba. Bener enak. Spicy tapi gak too much. Lontongnya lembut, kuahnya yuum. Sambelnya joosss. Enaaakkk deh. Cuma tempatnya emang yaa begitu. Hahaha yaa yaa agak kotor tapi masih bisa kok makan disana. Kalian bawa minum sendiri aja mending dari rumah. Biar lebih aman.

IMG_20150905_072015

Ini enak pake banget. Gak boong

Lontong sayur Bara ini letaknya gak jauh dari ujung Bara. Pertanyaan selanjutnya, Dimana letak bara? Jadi kalo missal kalian datang dari arah bogor kota/laladon, kalian lurus aja ke arah Dramaga IPB. Setelah lurus kurang lebih 3 km dari terminal laladon, kalian belokkan kendaraan kalian ke kanan. Intinya, kalo dari laladon kalian menemukan belokan besar, dimana para angkot ngetem,  tandanya kalian udah ada di bara. Letak lontong sayur ini dekeet banget dari ujung bara. Lontong sayur batu sangkar namanya. Jalan kaki aja. Tanya aja “lontong sayur padang”. Insyaalloh orang sekitar tau. Kalo naik mobil, kalian parkir kendaraan kalian di bank BNI aja ya. Terus tinggal jalan kaki deh ke Bara. Gak jauh kok.

WP_20150524_10_47_10_Pro (Custom)

Ini dia ujung bara. kalian jalan sedikiit aja nanti kalian nemu lontong sayur super enaak ini

2. Bermain di Situ Gede

Kalo kalian wonder tempat wisata utama di Dramaga, jawabannya adalah Situ Gede. Situ gede merupakan situ yang gak terlalu besar yang letaknya di Dramaga. Orang sekitar lebih sering menyebutnya CIFOR. Di dekat Situ Gede memang ada kantor CIFOR. Jadi biar lebih mudah nama danau yang sebenernya tidak terlalu gede ini, dinamakan CIFOR. Biar tidak terlalu hiperbola mungkin. Oh iya gaes, berhubung masih ada beberapa tempat yang ingin kujabarkan, langsung saja yak aku kasih galerinya hahaha. Kalo kalian baca blogku, sejarah tempat, filosofi dan hal sebagainya tidak akan kalian dapatkan wkwkkwk. Aku lebih suka memberikan penjelasan bersifat ‘teknis’ ahahaha. Mapkeun

IMG_20151101_112241 (Custom)

Tempat parkir motornya

IMG_20151101_113230 (Custom)

Another another

Yaa Jadi emang Situ Gede itu danau. Spesialnya, disini ada hutan-hutannya gitu. Cocok buat  ngadem. Cek yuk

IMG_20151101_114013 (Custom)

Belum pernah ke hutan? Ke Situ Gede ajaa 😀

IMG_20151101_113404 (Custom)

Trees Canopy! All time favorite

Berhubung disini banyak pohon, cocok banget buat mager-mageran dan leyeh-leyeh. Piknik-piknik juga cocoook banget disini. Kapan lagi coba bobo-bobo di bawah pohon hehe

IMG_20151101_113312 (Custom)

Saking nyamannya sampe ada yang bobo

IMG_20151101_120335 (Custom)

Warung di sekitar

Sekedar informasi, warung disini a bit pricey gaes. Jadi aku saranin bawa makanan dari rumah gaes sekalian piknik-piknik. Oh iyaa disini bisa banget buat special occassion like themed party yang lagi in gitu atau foto pre wedding hehehe.

Di sini kalian bisa juga ngeliat rusa-rusa. Terutama untuk yang bawa anak, rusa adalah hiburan yang paling bisa diandalkan. Ayo kita ceek

IMG_20151101_114214 (Custom)

Cuma agak bau disini. Hehehe yaa tahanin dikit lah ya gaes ehehe. Kalo mau ngasih makan rusanya, kalian bisa kok beli sayuran disini. Sudah ada yang jual hoho. Sayang aku gak ngasih makan rusanya. Inget umur -_-“

Oh iya disini bisa juga main perahu bebek-bebekan kaya di foto awal. Untuk tiketnya aku gak tau. Gak nyobain soalnya. Kalian juga bisa mancing disiini. Lengkap kap kap hehe

Liat bebek dan pancingannya kan?

How to get here

Kalo kalian naik kendaraan pribadi, patokannya laladon/ Yasmin.

Kalo dari terminal Laladon, kalian belokkan kendaraan kalian kea rah kanan pas di pertigaan tempat angkot-angkot negtem. Pokoknya kalo dari laladon nemuin pertigaan, kalian langsung belok kanan. Dari kanan, kalian akan menemukan terminal bubulak, luruus terus. Abis itu kalo kalian nemuin belokan ke kiri, kalian belok kiri. Gak jauh-jauh dari terminal bubulak. Abis itu luruuuuuuus aja. Ada pertigaan tetep lurus. Nah nanti pas mentok kalian nemuin hutan-hutan gitu, kalian tetep luruus aja. Kalian sudah sampai di area CIFOR. Tinggal ikutin jalan aja hehe. sebenernya ada alternative lain, tapi aku gak saranin untuk yang naik mobil. Sempiiit.

Kalo dari Yasmin (kalian milih exit tol Sentul selatan), kalian luruuus aja dari exit tol. Abis itu kira-kira 4 km kalian nemu perempatan gede, kalian belok kiri. Tandanya kalian ada di daerah Yasmin. Tempat dosenku tinggal hehe. Setelah dari Yasmin, kalian tetep luruuuus. Luruuuuus pokoknya. Kira-kira 4 km, kalian nemu lampu merah, kalian tetep luruuuus. Patokannya mekdi. Pokoknya luruuus. Jangan belok biarpun mau ke mekdi (?) hhaha belom sampe kan ceritany. Dari mekdi, kalian akan nemuin perempatan gede tanpa lampu merah yang anehnya jarang macet. Kalian tetep lurus. Kira-kira 300 m ada belokan ke kanan, kalian belok kanan dan penjelasannya sama kaya di terminal laladon. Jadi pertemuan via laladon dan via Yasmin ya di jalan itu hehe. Tinggal lurus aja kok dari belokan ke kanan.

IMG_20151101_111051 (Custom)

Kalo naik kendaraan pribadi, patokan satsiun/baranangsiang naik 03 (dari stasiun bisa juga naik 02) terus lanjut angkot 15 jurusan bubulak SBJ. Kalian bilang aja turun di CIFOR ehehe sampe deh.

Tiket Masuk

Gratis. Bayar buat parkir aja paling. Waktu itu aku parkir juga gratis. Yang jagain gak ada

IMG_20151101_123938 (Custom)

Ini tempat parkir mobil. Kalo kalian mau ke IPB, kalian belok kanan gaes dari pertigaan itu

Life lesson

Disini banyak yang pacaran kalo sore menjelang malam. Jadi mending kesini pagi. Selain bisa nikmatin udara yang seger, bisa juga kok kalian hunting foto kece, leyeh-leyeh di bawah pohon (untuk yang berkeluarga. Leyeh-leyeh dengan anak juga. Gak berdua doaaaang -___-). Kalo yang bawa anak juga pagi-pagi aja. Tempat ini sebenernya gak terlalu disukain sama mahasiswa di salah satu institusi pertanian negeri di dramaga bogor karena ‘kenegatifannya’. Tapi kalo pagi-pagi kenegatifan itu bisa dicegah kok. Gak signifikan.

Daan untuk pasangan yang ingin kencan disini, jangaaaan ngapa-ngapain ya gaes. Kalo bisa ngobrol aja. Duduknya depan-depanan jangan samping-sampingan. Hunting foto ajaa. Pokoknya kalo bisa kalian nikmatin tempat wisata jangan ada kontak fisik sama pasangan. Aku saranin banget. Baik yang belum, akan, dan sudah menikah. Kontak fisik berlebihan menyebabkan tempat wisata dijulukin ‘tempat mesum’ dan aku geraaam banget dengernya -_______________-” Termasuk yang sudah menikah. Tolong aku harap kesadarannya untuk gak PDA. Bukaaan karena akan membuat iri, tapi ini demi citra tempat wisata tersebut. Nanti aja di rumah kelon-kelonannya. Hahaha

3. Solat di Masjid Alhurriyah IPB

CIFOR itu gak jauh dari IPB. Jalan menuju CIFOR disebut juga jalan alternative IPB. Kalo dari CIFOR, kalian tinggal luruuss aja ikutin jalan. Agak sempit sih (namanya juga alternative) haha. Jalan ini jalanan favorit kalo jalan Raya Dramaga macetnya sudah level ‘nista’. Nanti kalian akan menemukan jembatan kecil dan lurus aja, masuk ke papan Bogor Agricultural University. Kalian bayar dua ribu rupiah dan kalian sudah di IPB. Dari pintu masuk kalian luruuus, nanti ada pertigaan besar, kalian ambil kanan. Kira-kira 100-200 m, kalian sampai di Alhurriyah. Salah satu masjid kampus terbesar di Indonesia. Sayang aku gak punya foto-foto interiornya.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Salah satu masjid kampus terbesar di Pulau Jawa. Sholat disini yuk gaess

Sumber :bagussugiarto.wordpress.com

Disini kalian bisa solat sambil berdoa untuk diterima di IPB. Bisa juga berdoa untuk dijodohkan dengan anak IPB. Atau mendoakan supaya virus Hepatitis A di IPB tiba-tiba lenyap hehe. Intinya solat disini sangat direkomendasikan untuk merasakan sehari menjadi anak IPB. Kalian juga bisa kok buat muter-muter IPB. Cuma sekarang jalanannya lagi diperbaiki. Jadi kalian muter-muternya gak bisa muter banget hehe. kalian lewatin fakultasku aja. Fakultas Teknologi Pertanian. Siapa tauu bisa kulaih disini. Entah S1, S2, atau S3 ekekeke. Di IPB, sekolah pascasarjananya berkembang banget. Mungkin karena IPB adalah universitas pertama yang buka sekolah pasca kali yak. Dan salah satu fakultas terbaik di IPB adalah fakultasku 😀 *promosi*ketauan aku kuliah dimana* haha.

altAlbtoZPOIcGt0ZgZXF0RS4vnpCErOChKcM1e9CURbq8n

Aku dan Fakultasku 🙂

4. Beli oleh-oleh di super kue dan roti unyil venus.

Setelah solat, tentu kalian laper dong yak. Berhubung kalian udah di kampusku, mending kalian tahan lapernya dan beli oleh-oleh dulu. Abis beli oleh-oleh baru makan dan jalan pulang karena tempat makan di dramaga adanya sebelum IPB. Jadi, daripada kalian ribet ngantri beli oleh-oleh di toko Lapis Sangkuriang di Jalan Baru atau outlet lain di Bogor, mending kalian beli aja di depan kampusku. Bahkan ada roti unyil lagi hehe. Gimana? Mau kuliah di IPB gak jadinya? Huahaha. Setelah keluar gerbang IPB, kira-kira 200 m di kanan jalan ada toko oleh-oleh ini. kalian parkir aja di Bank BNI terus nyebrang. Biar enak hehehe. Soalnya ribeet kalo parkir di depan tokonya. Maaf ga ada gambar tokonyaa. Pokoknya namanya Super Kue. Pelan-pelan aja gaes bawa kendaraannya. Takut kelewat.

1226619c9656daecd398cfd15d109d80_400x400

Di toko ini, dijual lapis sangkuriaang yang terlalu populer itu. Disini juga jual roti yang enaak hehe.

Sumber : twitter.com

1ArisJunaCakeLapisTalasBogor1

Yang terlalu populer di bogor

Sumber : iklanbaris.co.id

Kalo kalian terlalu sering makan lapis sangkuriang dan mau nyobain yang lain, dari toko Super Kue kalian jalan aja sedikit ke toko yang jual roti unyil. Kalian tanya aja dimana tokonya. Cuma 20 m ko dari Super Kue.

008DEH25D7DCD14A6CEBD7mx

Tadaa yang mau beli oleh-oleh bisa banget beli ini hehe deket ko sama super kue

Sumber : http://cfcdn2.azsg.opensnap.com/id/userphoto/photo/1/16D/008DEH25D7DCD14A6CEBD7mx.jpg

Selesai belanja oleh-oleh, cuss yuk makan-makan di Dramaga. Udah laper kaan?

5. Kan Makan di Sepanjang Raya Dramaga

Tempat makan di Dramaga lumayan banyaak. Sudah kureview beberapa di (Alternatif tempat makan di Dramaga). Aku ada tambahan lagi beberapa. Cek yuk

Galuga

Ini restoran yang letaknya gak jauh dari tempat beli oleh-oleh. Kira-kira 1 km. adanya di sebelah kanan jalan. Makanan disini standar makanan nyunda gitu. Yaa ayam kampong si spesialisasinya. Aku pernah makan disini tapi makan gurame bakar. 97 ribu seporsi (tentu dibayarin emak). Galuga itu mahaal. Jadi harus sama orang tua kesininya. Jarang mahasiswa sehari-hari makan disni -_- Emang restoran keluarga jatohnya.

WP_20140323_034 (Custom)

Food Court Grand Dramaga

Tempat makan baru yang aku icip-icip adalah di Grand Dramaga. Salah satu mol baru di Dramaga. Termasuk salah satu kambing hitam penyebab makin ‘nista’nya kemacetan di kecamatan ini. sumpah gaes sekedar info, dramaga itu macettttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttt banget. Gak pagi, gak siang, gak malem. Susah buat nemuin dramaga lancar. Semoga pak bima arya dan pak bupati bisa dapetin solusi untuk ini deh.

IMG-20151014-WA0005

Sumber : fauziperdanaji.blogspot.com

 Yaa biar berasa mahasiswa Anak Gaul Dramaga, aku cobain makan disini. Huahaha aku secara tidak langsung menambah kemacetan yak haha. okelah kepoow saja lah langsung food courtnya hehe

IMG_20151023_144856 (Custom)

Untuk grand dramaga, aku kasih penjelasan lebih lengkap di pos lain yak. Kepanjangan posnya. Ntar si mas bete lagi (mending dibaca sama doi) wkwkwk.

Tak terasa sudah seharian kita di Dramaga. Gimana? Suka kah di Dramaga? Hehe satu hal, kalian tahan-tahanin emosi yaa kalo disini. Daerah ini emaaang maceeeet banget. Tapi daerah ini memberikanku terlalu banyak pelajaran. I love being here, honestly. Soo kesini yuk! Atau…Yuk kuliah di IPB 🙂

Iklan

8 thoughts on “#Indah’sOneDayTrip : Berwisata Sehari di Dramaga

    • Halo mba monda hehe.

      Daerah sini gak ada curug mba. Curug” yang kece” ada di daerah gunung salak endah mba monda. Sekitar 20 km dari dramaga. Disanaaaa indaaaah deh mba. Lebih keren dr puncak menurutku. Mba monda bisa dapet banyak tempat wisata disana. Curug, tempat nginep, tempat foto”. Kalo mba monda mau ke situs cibalai lewat tenjolaya, deket kampusku juga bisa. Rekomended sekali sebenernya daerah situ mba. Kalo d dramaga wisatanya hanya ini. Hehehe

      Suka

  1. komenku tadi ilang nggak ya Indah?

    penasaran sama Situ Gede, pas ke Dramaga nggak liat sih
    kelewatan mungkin ya, banyak curug juga ya di sini?
    pernah sekali aja mampir Dramaga terus lanjut ke Ciampea

    Suka

  2. Ping-balik: Menggeliatnya Bisnis Kuliner di Bumi Kampus IPB (Re : Dramaga) | Between Sweet and Sour

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s