Bermain ke “Negeri di Atas Tanah Pasundan (Kampung Budaya Sindang Barang)”

[Travel Report] Halo gaes. Apa kabar? Semoga kalian baik-baik aja ya gaes hehe gak kaya aku yang sakit-sakitan akhir-akhir ini. Kena virus negebet nikah lulus kali ya gaes hahaha. Sudah resmi musim hujan juga gaes sekarang. Cuaca jadi mendung-mendung mengundang…hujan :p. Hati-hati meriang ya gaes (aku si bacanya merindukan kasih sayang) #eh haha. Jaga kesehatan dan perasaan ya gaes pokoknya.

Aku properly mau ask ur apologize kalo aku gak teratur nulis blognya, dan sekalinya ngepos berturut-turut. Maaf ya gaes. daripada aku buat kalian kesel dengan permintaan maaf tanpa solusi, langsung aja yuk dikepo pos ku kali ini.

Malam ini aku mau share tentang short trip ku ke wae rebo’s dupe yaitu kampung budaya sindang barang. Kalo wae rebo julukannya negeri di atas awan, aku namain kampong sindang barang negeri di atas tanah pasundan (letaknya di bogor soalnya hehe). Kunjunganku kesini dalam rangka nemenin si mas nemenin tya, nama sebenernya, untuk foto buku tahunan. Siapa itu tya? Tya satu-satunya adik si mas hehehe. Calon adikku *ciyeh*cium tya* Sumpah menurutku kelas Tya kreatif banget ngadain foto buku tahunan disini. Aku sama sekali gak kepikiran. Maklum waktu SMA kepikirannya cowo mulu. Telat puber kali #lahcurhat. Waktu aku foto buku tahunan kalian tau dimana? Haha di studio foto dan aku pake bergo gaes. Kerudung yang langsung pake itu. Gilak gilak aku emang gak bakat eksis dari lahir kayanya -_-

Berhubung si mas tau ini one of my bucket list, si mas ngajak aku. Tya juga gak keberatan aku ikut (iyalah gak digendong) haha. Jadilah aku bermain ke sini. Kenapa bermain? Karena hanya berlangsung satu setengah jam. Cuma foto-foto bentar dan langsung cabut lagi. Maklum banyak daun muda, takut menggoda mereka (ini apaan sih) haha. Yaa aku emang gak lama karena gak tau mau ngapain. Disana emang lebih cocok buat acara gathering gitu. Bukan untuk kunjungan bebas (bacanya pacalan) yang kaya aku dan si mas biasa lakuin hohoho. Monggo cek galerinya aja yuk daripada aku banyak ngomong

IMG_20151101_085707 (Custom)

Selamat Datang 😀

IMG_20151101_085718 (Custom)

Si mas, Tya dan beebrapa temen Tya yang bareng sama Tya. Sayang gak ada foto selfie aku tya sama si mas haha

IMG_20151101_090033_HDR (Custom)

Pintu Masuk

IMG_20151101_094911 (Custom)

Kampung Sindang Barang! Engrang properti yang tidak disengaja hehe

IMG_20151101_095110 (Custom)

Beberapa orang yang lagi survey

IMG_20151101_094901 (Custom)

Si mas di kampung sindang barang 😀 Lagi belajar pake SLR. Aku udah proyeksiin si mas jadi instagram husband ehehe

IMG_20151101_092935 (Custom)

Berhubung backlight, aku coba buat cari spot yang gak backlight. Hasilnya ini. Masih gak bagus

IMG_20151101_090920 (Custom)

OOTD -ku. Berjudul ‘Betapa susahnya menumbuk padi meskipun cuma candid ala-ala’. Tas : getdailygear, Sepatu ; nike, dan jaket : eiger

IMG_20151101_092726 (Custom)

Lapangan Kampung Sindang Barang

IMG_20151101_092805 (Custom)

Another spot lah ya gaes

IMG_20151101_100203 (Custom)

Bale tempat berkumpul. Kalo diadakan acara pertunjukkan musik, juga disini hehe

Kalo kalian dateng di momen-momen tertentu, kalian bisa liat festival kampung sindang barang. Maaf gaes aku gak bisa kasih info yang presisi kapan, tapi kira-kira sekitar bulan Agustus. Kalo kalian pernah kepo dan liat disini ada pertunjukkan musik gitu, disini emang bisa gaes kaya gitu. Tapi kemungkinan ada bayaran tambahan. Atau hanya di waktu khusus. Haha aku kurang tau. Kalian mending kepo langsung via CP yang aku kasih di bawah ya gaes. Maklum gaes aku sukanya kepoin mas-mas ganteng di instagram *aduhduh*.

Sebenernya kalo kalian bisa nonton pertunjukkan angklung atau budaya sunda lain jauh lebih asik gaes, karena memang ini kampung budaya. Jadi selain bisa dapet foto yang instagramable, kalian bisa belajar budaya sunda juga. Mayan lah buat obrolan sama calon mertua kalo camer orang sunda *tetep waeh pikirannya haha*

IMG_20151101_090516 (Custom)

Leuit dari deket

IMG_20151101_095914 (Custom)

Disini emang langganan untuk gathering place. Pas aku kesini, ada kantor yang lagi nyewa penginapan dan bersiap lomba bakiak

Yang asik dari kampung sindang barang adalah disini disediakan tempat untuk menginaap. Yeay. Jadi kalo kalian mau bobo dan kelonan tapi bosen di rumah atau di puncak, disini bisa jadi pilihan. Atau kalo ada gathering acara misal acara kantor, kampus, dan enek sama macetnya puncak, disini bisa jadi pilihan potensial *maaf aku selalu sinis sama puncak haha*

Lucu-lucu kaan gaes ehehe….tapi bedanya disini dengan wae rebo adalah untuk tarif penginapan. Disini penginapan memang disewakan secara professional, maksudku ada tarif yang diwajibkan. Kalo Wae Rebo aku rasa memang seiklas kita kali ya. Maaf ya gaes lagi-lagi aku gak ngobrol sama orang disini untuk tarif lengkapnya.

p.s untuk urusan bobo sekamar, garis keras hanya untuk yang sudah resmi dapet buku nikah, sekeluarga, dan yang sejenis kelaminnya tanpa melakukan transgender haha

IMG_20151101_091248 (Custom)

Jalu menuju penginapan. Maaf kakinya ngeganggu banget #pamerterselubung

IMG_20151101_091555 (Custom)

Area Penginapannya gaes

IMG_20151101_091551 (Custom)

Masih area penginapannya gaes

IMG_20151101_091415 (Custom)

Ini kebun mini yang tersaji di sekitar kampung sindang barang hehe. Coba ada petani-petani ganteng disini yang lagi nyangkul sambil keringetan ya gaes macem di FTV. Betah aku tinggal disini. #Rusak.

IMG_20151101_091619 (Custom)

Tanda Peresmiannya

How to get here :

Kalo kalian dari Jakarta atau kota lain, arahkan kendaraan kalian ke Bogor Kota. Dari bogor kota, kalian bisa memilih dua jalan, yaitu dari arah mall BTM-sindang barang, atau dari stasiun-gunung batu-pasirkuda-sindang barang. Aku lebih saranin leewat stasiun-gunung batu-pasir kuda-sindang barang. Memang lebih jauh si daripada lewat BTM, tapi relative lebih bebas hambatan hoho.

IMG_20151101_103241_1 (Custom)

Nah ini papan penunjuk jalannya hehe cuma ini dari arah pulang. Gak membantu ya hahahaha ^^v

Kalo naik angkot juga bisa, tapi kalian search aja ya gaes. Punten banget sinyalku jelek jadi gak bisa searching gugel. Masukin foto dari media ke sini aja penuh perjuangan :”

Tiket Masuk :

Sejujurnya aku gak tau tiket masuk disini berapa kalo perseorangan haha karena aku cuma nebeng rombongan *rejeki mahasiswa gak lulus-lulus* wkwkwk. Kalo rombongannya Tya, diwajibkan bayar 50 ribu/orang kalo gak salah si dengan fasilitas makan siang, cemilan, dan background untuk foto heheh. Tapi kalo kalian mau survey doang dan ngambil gambar sedikit, gratis gaes haha. Tapi inget, kalo kalian terlalu lama ngambil gambar, kalian harus bayar hehe. Aku sempet ditegur penjaga karena melakukan ‘mini photo competition’ dengan si mas, tapi kemudian aku jelasin ke penjaganya kalo aku ikut rombongan yang foto buku tahunan dan akhirnya petugas ngebolehin aku foto-foto sama si mas hehe.

Untuk lebih lengkap, kalian kepo aja gaes website kampung sindang barang atau sambangi langsung di :

Address: Jl. Endang Suma Wijaya RT02 RW08, Sindang Barang, Dukuh Menteng, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Jawa Barat 16631
Phone:0857-1909-3544

Life lesson :

Bogor itu pariwisatanya kaya. Sumpah deh. Aku geleng-geleng liat bogor yang bisa punya pariwisata beragam mulai dari situs megalitikum, kampong sindang barang, gunung salak endah, dan macem-macem. Sumpah gak paham kenapa bisa begini. Hanya saja, pemda kabupaten bogor kurang mengembagkan wisata di kabupaten bogor ini, as I mentioned in my older posts. Pemda terlalu focus sama daerah puncak which make some tourisms here are left a bit abandoned. Daerah ini contohnya.

IMG_20151101_085516 (Custom)

Tempat parkirnya kecil gaes

IMG_20151101_085914_HDR (Custom)

Selain tempat parkir yang tadi, bisa juga parkir disini tapi jalannya susah ;”” lebih aman di tempat parkir yang tadi

Kalo kalian kesini, aksesnya masih kurang bagus. Jauh sama puncak yang sudah di aspal dengan bagus. Lahan parkir kurang luas, papan penunjuk yang kurang terawat, dan yang paling krusial, promosi yang gak bagus. Sejujurnya ini yang aku sayangin banget banget. Gimana ya caranya bisa ngembangin wisata kabupaten Bogor? Maaf aku baru bisa kasih review di blog. Itupun ga lengkap 😦

Terakhir, mau bilang makasiii buat adikku yang sebentar lagi mau mengalami salah satu masa paling galau selama hidup, kelas 3 SMA semester 2 hehe. Semoga dimudahin Alloh ya Tyaa. semoga bisa jadi dokter kece kaya di Good Doctor haha luuv :* Oh iya, maaf ya gaes kalo fotonya backlight. Maklumin sahaja ya masih pake hape. Aku lupa minta yang di DSLR ^^v

IMG_20151101_092908 (Custom)

Aku di Kampung Budaya Sindang Barang 🙂

Updated : tya keterima di Fakultas Kedokteran Brawijayaa. Huaaaw proud of yoouu :*

 

 

2 thoughts on “Bermain ke “Negeri di Atas Tanah Pasundan (Kampung Budaya Sindang Barang)”

Tinggalkan Balasan

