Lawatan ke Situs Cibalai : Sejenak Melihat Peninggalan Nenek Moyang

Halo gaes! Apa kabar? Rindu padaku kah? Hehe kalau sudah rindu, aku sekarang muncul lagi πŸ˜€ Kali ini aku ingin membahas tentang Situs Cibalai Bogor. Situs Cibalai merupakan salah satu situs megalitikum di Indonesia yang terletak di kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor. Gak sebesar di kabupaten lahat sih atau gunugn padang, tapi menarik kok untuk dikepo hehe.


Situs cibalai β€˜hanya’ memiiki pemandangan keren untuk memenuhi hasrat photography dan hasrat ingin tahu kalian tentang zaman megalitikum. Β Bayangin, dimana lagi coba kamu bisa melihat menir dan dolmen dengan background hutan pinus dan kaki gunung salak. Hanya disini! *iyalah gunung salak cuma satuuu*

Oh aku mau sedikit mengenalkan sisi lain diriku haha. Kebetulan aku ini penggiat wisata purba gaes (?) Haha yaa aku pada dasarnya suka wisata yang purba-purba. Gak heran kan si mas ngajak ke ciaruteun aku semangat 45 banget. Aku memang suka wisata gitu. Tapi untuk ziarah-ziarah aku gak tertarik hehe. Aku hanya suka melihat bangunan-bangunan tua apalagi yang made from stone gitu. Gak keren yak? Hehe yaa most of people travel buat liat pantai gunung tapi aku malah batu-batu haha. But it’s my preference. I love seeing them πŸ˜€ Aku bahkan bergabung di grup facebook napak tilas gitu hehe. maaf seleraku berbeda ^^v

Info tambahan, Aku suka banget sama machu pichu, piramida-piramida di meksiko, cusco, stone hedge, teotihuacan dan kawan-kawan deh. I’m a huge fans of Aztec, Mayan, and Inca culture. Kalian kepoin aja pinterestku dan liat bucket list ku untuk wisata purba hahaha. Aku bahkan merencakan bulan madu di trowulan mojokerto! Melihat candi-candi kece disana apalagi candi jalatunda sambil mesra-mesra sama suami. Tapi sepertinya laki-laki manapun akan menolak ideku hahaha. Jadii yuk langsung saja kita intip penjelasanku tentang wisata purba ini sebelum aku menyerempet-nyerempet ke arah nikah-nikah haha.

P.s bukan penjelasan tapi lebih kearah galeri si gaes soalnya aku gak banyak berbincang dengan guide disana hehehe jadi gak banyak info yang ku dapat.

Aku kesana pas hari libur gaes. Biasa diculik si mas hehe. si mas ngajak jalan tapi gak ngasih tau mau kemana. Kukira mau makan di bukit air resto tapi taunya kesini haha. Jadi situs cibalai itu semacam komplek peninggalan zaman megalitikum, terletak di kaki gunung salak. Ada beberapa komplek disini. Aku hanya mendatangi 4 kompleks yaitu arcadomas, situs kebon kopi, jamii picing dan endong kasang. Aku gagal mendatangi yang lain karena udah sore. Padahal masih ada yang keren-keren. So liat aja ya langsung galerinya.

Pertama kali mendaratkan kaki, ini yang akan kalian lihat

Pertama kali mendaratkan kaki, ini yang akan kalian lihat

Dari dekat

Dari dekat

Batunya dari dekat

Batunya dari dekat

Kalian turun dulu menuju pintu masuk

Kalian turun dulu menuju pintu masuk

Setelah berjalan sebentar, kalian menemukan pintu masuk situs Cibalai

Pintu Masuk

Pintu Masuk

Parkit motor

Parkit motor

Tangga menuju ArcaDomas

Tangga menuju ArcaDomas

Setelah menaiki kira-kira 30 anak tangga, kita akan melihat ArcaDomas

ArcaDomas

ArcaDomas

Papan keterangan

Papan keterangan

Papan ArcaDomas

Papan ArcaDomas

Kita harus berjalan sedikit lagi untuk bisa dari dekat melihat ArcaDomas. Sebenarnya tidak ada arca disini. Tapi dinamakan Arcadomas. Hanya terdapat menhir disini (kata guide ku, Pak Doni)

Di tempat itu, biasanya ad aguide dan ornag-orang yang berkunjung melepas lelah

Di tempat itu, biasanya ad aguide dan ornag-orang yang berkunjung melepas lelah

Nah setelah masuk ke dalam, ini yang kalian lihat di ArcaDomas

Bangunan utama, menhir kalo gak salah

Bangunan utama, menhir kalo gak salah

Area dalam pagar

Area dalam pagar

Dari atas, ini pemandangan di bawah

Dari atas, ini pemandangan di bawah

Another side

Another side

Menhir-menhir lain

Menhir-menhir lain

Fotoko di visitbogor

Fotoko di visitbogor

:p

:p

Setelah puas di ArcaDomas, aku dan si mas beranjak untuk ke situs lain. Situs kedua yang kita datengin adalah Kebon Kopi. Kecil sih situsnya

Situs kebon kopi

Situs kebon kopi

Nah ini dolmen kayanya wkwkwk

Nah ini dolmen kayanya wkwkwk

Area Situs Kebon Kopi

Area Situs Kebon Kopi

Ini lebih acak si. Gak serapi situs ArcaDomas

Ini lebih acak si. Gak serapi situs ArcaDomas

Last thing :D

Last thing πŸ˜€

Disini banyak nyamuk hutan. Jadi kalo kalian mau kesini, bawa lotion antinyamuk yak gaes. Biar makin khidmat kangen sama peninggalan nenek moyangnya :p

Oke setelah dari situs kebon kopi kita langsung ke jamii picing. Langsung saja di cek galerinya. Dari situs kebon kopi kita harus berjalan kurang lebih 500 m.

Jalan menuju Jamii picing lewat semak belukar gitu. Seruu

Jalan menuju Jamii picing lewat semak belukar gitu. Seruu

Si mas

Si mas

Papan Keterangan

Papan Keterangan. Sudah tidak ada keterangannya. Termakan usia 😦

Situs Jamii Picing

Situs Jamii Picing

Kalo baru nyampe ini pemandangannya

Kalo baru nyampe ini pemandangannya

The biggest stone there

The biggest stone there

Semacam tempat pemujaan

Semacam tempat pemujaan

Pemakaman di luar area situs. Kemungkinan warga suka dateng kesini untuk minta doa. Tapi ini bukan peninggalan megalitik kayanya.

Pemakaman di luar area situs. Kemungkinan warga suka dateng kesini untuk minta doa. Tapi ini bukan peninggalan megalitik kayanya.

Aku dari jauuh

Aku dari jauuh

Kalo jaman sekarang semacam red karpet kali yak

Kalo jaman sekarang semacam red karpet kali yak

Menhir di area situs

Menhir di area situs

Sok artistik tapi gagal. Sumpah ini gak jelas banget captionnya

Sok artistik tapi gagal. *Sumpah ini gak jelas banget captionnya*

Setelah dari sini kita balik. Sebelum balik kita pamit ke pak doni, 1/2 guide kita untuk kasih sedikit uang hehe dan foto-foto.

Aku dan pak dani/doni hahaha

Aku dan pak dani/doni hahaha

Si mas dengan pak dani/doni

Si mas dengan pak dani/doni

Aku dan si mas. Bagus gak buat foto di nikahan? Haha

Aku dan si mas. Bagus gak buat foto di nikahan? Haha

Aku sok mau kaya folkindonesia hhehe

Aku sok mau kaya folkindonesia hhehe

Terakhir, biar kalian makin mupeng :)

Terakhir, biar kalian makin mupeng πŸ™‚

Setelah dari sini, kita mampir ke situs endong kasang. Endong kasang letaknya berbeda dari area situs cibalai. Ini ada di perumahan warga. Bener-bener eprumahan warga. Jadi kalo kalian dari gang masuk yang di pinggir jalan, ada papan penunjuk situs endong kasang. kecil deh warna merah (maapkeun gak difoto. keburu ujan gede)

Masuk perumahan warga

Masuk perumahan warga

Bener-bener haha. Sempet nyasar juga sih aku. Tapi intinya jalannya begini

Bener-bener haha. Sempet nyasar juga sih aku. Tapi intinya jalannya begini

Situs endong kasang! hehe maaf jelek. Buru-buru soalnya

Situs endong kasang! hehe maaf jelek. Buru-buru soalnya

Papan penunjuk sekaligus endong kasang

Papan penunjuk sekaligus endong kasang

Sehabis liat endong kasang, hujan datang menerjang. Yaa terpaksa pulang hujan-hujanan dengan si Axi, jas hujan aku dan si mas. but it was fun! Kalo aja aku udah sidang mungkin ini akan lebih seru hehehe. Btw, si mas udah sidang. Alhamdulillah. Aku gak kasih yang spesial buat si mas soalnya si mas mau ultah hahaha dirapel aja. Kalian kesini yaak. Biar makin dieprhatiin pemerintah situsnya. Yaa jadi saingan gunung padang :p *damai yak cianjur people*

How to get here :
Intinya kalian arahkan kendaraan kalian ke curug luhur. Dari curug luhur gak jauh ko gaes. Paling 50 meter kalian menemukan papan penunjuknya. Maaf gaes aku gak motion papan penunjuk jalannya :(. Keburu diterjang hujan badai. Intinya dari jalan besar, ada penunjuk jalan. Kalo kalian ambil arah dari Tenjolaya, papan penunjuk jalan ada di sebelah kanan dan sebelum curug luhur. Sebaliknya, kalo dari Ciomas atau Ciapus, papan penunjuk jalan ada di sebelah krii dan setelah curug luhur.

Pemandangan dari gang masuk

Pemandangan dari gang masuk

Pemandangan lain

Pemandangan lain

Jalannya segede gini, sebelum jalan kecilnya

Jalannya segede gini, sebelum jalan kecilnya

Sebaiknya kalian naik motor gaes karena kalo naik mobil kalian harus berjalan melalui jalan sempit gitu untuk benar-benar sampai ke pintu masuk situs cibalai. Jadi setelah papan penunjuk jalan, kalian akan melalui jalan cukup untuk dua mobil, lalu mobil harus parkir di rumah warga dan perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki untuk benar-benar sampai di gapura situs cibalai. Lebih baik kalian naik motor sih hehehe. Kaya akuu

Naah ini wajib pake motoor

Naah ini wajib pake motoor

jalan kaya gininya sekitar 2 km. Lumayan kan

jalan kaya gininya sekitar 2 km. Lumayan kan

That's why aku suka banget sama yellow :)

That’s why aku suka banget sama yellow πŸ™‚

Tiket:
Gak ada tiket masuk resmi disini, kalian hanya perlu memberikan uang ala kadarnya di kotak jariyah gitu. Yaa untuk tambahan penjaga disini. Kalian beri uang ala kadarnya aja untuk guide-nya. Waktu itu aku kasih uang 20 ribu karena guidenya hanya nemenin di arcadomas sebentar. Gak nganterin ke situs yang jauh-jauh hehe.
Life Lesson :
Belum banyak orang yang mengetahui situs cibalai karena letaknya memang sedikit terpencil. Seperti wisata purba lain, tidak banyak yang ‘kesenangan’ yang bisa didapatkan. Untuk beberapa orang, hal ini tidak menyenangkan. Maka dari itu wisata ini tidak sengetop wisata curug atau puncak di Bogor. Situs Cibalai juga tidak sebesar Gunung Padang. Tapi, ini worth kok untuk didatangin.

Disini memang sedikit ‘erat’ dengan wisata magis sih soalnya aku liat beberapa bekas bunga di dekat situs jamii picing. Tapi gapapa ko kalo kalian hanya liat-liat dan foto-foto kaya aku hehe.

Aku berharap wisata ini lebih ngetop si. Yaa meskipun ini bisa berakibat tindakan vandalisme dari beberapa orang kaya gambar di bawah. Tapi kalo lebih ngetop pemerintah jadi makin pay atttention dan wisata ini bisa berkembang. Aku harap kaya gitu hehe

Sayang banget sama tindakan kaya gini

Sayang banget sama tindakan kaya gini

Semoga bisa makin ngetop ya situs cibalai. Semakin berkembang dan yaa aku harap bisa jadi potential megalitikum tourism in Indonesia. Kontroversi si keputusan ‘mengetopkan’ tempat wisata kaya gini. Tapi tetep aku berharap orang indonesia menjaga kebersihan dan menjaga tangan’nya’ untuk gak gatel corat coret hehe. Cinta atau nama kalian gak akan abadi kalo dicoret-coret. Haha

Oh iya maaf gak banyak keterangan. Aku memang gak berbincang banget soalnya udah sore dan ada mantan bupati bogor yang dateng jadi pak dani/doni si 1/2 guide ku sibuk. Oh iya fotoku masuk visitbogor lhoo :p #norak #abaikanaja

Jejak-ku disini :) I wanna become a bogor explorer hehe

Jejak-ku disini πŸ™‚ I wanna become a bogor explorer heheΒ 

Iklan

3 thoughts on “Lawatan ke Situs Cibalai : Sejenak Melihat Peninggalan Nenek Moyang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s