#Indah’sOneDayTrip : Menyambangi Kantor J.P Coen dan Sekitarnya

[Travel Report] Halo Gaes! Selamat hari jumat :D. Sudah merencanakan weekend ini mau kemana? Kalau belum, aku akan memberikan ulasan sedikit tentang lawatanku ke kantor J.P Coen di Kota Tua beberapa minggu lalu. Siapa tau bisa menambah referensi kalian.Β Selamat membaca πŸ™‚

Kalo kalian bingung kantor J.P Coen itu dimana, kantor J.P Coen itu di museum Fatahillah, kawasan Kota Tua Jakarta Barat. Tidak seperti perjalanan one day tripku biasanya, kali ini one day trip-ku kulakukan dengan TINFORMERS, nama angkatan-ku. Oh iya ya aku belum officially memperkenalkan diriku haha yaa intinya aku bergabung di TINFORMERS. Kalo kalian penasaran dengan apa itu TINFORMERS, mungkin aku akan membahasnya special haha. Sekarang kita skip dulu ya bagian itu.

Perjalanan ke Kota Tua kulakukan tanggal 8 Oktober menggunakan Commuter Line Bogor-Jakarta Kota dengan sebelumnya naik angkot Kampus Dalam lalu lanjut 03 dari kampusku menuju stasiun. Kita sampai di Jakarta Kota sekitar pukul 12 kurang dan langsung solat zuhur di masjid BNI. Setelah solat, kita langsung menuju Kota Tua.

Kota Tua saat siang di hari Kami situ….Sepi deh. Kita bisa bebas untuk foto-foto dan eksplor. Sebelum lawatan ke kantor J.P Coen, pertama-tama kita ke museum keramik. Museum ini berisi barang-barang seni seperti lukisan, porselin, dan patung dari tanah liat. Langsung dilihat aja yuk barang-barang seni yang aku suka haha

Welcome to fine art and ceramic museum

Welcome to fine art and ceramic museum

Ini beberapa anggota Tinformersku yang ikut. Photo Credit : @imamalitu

Ini beberapa anggota Tinformersku yang ikut. Photo Credit : @imamalitu

Inside the lobby

Inside the lobby

IMG_20151001_132053 (Custom)

Painting aisle

Painting aisle

Favorite ceramic

Favorite ceramic

Jakarta ceramic

Jakarta ceramic

Another Jakarta ceramic

Another Jakarta ceramic

Favorit cat!

Favorit painting

Mask :D

Mask πŸ˜€

Those Vases

Those Vases

Asal mula dispenser

Asal mula dispenser

I don't like frog. But this one is exception. Kaakooi

I don’t like pig. But this one is exception. Kaakooi

Gak pernah suka keramik, tapi yang ini...Aku sukaa :D

Gak pernah suka keramik, tapi yang ini…Aku sukaa πŸ˜€

Old people

Old people

so complicated

so complicated

Favorite art!

Favorite art!

Di museum ini aku jadi mikir, mengapa barang seni mahal yak…Aku melihat barang-barang ini dengan takjub tapi aku sampe gak paham kalo harganya jadi mahal banget hahaha -__-” But it was fun. Aku seneng liat hal-hal baru. Sebenernya aku udah pernah kesini, tapi sekarang aku mengunjungi dengan kondisi yang berbeda. Jadi aku melihat dengan kacamata yang berbeda *ceileh* Aku juga melihat banyak sisa-sisa keramik dari kapal karam…tapi gak aku foto. Habisnya lighting-nya jelek *nuduh sesuka hati*. Semoga bisa ke museum lainnyaa πŸ™‚

Setelah itu aku dan temen-temen memutuskan untuk makan dulu. Kita makan di food-courtnya kota tua. Aku memilih untuk makan lele : 15 ribu dan aqua botol : 5 ribu. Tips : jangan lupa tanya dulu harganya berapa seporsi. Takut kena ‘tembak’ oke!Β Rasanya lumayan sih hehe aku makan di tempat paling ujung dari museum fatahillah ahaha

food courtnya

food courtnya. Maaf gambar jelek

Setelah makan, lanjut aku dan gengs ke museum Fatahillah. Naaah ini dia sodara-sodara kantor J.P Coen hehe. Di sini terdapat beberapa peninggalan-peninggalan kuno. Kurang paham sih ini dari abad kapan. Sebelum masuk ke museum kita harus lepas sepatu kita dan diganti dengan sandal dari pengelola museum. Langsung cek aja ya gaes πŸ˜€

Ini dia museum Fatahillah :D

Ini dia museum Fatahillah πŸ˜€ In frame : cowo-cowo tinformers

Closer

Closer

My kind of new style

My kind of new style

Lobi museum Fatahillah. In frame : my hanumce

Lobi museum Fatahillah. In frame: my hanumce

Ini dia J.P Coen :) dan Hanum

Ini dia J.P Coen πŸ™‚ dan Hanum

Maket gereja

Maket gereja

Setelah foto-foto di lantai 1, kita menuju lantai 2. Lantai 2 isinya banyak barang tua gitu. Kepow langsung

Lantai 2 Fatahillah

Lantai 2 Fatahillah

Dari kamera imam. Keren

Dari kamera imam. Keren

Vintage

Vintage

Lemari besar

Lemari besar

Bangku

Bangku

Gak tau ini foto siapa. Tapi bagus. Berasa di europe gitu :3

Gak tau ini foto siapa. Tapi bagus. Berasa di europe gitu :3

Jendela utama. In frame : gadis tercantik se-TIN haha

Jendela utama. In frame : gadis tercantik se-TIN haha

Turun dari lantai 2, kita langsung mengunjungi salah satu tempat uji nyali di Jakarta, penjara bawah tanah museum Fatahillah. langsung di cek ya

Bayangin dalam ruangan segini ada 30 orang wnaita. Huhu sedih

Bayangin dalam ruangan segini ada 30 orang wanita. Huhu sedih

Kaki mereka diberi beban ginian

Kaki mereka diberi beban ginian

Alhamdulillah i dont live like this :''

Alhamdulillah i dont live like this :”

Abis dari penjara, aku dan gengs memutuskan untuk solat. Mushala di Fatahillah bagus, sayang wudhu untuk cewe gak kepisah. Halaman belakang Fatahilah juga oke banget. Aaak cocok buat outwed :3

Halaman belakang Fatahillah. Cocok buat outdoor wedding :*

Halaman belakang Fatahillah. Cocok buat outdoor wedding :*

Hermes artinya dewa perdagangan

Hermes artinya dewa perdagangan

Nah selesai solat, kita diterpa badai kegalauan mau kemana. Akhirnya aku iseng browsing wisata do Kota tua dan nemu fakta kalo ternyata kta tua gak melulu soal kantor J.P Coen dan area sekitarnya, melainkan ada hidden tourism lain yaitu museum Bahari, menara Syahbandar, Jembatan Intan dan pelabuhan Sunda Kelapa. Sayang waktu itu kesorean jadinya cuma bisa ke Jembatan Intan dan menara Syahbandar. Insyaalloh aku ingin mengunjungi sisanya dengan si mas *ngedipin si mas*. Ini dia jembatan Kota Intan dan Menara Syahbandar

Sebelum memutuskan untuk eksplor lebih lanjut, aku dan hanum muter" Kota Tua. Di kota Tua banyak street art gitu dan ini yang paling menarik hehe

Sebelum memutuskan untuk eksplor lebih lanjut, aku dan hanum muter” Kota Tua. Di kota Tua banyak street art gitu dan ini yang paling menarik hehe

Jembatan Kota Intan

Jembatan Kota Intan

Gengs : credit to imam

Gengs : credit to imam

fotografer utama in frame

fotografer utama in frame

Setelah dari Jembatan Kota Intan, kita menuju menara Syahbandar

Menara Syahbandar

Menara Syahbandar

Closer

Closer

Untuk naik ke tempat ini kita diharuskan membayar 5 ribu/orang. Yaa karena sudah sampai sini, kita bayar deh hehe. Yuk lihat atasnya

Ini tangga atasnya

Ini tangga menuju atas menara

Pemandangan di atas

Pemandangan di atas

Sunda Kelapa dari jauh

Sunda Kelapa dari jauh

Kemacetan Jakarta

Kemacetan Jakarta

Setelah dari menara Syahbandar, kita pulang. Mampir di kota tua malem-malem, kita foto-foto sebentar. Here they are :

Fatahillah at night

Fatahillah at night

Cafe Batavia, hanya bisa memotret, tak bisa bersantap wkwkw

Cafe Batavia, hanya bisa memotret, tak bisa bersantap wkwkw

Stasiun Bogor. Sampai jam 9!

Stasiun Bogor. Sampai jam 9! In frame ; aji dan imam

How to get here :
Intinya kalo mau kesini kalian bisa naik Commuter Line dan turun di stasiun Kota atau Busway jurusan Blok M-Kota. Terus jalan dari stasiun kota. Intinya siapin kaki aja untuk jalan. Jaraknya gak jauh-jauh banget ko. Kalo untuk naik angkot, aku ga tau hehe. Ini peta-nya

Dari blog orang

Dari blog orang

Ini dia stasiunnya

Ini dia stasiunnya

Tiket :
Harga tiket masuk museum keramik 5.000/orang (karena punya KTM jadi 2.000)
Harga tiket masuk museum Fatahillah 5.000/orang (karena punya KTM jadi 2.000)
Bayar uang kebersihan di jembatan kota intan 5.000
Bayar tiket masuk menara Syahbandar 5.000/orang

Life Lesson :
Di sini hidup susah. Keras. Aku melihat banyak orang yang hidupnya desperate. Banyak yang minta-minta dengan pemaksaan. Aku takuut hahaha. Alhamdulillah aku ramean kesininya. Aku berhrap ketertiban disini lebih keras lagi. Aku juga sesalkan banyak anjing liar. Jujur aku geli -_-” Dalam islam anjing itu najis besar dan aku takut sama anjing. Kuharap anjing ini segera dibersihkan.

Daerah Kota dan Jakarta Utara itu memang gak cocok buat aku. Haha aku melihat realita hidup yang beraat 😦 Orang desperate, marah-marah, galak… Huhuhu aku harap mereka lebih ramah. Udah gitu yang bikin kesel ya di deket menara Syahbandar kotor banget 😦 Padahal ini deket epat wisata. AKu takut kondisi-kondisi kaya gini yang memengaruhi pariwisata di Indonesia.

Ini tumpukan sampah di kali dekat menara Syahbandar. Kuharap Ahok sebagi gubernur bisa mengambil tindakan supaya kali-nya lebih bersih dan orang lebih betah mengunjungi kota tua.

Ini tumpukan sampah di kali dekat menara Syahbandar. Kuharap Ahok sebagi gubernur bisa mengambil tindakan supaya kali-nya lebih bersih dan orang lebih betah mengunjungi kota tua.

Terakhir, ini ada ekstra foto haha. Aku jarang mempos wajahku di instagram, jadi di blog ini aku ekspose wajahku wkwkwkwk. Maaf kalo pipiku memenuhi kamera πŸ˜€

Aku dan hanum

Aku dan hanum

Aku courtesy imam.

Aku courtesy imam.

Terakhir mau bilang makasi ya imam buat foto-fotonyaaa :d

Tinggalkan Balasan

