Agan dan Sissy, Cek Ini dulu yuk sebelum Online Shop :3 [Part 1]

Halooo!!! Apa kaabaar? Hiaaa really really loong time no post. it’s kind of an urge for me to post something tonight. this post, honestly, was already in my draft since 3 months ago. Such a trusted procrastinator aren’t i? hahah so let me finish this post and give you such an entertainment tonight πŸ˜€ Lumayan lah temen makan malem/kolak malem ini hihi

P.S sejujurnya aku sudah berniat menyelesaikannya dari 3 juli kemarin. Setelah 24 hari baru bisa ke pos. Paraah haha

Sebagai penutup basa basi,Β pos ini hasil kolaborasi aku dengan si mas, salah satu pengamat ahli belanja onlen di salah satu institusi pertanian negeri di daerah Bogor. Kalo mau belanja onlen, si mas ini emang ahli banget. That’s why aku buat pos ini. Aku mau kita belajar dari dia supaya kita gak kapok belanja onlen πŸ˜€

Online Shop. Ayo ngacung siapa yang belum pernah online shop! Rata-rata semua orang udah pernah belanja online shop. Tapi sering kan ya kita (termasuk aku kok) ngerasa kecewa karena toko online either karena ketipu, ukuran kekecilan, kualitas jelek, atau hal yang gak nyenengin lainnya. Nah untuk menanggulangi itu, aku dan si mas berkolaborasi untuk buat pos ini supaya kalian gak kecewa lagi saat online shop. Yuk di cek!

1. Sebelum belanja online sebaiknya kita harus tau tipe-tipe online shop. Tipe-tipe online shop itu :

-Market Place : Kumpulan dari berbagai seller besar. Beberapa market place di Indonesia itu Lazada, Elevenia, Rakuten, BliBli, dan Blanja.com.

Th biggest market place for fashion

The biggest fashion market place in Indonesia

The largest market place in Indonesia

The largest market place in Indonesia

User to User Place : Mirip seperti market place hanya saja penjualnya itu pedagang biasa. Gak sebesar di market place. Contohnya bukalapak dan tokopedia

Favoritnya si mas

Favoritnya si mas

Forum : Kaya di Indowebster dan Kaskus. Jualan lewat forum gitu. Belanja lewat sini biasanya paling seru kata si mas. Selain kia bisa dapetin rekomendasi barang yang ok, kita bisa dapet info tentang toko dengan harga diskon. Bisanya toko yang ngetop dari kaskus, punya kualitas yang gak main-main. Sebut aja pulcer, get daily gear. Si mas punya banyak nama toko yang kece di kaskus dan sekarang merambah dengan merk brand sendiri. Pokoknya kece lah!

Tau brand kaya pulcer bag, terus get daily gear? Nah mereka awalnya jualan di forum.

Tau brand kaya pulcer bag, terus get daily gear? Nah mereka awalnya jualan di forum.

Social Media : Biasanya menggunakan pesbuk, instagram. Barang-barang yang biasa dijual itu lebih ke arah fashion karena kebanyakan orang yang menggunakan socmed itu wanita. Biasanya juga yang jual di socmed, punya web sendiri. Mereka menggunakan instagram/efbe hanya sekedar media promosi. Jualan utama mereka berbasis web.

Aku favorit belanja disini :D

Aku favorit belanja disini πŸ˜€

Aku jjaraang banegt belanja lewat efbe. Hanya sekali kayanya

Aku jjaraang banegt belanja lewat efbe. Hanya sekali kayanya

-Web basis : jualannya lewat web. mereka punya web sendiri. Mirip marketplace tapi cuma satu pedagang aja. Contohnya Flashy Shop, BukuKita, BukaBuku. Intinya satu pedagang, yang pemesanan wajib lewat web, tidak ada interaksi pemesanan secara pribadi. Mirip Marketplace gitu hohho

2. Tips aman bertransaksi yang paling penting :Β Liat rating seller dan barang. Kalo di Kaskus, gunakan rekber!

Ok kita masuk ke inti pos.

Bagaimana belanja online yang aman?

Menurut saya, kalo kalian belanja di marketplace kaya lazada dan zalora, insyaalloh itu aman. Banget. Mesen apapun insyaalloh aman. Si mas udah lebih dari 20 kali mesen hape di lazadut dan Alhamdulillah aman-aman aja. Yang web basis juga ko. Aku belanja di Flashy shop aman. Pastikan web basis itu meyakinkan webnya. Dan punya akun socmed. Itu lebih aman. Kalo webnya aneh/jelek desainnya terus gak ada kontak dan gak ada akun socmed, lebih baik ditinggalin aja.

Liat desain web-nya. Ketauan ko desain yang abal-abal dan serius jualan/bukan penipu. Pastikan detailnya ya

Liat desain web-nya. Ketauan ko desain yang abal-abal dan serius jualan/bukan penipu. Pastikan detailnya ya. Flashy shop udah terjamin trusted πŸ˜€

Kalo kalian bertransaksi online di user to user atau forum, biasakan untuk liat rating dan review pedagang itu. Hindarin pedagang yang udah lama gak aktif. Biasakan membaca review ya guys! Liat tingkat kepuasaan konsumen dan keluhan konsumen terhadap pedagang itu. Untuk buka lapak, mereka menyediakan mekanisme semacam rekber. Jadi kalo konsumen udah nyampe barangnya, baru uang yang ditransfer disampaikan ke penjual. Gitu. Aman dan trusted ko :)) Intinya baca review pedagang. Kalo di tokopedia, liat sudah berapa lama toko tidak aktif juga yak.

Nih contoh review. Ini akun si mas. Si mas dagang di Bukalapak juga haha

Nih contoh review. Ini akun si mas. Si mas dagang di Bukalapak juga haha

3. Β JANGAN PERNAH MELIHAT HARGA SEBELUM DICORET. JANGAN PERNAH MELIHAT BESARNYA DISKON. LIHAT HARGA TERAKHIR YANG DITAWARKAN OL SHOP

Sebelum si mas mulai tentang tips dan trik belanja onlen ini, si mas udah langsung nekenin jangan liat harga diskon. Dia bilang,

Most of them are manipulated. Don’t trust. Itu cuma taktik pedagang. Hahaha si mas emang ekstrim buat masalah ini.

Si mas suka ‘gemes’ sama orang yang kemakan diskon. Liat harga langsung jauh lebih wise menurut si mas. Si mas emang gak pernah kemakan diskon. Dia care sama harga terakhir dan potongan harga. Nah potongan harga akan ada di bab selanjutnya.

Trust me, ini bohong hahaha

Trust me,Β liat harg terakhir jauh lebih wise haha

4.Β Gunakan voucher bila ingin bertransaksi

Si mas paling seneng kalo belanja pake voucher. Biasanya voucher yang dikasi untuk minimum purchase. Ada juga yang free tanpa minimum purchase. Si mas kalo dapet voucher bisa sampe banyak banget -_- Untuk urusan voucher ini, si mas ahlinya. Si mas paling hobi untuk belanja pake voucher.

Contoh voucher diskon. Ini lagi jadi favoritku sama si mas :D

Contoh voucher diskon. Ini lagi jadi favoritku sama si mas πŸ˜€

5. Ukur badan kalau ingin belanja online!

Judul di atas maknanya denotatif yak haha. Ukur badan maksudnya kalian mengukur badan. Hahaha yang paling penting nih ya kalian ukur :

-Lingkar Dada untuk Wanita
-Panjang badan kalian. Terutama untuk yang berjilbab. Jangan gunakan baju yang terlalu pendek. Nanti kalian ‘sedekah’
-Lingkar pinggang dan pinggul
-Panjang kaki

Jadi yang bilang size doesnt matter itu salah. Kalo belanja online size does matter :p ! Karena di online shop dijelaskan biasanya minimal lingkar dada dan panjang untuk baju, lingkar pinggang dan panjang untuk celana maupun rok. Daripada kalian merasa ketipu, ukur dulu yah badannya!

Ini wajib dimiliki yang mau online shop

Ini wajib dimiliki yang mau online shop

6. Tahu jenis-jenis bahan ya!

Nah ini penting nih! Kita harus tau jenis bahan yan digunakan. Hal ini penting untuk orang yang gampang gerah. Kenapa? karena jenis bahan seabrek dan kalo salah milih pasti bakalan kegerahaan. Bener-bener seabrek. Kalo baju ada bahan : katun, twistcone, cerutti, wedges, rayon, macem-macem deh. Celana juga banyak bahannya. Kalian harus cermat dalam pemilihan bahan ini. Untuk bahan, kalian harus observasi sendiri. Kalo aku membedakan bahan dari coba-coba belanja ol shop. Kalian bisa ko iseng ke tukang jahit. Kalo dijelaskan dari internet itu membingungkan. Mending langsung tanya heheheu. Oh iya, ada additional info, bahan yang lagi aku incer sekarang itu linen kaya model Muji yang mahal itu hagshags.

Sedikit review dari aku : Bahan cerutti agak panas, ceruttti tapi lebih tebel dari shiffon. Katun enak. Dia nyaman tapi kurang ormal, menurut aku. Twistcone agak gerah tapi gak transparan dan ga segerah cerutti. Tapi cerutti punya kesan mewah dan formal. Thats why aku suka. Kebetulan aku bukan orang yang boros keringet. Aku jarang gerah dan keringetan jadi pake cerutti enak hahaha

Pesan penulis : Untuk orang yang gak bisa tolerate dengan bahan, alias gampang kecewa dan gak nyaman dengan bahan yang kualitas ‘aneh’, online shop bukan pilihan bijak. Bahan ini soalnya banyak banget jenisnya dan beda-beda. Kalo kalian gerahan juga orangnya, mending belanja langsung. Untuk yang badannya gak sensitif kaya aku, online shop adalah sahabat sejati πŸ˜€

Untuk tas, jujur aku belum pernah beli online. Aku review kalo udah pernah πŸ˜€

7. Lihat ongkir

Ini yang harus jadi perhatian. Lihat ongkir! Pastikan toko itu ngirimin barang gak jauh dari tempat kalian. Kalian bisa liat tari di JNE atau jasa pengantaran barang yang digunakan. Untuk marketplace, mereka bisanya punya jasa pegiriman sendiri seperti lazada dengan LEX, zalora dengan ZDX hehehe Daaan asiknya dari marketplace kaya zalora dan lazada atau user to user kaya bukalapak, mereka suka ngasih free ongkir dengan minimum purchase!! Asik banget. That’s why aku sahabatan sama zalora dan lazada :))

Intinya pastikan ongkirnya murah. Kalian harus cermat ya memilih toko. Kalo di instagram, tanya langsung dia ngirim dari mana. Pilih toko dengan askses terdekat ya. Kalo udah kalian cari-cari dan gak ada, yasudah pilih itu. Intinya cek dulu ongkirnya, cari toko yang lebih dekat kalo ada. Lumayan kan guys kalo bisa hemat.

Tarif JNE. Toko di Instagram biasanya menggunakan JNE. Kalian cek ongkir dulu ya sebelum beli. Jangan tanya ownernya. Mending cek langsung.

Tarif JNE. Toko di Instagram biasanya menggunakan JNE. Kalian cek ongkir dulu ya sebelum beli. Jangan tanya ownernya. Mending cek langsung.

Penutup :

Untuk sebagian orang, belanja online high risk dan banyak ngecewainnya. Mending belanja langsung. Kalo aku nyikapinnya dengan teliti masalah kualitas produk, belanja di tempat yang udah trusted, dan sabar. Poin terakhir aku kasih di pos keempat heheheu. Sabar yak!

Sejujurnya aku itu pecinta online shop. Kenapa aku insist belanja online? Karena aku home junkie (ayah ibuku udah tua dan aku gak mau ninggalin mereka di rumah), macet (aku gak mau berkontribusi untuk pembuangan BBM secara percuma saat macet terjadi), banyak pilihan, seru dan full of surprised (karena aku gak liat barang secara langsung), dan ya gak harus ngantri di kasir alias cepet. Apalagi kalo pake e-banking. Cuma sayang si mas gak izinin aku pake e-banking. Dia takut aku kalap -____- hahaha bener sih.

Sebenernya pos ini masih ada beberapa partnya. Kalo nunggu kapan terbit, beuh gak tau. Tapi intinya aku akan ngasih ke kalian :
1) Online shop rekomended (part 2)
2) Tips belanja online for cheapest price and best quality (part 3)
3) Etika belanja online untuk owner dan konsumen (part 4)

Sumber gambar :
-)Β https://aan0sgz.files.wordpress.com/2011/07/meteran.jpg
-)Β http://benitoramio-nugroho.blogspot.com/2012/11/zalora-online-shop-yang-lengkap-aman.html
-)http://www.moewius.de/fileadmin/public/img/header-onlineshop.jpg

Tinggalkan Balasan

