Pencarian Pangan di Sekitar Kampus IPB Dramaga

Halo man teman! Selamat Pagi! Mulai sekarang aku mau jadi morning person. Latian jadi istri orang. Aku harap pos ku akan [selalu] muncul di media sosial kalian ketika matahari masih malu-malu buat ‘memanasi’ hari kalian ๐Ÿ˜€

So are you ready for the first one? Keep reading ya!

Bicara tentang makanan, aku itu dapat diklasifikasikan orang yang amat sangat picky eater. Kebiasaanku ini membawa sedikit malapetaka ketika aku memutuskan merantau 65 km dari rumah. Makanan di sekitar institusi pertanian ini bisa dikatakan “jauh” dari masakan ibuku. Kebanyakan yang aku rasain itu makanan disini rasanya kurang pas dan kurang terjaga kualitas bahan bakunya #belagubanget. Udah gitu tempatnyaaa kotor -___- Aku paling gak bisa makan di tempat yang kurang bersih hahaha #belagubangetnianak. Alhamdulillah ada beberapa tempat yang ย bisa aku dan si mas sambangi kalo kita udah kelaparan. Mereka kita sambangi karena rasa lumayan dan harga bersahabat. Selain itu, mereka menyediakan tempat makan yang bersih. So here are they!

1. Oemah Sambal Bara 3
Tempat makan ini adalah tempat makan favorit aku sama si mas. Aku suka banget kesini. Kenapa? Karena pertama, tempat makannya bersih. Kedua, rasanya lumayan. Ketiga, sambelnya enak. Keempat, bahan bakunya terjaga. Jadilah aku dan si mas dari tingkat 1 sampe tingkat akhir memilih ini jadi alternatif utama kalo udah bicara tentang tempat makan. Makanan yang dijual disini ya standar makanan IPB. Ayam+ikan yang digoreng/dibakar, sayur-sayur tumis, dan ayam yang dibumbuin dengan cabe-cabean haha. Yang spesial, disini dijual beberapa sambel khas indonesia kaya dabu-dabu dan matah bali. Harga disini standar sih. Untuk lauk sekitar 10-15 ribuan dan nasi 3000 kalo gak salah.

Ikan bakar dan ayam cabe merah

Ikan bakar dan ayam cabe merah

dari ataas

dari ataas

Kangkung terenak seantero Dramaga

Kangkung terenak seantero Dramaga

2. Ayam Lombok Ijo Pangkot (Depan Warkop HS)
Tempat makan ini kita jadiin alternatif untuk makan sejak semester 5. Sejak si mas dan sohib-sohibnya mencoba makan disini. Sesuai namanya, yang dijual disini ayam dengan sambel lombok ijo. Disini juga dijual Soto Semarang favorit aku. Yang spesial disini adalah ayam yang disajiin itu tulang lunak atau ayam presto. Berhubung ayam makanan favoritku, aku merasa tempat makan ini sejenis surga kecil karena aku bisa menghabiskan ayam hingga ke tulangnya :D. Si mas juga suka banget makan ayam disini karena si mas itu orang yang hobi makan leftover-an. Untuk harga, seporsi ayam lombok ijo 13/14 ribu kalo gak salah. Soto semarang 8 ribu campur. Pisah 9 ribu kayanya

Ini penampakan ayamnya

Ini penampakan ayamnya. Sayang gak ada penampakan sotonya

4. Ibu/Bu Bejo Baliho
Siapa yang ngefans sama sambel? Kalo kalian pecinta sambel, kalian dari penjuru kampus manapun harus mampir kesini. Ke bu bejo! Sambel disini juara umum menurut aku dibanding semua sambel yang pernah aku coba! Rasanya nampol banget. Sangat nampol. Aku akuin, sambel ibuku kalah telak kalo dibandingin sambel disini. Sambel bu bejo itu pedes tapi enak banget. Untuk makanan, menurutku biasa aja. Ayam goreng/bakar, lele goreng/bakar dan tahu tempe yang disediain disini ya biasa aja. Cuma sambelnya emang enak banget. Aku dan si mas mau banget beli paten sambel disini dan buka cabang di jakarta. Oh iya, kalo aku dan si mas udah gak ada ide buat makan apa, bu bejo bakal jadi alternatif ampuh untuk kita bertahan hidup dari kelaparan malam #preet. Buat harga, ayam+nasi 14 ribu. Standar lah ya.

Aku dan si mas paling suka sama ayam goreng disini. Rasanya paling pas buat dijadiin jodoh si sambel

Aku dan si mas paling suka sama ayam goreng disini. Rasanya paling pas buat dijadiin jodoh si sambel

Lihat sambelnya kan? Liat juga kan betapa banyaknya akrilamida di gorengan itu? Huakakakakaka

Lihat sambelnya kan? Liat juga kan betapa banyaknya akrilamida di gorengan itu? Huakakakakaka

5. Rumah Makan di Perwira
Jujur aku gak tau nama persisnya. Yang jelas rumah makan ini menyediakan alternatif makanan buat aku kalo mager. Ada di perwira tepatnya di depan pangkalan ojek perwira. That’s why aku suka banget sama tempat makan ini karena deket sama kosanku. Makanan favoritku ayam goreng. Ayam goreng disini lebih enak dari di bu bejo. Sambelnya gak senampol bu bejo si tapi sambelnya enak. Si mas juga suka makan disini kalo kita buru-buru mau ke Jakarta. Makanan yang dijual disini ya standar warung-warung di IPB. Nasi dan mie goreng, kwetiau, bihun, capcai dan ya standar gitu. Ayam+nasi disini yang jadi andalanku tergolong murah dibanding di tempat lain yaitu cuma 11 ribu dengan rasa enaak.

Karena mager, aku makan di kosan seringnya hehe

Karena mager, aku makan di kosan seringnya hehe

6. Rumah Makan Rani Lingkar Perwira
Ini tempat makan paling deket dari kosanku. Nyesel banget taunya baru belakangan ini. Makanan yang dijual disini gak begitu banyak macemnya. Cuma nasi/mie goreng, indomie, ayam kluyuk dan fuyunghai. Rasa nasi goreng disini paling juwara dibanding sama nasi goreng di tempat lain. Gitu juga buat ayam kluyuknya. Kalo fuyunghainya biasa aja. Pokoknya enaak banget nasi gorengnya. Homeey :)) Harganyaa muaaraaaaah lagi. Bayangin nasigoreng telor pisah cuma 6500. Surga kaan? Kalo yang spesial 8500. Tambahan, jangan kesini saat traffic food hour. Mengapa? Karena pelayananya jadi lamaaa ๐Ÿ˜› Come earlier is better!

Bahkan telornya enak

Bahkan telornya enak

Sedikit nyeni :p

Sedikit nyeni :p

7. Mulyasari Bara 3
Tempat makan ini jual chinese food dan macemnya banyak banget. Aku suka disini karena bersih. Beberapa restoran chinese food di bara kotoor dan aku gak sukaa -_-. Rasa biasa aja sih. Cuma emang bersih dan lumayan rasanya. Terakhir kesini baru 3 minggu lalu bareng hanum dan dedi dan kita kalap mesen makanan banyak bangeet. Yang harus diperhatiin jangan makan di jam-jam traffic food antara jam 7-8 karena lamaaa banget dilayaninnya hehe info dari temen. Makanan disini tergolong tingkat atas yaitu sekitar 7-30 ribu. Haha mahal kan yak. Tapi porsinya gak main-main sih.

All Chinese food gitu. Lengkap

All Chinese food gitu. Lengkap. Bertiga makanannya kaya gini. Kalap

WP_20150526_17_46_10_Pro

8.ย Sop Duren Raffi Medan
Dari semua listku, ini yang paling newbie. Tempat makan ini masih balita. Newbieย ini menyediakan sop duren dengan aneka toping dan beberapa jenis makanan lain pendamping kayaย ayam goreng, aneka masakan ceker, dan nasi hainan/hainam. Paling juara tentu sop duren full durian tanpa apapun lagi termasuk keju susu hahaha. Murah lagi kalo dibandingin pendahulunya kaya sop duren loday*. Aku dan si mas kesini kalo kita sedang kebanyakan uang atau aku yang ngerengek mau makan enak haha. Sop duren disini terbagi dua jenis yaitu porsi kecil dan porsi besar dengan harga sekitar 13-20 ribu yang kecil dan porsi besar 17-28 ribu. Makan disini berdua biasanya ngabisin 50 ribu. Makanya, jangan sering kesini. Hahaha

Sop duren spesial/full durian tanpa keju dan susu

Sop duren spesial/full durian tanpa keju dan susu

Ceker saos padang. Lumayan ko rasanya untuk pecinta ceker

Ceker saos padang. Lumayan ko rasanya untuk pecinta ceker

Ayam gorengnya biasa aja. Kurang konsisten rasa sambelnya. Kadang enak kadang engga

Ayam gorengnya biasa aja. Kurang konsisten rasa sambelnya. Kadang enak kadang engga

Epilog

Tempat makan yang aku pilih emang gak ada yang warteg. Karena warteg disini kurang bersih. Rasanya juga aneh. Aku lebih prefer makanan yang standar aja. jadi aku gak bandingin rasanya sama buatan ibuku. Haha. Untuk harga ya standar makanan dengan tempat kaya gini emang a bit expensive. Kalo di warteg makanan dibawah 10 ribu, kalo disini harganya diatas 10 ribu. Yaaa maklum aku picky eater and picky place ^^v Tapi aku picky place bukan karena sombong kok. Ada alasan untuk itu yang aku jelasin di pos lain. Aku akan jelaskan dengan basic ilmu mikrobiologi pangan huahahahahahahah preeet banget. Maaf yak kalo fotonya kurang bagus. Aku janji akan belajar lagi buat fotografi!!

Bai bai minna. Selamat weekend ๐Ÿ˜€

3 thoughts on “Pencarian Pangan di Sekitar Kampus IPB Dramaga

  1. Ping-balik: Jadi, Kamu Mau Bawa Aku Kemana Ndah? | Between Sweet and Sour

  2. Ping-balik: Menggeliatnya Bisnis Kuliner di Bumi Kampus IPB (Re : Dramaga) | Between Sweet and Sour

  3. Ping-balik: #MalamMingguDenganIbu : Mencicipi Salah Satu Surga Dunia, Udang Bakar Madu Mang Engking | Between Sweet and Sour

Tinggalkan Balasan

