Yang Legendaris Dari Bogor [Bagian 1]

Halo!

Berhubung hari ini malam minggu dan besok bener-bener weekend, aku mau kasih beberapa rekomendasi tempat makan di Bogor untuk kalian sambangi dengan orang spesial : teman/pacar/calon pacar/friendzone-an/calon orang tua/orang tua/keluarga/dan calon keluarga hahaha. Tempat makan ini aku golongkan legenda tempat karena tempat makan ini bukan tempat makan cafe-cafe cantik yang baru menjamur di Bogor. Tempat makan ini sudah lama mengeluarkan hifa mereka dan sudah jadi cendawan sejati *sumpah gak jelaaaaasssss ndaaah* hahaha. Intinya sih, tempat makan ini udah lama dan memang terkenal di Bogor. That’s why legendaris! So let’s check them out!

Pesan Penulis : Ini semua subjektif ku ya. Tapi insyaalloh aku memberikan subjektifitas dengan objektif 😀

1. Es Sekoteng Bogor Permai
Es Sekoteng Bogor Permai itu ada di samping Bogor Permai. Kalo dari tol Jagorawi, kalian ambil arah yang ke Istana Bogor. Setelah di perempatan dekat istana, ambil kanan yang ke arah air mancur. Kalo kalian ambil ke arah kiri kalian ke Dramaga. Dari kanan, kalian lurus aja sampe ketemu lampu merah. Persis sehabis lampu merah itu ada Bogor Permai, semacam toko roti legendaris di Bogor. Kalian parkir disana aja. Terus jalan ke luar Boper. Kalian jalan ke samping ya. Letaknya persis ada di samping luar Boper *aku susah bilangnyaaa*. Pokoknya patokannya Boper yaak!
Es sekoteng Boper ya emang es sekoteng. Rasanya kaya es sekoteng di Delima Perumnas. Menurutku sih biasa aja wkwkwkwk. Mungkin karena di Bogor gak ada yang jual es sekoteng lagi. Ya pokoknya lumayan si. Si mas juga bilang biasa aja. Kayanya dia udah gak mau kesini lagi karena yaaa namanya juga es. Tapi aku mau kok diajak kesini lagi tanpa mengeluarkan uaang! :p. Oh iya, es sekoteng ini biarpun di pinggir jalan tapi lumayan bersih kok 🙂

Ini dia es sekotengnyaa!

Ini dia es sekotengnyaa! Harga 1 porsi : 8000 apa engga 10000 (2013) seinget aku yak

Nambahin gambar aja. Biar makin mupeng :p

Nambahin gambar aja. Biar makin mupeng :p

Di tempat es sekoteng ini, banyak pedagang makanan lain yang berkumpul, kaya abang tukang bakso mari kemari, abang soto mie, abang sate padang dan abang-abang lain. Ya ibaratnya ada gula ada semut. Si pedagang es sekoteng gula, dan pedagang lain semut. Karena emang laku banget es sekoteng disini. Jadi mereka menawarkan makanan lain yang bisa jadi teman seruput es sekoteng. Aku lupa sih ada makanan apa aja disana. Oh iya, additional info. Jam operasionalnya pagi-sore doang. Yang suka kencan malem gak bisa :p

Kalo aku menggunakan hak prerogratif untuk kasi review, hasilnya :
Tempat : 3.5 (lumayan kok gak kotor-kotor).
Rasa : 4 (biarpun rasanya biasa aja, tapi enak kok. Es soalnya yaaa)
Service : 4 (biarpun rame, tetep cepet ko melayaninya. Udah professional abangnya)

2. Mie Kocok Mawar
Sesuai namanya, mie kocok ini ada di jalan Mawar kota Bogor. Duh kalo disuru jelasin patokannya agak rumit. Intinya sih kalian kalo dari Dramaga, ambil arah jalan Sumeru (ex karya bakti), luruuus aja terus kira-kira udah deket SMA YKTB apa itu kalo gak salah, kalian pelan-pelan dan ambil kanan. Tempatnya nyempil ada di depan supermarket. Kalo kalian dari kota, ambil jalan dari jalan merdeka, luruuus aja, terus ambil kiri. Kalo kanan kalian diarahin ke air mancur. Gak jauh dari sana, ada supermarket itu juga.

Ini tempatnya. Taken by Hanum. Agak nyempil

Ini tempatnya. Taken by Hanum. Agak nyempil

Untuk rasa yaa standar mie kocok aja. Cuma emang enak si dibanding mie kocok di Jakarta. Cuma gak seenak yang dikampungnya, di Bandung. Waktu aku nyoba mie kocok yang di Bandung, rasanya lebih enak. Tapi ini lumayan ko. Di bogor gak ada lagi soalnya :p. Kalo bentuk matematika gini : Mie kocok Jakarta <

Semangkok ini 22 ribu dan gratis teh tawar anget. Kikilnya banyak :D

Semangkok ini 22 ribu dan gratis teh tawar anget. Kikilnya banyak 😀

Tradisi : meletakkan dua gambar yang sama hahaha

Tradisi : meletakkan dua gambar yang sama hahaha

Tempat ini selalu ramai disambangi manusia-manusia pemburu kuliner kaya mahasiswa macam aku dan ibu-ibu malas masak di rumah huahahaha. Rame banget kalo malem *emang bukanya malaaam huahahaha dari sore sampe malem pokoknya*. Padahal udah dibuka dari jaman kapan hehe tapi masiih aja rame. Sayang si mas gak mau kesini lagi. Kurang worth katanya. Udah gitu kikil. Si mas gak suka makanan lembek-lembek macem kikil dan tetelan. Kalo aku sih mau kesini lagi. Secara mie dan emang yaa enak ko rasanya biarpun tergolong ‘biasa’.

Kalo aku menggunakan hak prerogratif untuk kasi review, hasilnya :
Tempat : 4 (bersih dan emang kaya tempat makan biasa. Bukan warung pinggir jalan gitu).
Rasa : 4 (menurutku sih enak dan kikilnya banyak)
Service : 4 (biarpun rame, tetep cepet ko melayaninya. Malah aku yang dateng belakangan, dilayanin duluan. Huahahaha. Jadi dia sistem buatnya sekali batch gitu saking ramenya. Tapi dilayanin semua ko)

3. Lele Bakar Malabar
Ini tempat makan yang baru minggu lalu aku samperin. Lele Bakar Malabar. Beberapa temenku yang asli banget anak Bogor bilang kalo this place is one of the must-visit-place in Bogor. Terus calon kaka ipar si mas, Ka Desty, bilang tempat ini juga wajib didatengin kalo di Bogor. Yaudah setelah si mas kemarin ngambil hape di Jambu Dua, setelah setengah jam muter-muter di Bogor, akhirnya kepikiran buat nyamperin tempat ini. So this is the place!
Untuk mencapai lokasi ini gak sulit ko. Ada di jalan Malabar, belakang RS. PMI. Jadi kalo kalian dari Dramaga maupun Tol Jagorawi, arahkan kendaraan kalian ke jalan RS. PMI, luruuus aja sampe mentok, terus nanti kalian tiba di Jalan Malabar. Pokoknya ada di belakang RS PMI ya. Jalan Malabar ini emang terkenal ngasih pilihan tempat makan yang lumayan banyak. Maklum deket sama kampus IPB Baranagsiang soalnya. Yaaa Bara-nya IPB Dramaga. Additional information : bukanya malem-malem ya.

Ini lele bakar Malabar. Namaya Pak Putri. Sumpah kontradiktif namanya :D

Ini lele bakar Malabar. Namaya Pak Putri. Sumpah kontradiktif namanya 😀

Atapnya

Atapnya

Tempatnya ada yang lesehan sama ada yang duduk di kursi biasa

Tempatnya ada yang lesehan sama ada yang duduk di kursi biasa

Seperti yang tertera di tenda depan, warung ini menjual beberapa jenis lauk yaitu ikan, ayam, sama bebek. Kaya warung pecel lele pinggir jalan umumnya. Nah primadona-nya si lele bakar ini. Nih spoiler buat lele-nya

Aku dan Si Mas mesen ini. Satu porsi lele bakar+ayam 12 ribu kayanya

Aku dan Si Mas mesen ini, lele bakar. Satu porsi lele bakar+ayam 12 ribu kayanya

Ini yang aku pesen. Rasa lele nya lumayan si. Ya maksudku kaya lele bakar umumnya. Gak enak-enak banget. Kaya lele di Dramaga. Yang mengecewakan si  rasa nasinya dan sambelnya. Nasi-nya kurang enak terus sambelnya gak pedes. Menurutku, lebih enak Lele Bu Bejo. Really! tapi yaa lumayan lah makan di kota harganya murah gitu hahaha. Aku jadi bener-bener mau kasih liat kalian makanan di Dramaga yang merupakan favorit aku sama si mas!

Kalo aku menggunakan hak prerogratif untuk kasi review, hasilnya :
Tempat : 3.0067 (tempatnya kurang bersih. Aku kurang sukaa -_-).
Rasa : 3.5 (biasa aja -_-)
Service : 4 (lumayan cepet ko ngelayaninnya)

Jadi, itu 3 tempat makan yang aku kategorikan legendaris dari Bogor. Banyak yang rekomendasiin ke aku. Untuk Bagian 2 nya, aku belum sambangi, tapi udah masuk list. Soto mie, asinan, dan makanan lain udah ada di rencanaku. Tinggal nge-set waktu aja. Kebetulan si mas seneng aku nge-blog. Hahahaha he said that “people rarely give others information. So you have to give them useful information ya” okedeh! Roger that 😀 Siapin duit aja mas buat jajanin aku :p

Iklan

One thought on “Yang Legendaris Dari Bogor [Bagian 1]

  1. Ping-balik: Menggeliatnya Bisnis Kuliner di Bumi Kampus IPB (Re : Dramaga) | Between Sweet and Sour

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s