Before You Die, You Should Try All These Dishes!

Halo!

Memperingati hari Ibu Internasional (iya gak sih? apa cuma hari ibu di USA aja?) yang tepat diperingati dua hari lalu *aku sudah niat untuk pos dari dua hari lalu tapi….hahahaha paketku abis*, aku ingin mempos sesuatu yang berhubungan dengan ibuku, meskipun aku tidak tau pos apa yang seharusnya diluncurkan ketika hari ibu terjadi wkwkwk. Jadi, dengan ketidaktauanku, aku memutuskan untuk sok tau dengan mempos masakan ibuku yang paling enak dan paling aku doyan kepada kalian.

Pesan Penulis : Sekedar informasi, aku itu orang yang menjunjung keobjektifan. Aku dapat digolongkan sarkastik mungkin saking aku menilai sesuatu dengan objektif. Dan aku memang menilai masakan ibuku dengan objektif. I try many various dishes and food, and i give them real scores. if it is good, i simply will say ‘yes it’s good’. If it is bad, i simply will be quiet and wont eat that food anymore.

Jadi yang akan aku pos adalah masakan ibuku yang level enaknya udah mantep banget. Yang paling aku doyan haha.
Tujuan aku ngepos sih sebenernya untuk media promosi ibuku karena ibuku sudah mau mengembangkan sayap di bidang makanan jagoannya. Di samping itu aku mau membuat hidup kalian lebih spice up karena masakan-masakan ibuku ini memang bikin hidup kalian lebih spice up! Kalian bener-bener harus mencobanyaa. Meskipun teknik mencicipinya aku gak tau gimana haha ^^v So untuk membuat rekor pos dengan basa basi tersingkat, let’s check this out!

1. Lontong Sambal Kacang Spesial
Masakan ibuku yang wajib kamu harus coba pertama adalah lontong buatan ibuku. Lontong buatan ibuku ini spesial. Bener-bener spesial. Kata spesial aku rujuk pada keadaan lontongnya yang :

a)Tidak mawur (aronan nasinya nempel satu sama lain. Gak lepas-lepas)
b)Gurih (ibuku tidak menggunakan mecin/vetsin/penyedap rasa sama sekali. Alasan Gurih dirahasiakan :p)
c)Legit (konsistensi aronan nasinya sempurna. Bener-bener legit dan ngenyangin)
d)Sambal kacang sebagai pelengkapnya sempurna! Enak Banget. Udah jodoh kaya morin jodoh sama roti
Biar aku gak asal promosi, nih aku kasi liat fotonya

Lontong dan sambal kacangnya!

Lontong dan sambal kacangnya!

Ini legit banget. Gak boong

Ini legit banget. Gak boong

Ini dalemnya. See the inside? It's so tender and simply delicious :D

Ini dalemnya. See the inside? It’s so tender and simply delicious 😀

Kalo kalian minat dalam jumlah banyak, ibuku menjual lontong ini dengan harga @ Rp 2500 kalo isi daging+sayuran dan @ Rp 1500 kalo isi oncom. Kalo sekedar icip, kalian contact aku aja. Nanti aku kasi icip :p Really, you have to try this 😀

2. Ayam Kalio Spesial
If you ask me about my favorite dishes all the time, it is the answer. The only food that i cant get enough for. Ayam kalio buatan ibuku. Ayam kalio ini sebenernya pake bumbu rendang. Tapi karena ibuku selalu masak ayam kalio dengan ayam kampung, bumbu rendangnya jadi berasa beda. Enaak banget. Ibuku selalu ngulek sendiri bumbunya. Gak diblender. That’s why rasanya jadi lebih ‘greget’. Tapi aku saranin makanannya jangan banyak-banyak bisa kolesterol.

Ayam Kalio favorit ever

Ayam Kalio favorit ever

3. Martabak Kulit Lumpia
Martabak telor yang terbuat dari kulit lumpia ini isinya daging cincang+daun bawang. Martabak ini gurih banget. Aku doyan sekali wkwkwk yaa secara aku penggila MSG. Martabak ini emang pake mecin/vetsin/penyedap rasa. Hahaha tapi aku emang doyan parah. Rasanya nagih gak karuan. Aku kasih liat ya gambarnya :

Ini martabak telornya. Isi daging dan daun bawang. Yum

Ini martabak telornya. Isi daging dan daun bawang. Yum

Ibuku bilang, ibuku siap untuk nerima pesanan dalam jumlah banyak dengan harga @ Rp 2500. Mahal sih soalnya isinya daging cincang. Kalo mau satu dua mah hubungin aku aja. Insyaalloh aku sediain

4. Nasi Uduk Asli Betawi
Semua orang yang udah nyobain nasi uduk ibuku ini, seketika jadi fans resmi sama rasanya. Nasi uduk asli betawi buatan ibuku emang spesial. Nasinya gurih, legit, dan emang enak. No MSG! Gurih asli. Nasi uduk ini enak karena haha rahasia :p. Pokoknya emang enak. Aku juga gak tau kenapa. Topping buat nasi uduk ini semur daging+bawnag goreng+telur dadar. Kata orang yang udah jadi fansnya, semur buatan ibuku ini enak banget. Haha aku sih yang notabenenya benci kecap, paling menghindari makan semur ini. Tapi kalo kalian suka kecap ya pasti semur ini jadi spesial. Dagingnya empuk dan bumbu semurnya meresap. Ni fotonya

Maaf alay banget dekorasinyaa :p Kaya Friday night 13th wkwkwk

Maaf alay banget dekorasinyaa :p Kaya Friday night 13th wkwkwk

Seperti keterangan di akhir sub bab, aku akan memberikan informasi harga kalo kalian berminat pesan dalam jumlah banyak, ibuku menjual satu box dengan harga @ Rp 20.000 dengan topping semur daging+telur dadar+bawang goreng+sambal kacang yang sama kaya untuk lontong 😀

5. Ikan Pesmol
Masakan ikan favoritku, ikan pesmol. Ini enak. Seger pedes gitu. Enak aja deh pokoknya. Garing, gak bau bumbu mentah, tahan basi. Pokoknyaaa enaak :p Ini gak dijual ya

See all the spices? See all the spices?

See all the spices?

6. Soto Ayam
Menu ini spesial karena seger banget. I dont know what happen but this is my all time favorite Soto. Aku susah nemu soto yang seseger ini. Sotonya itu gak manis. Bisa sih manis kalo kalian masukin kecap dengan lepas kendali. Tapi rasa dasarnya seger dan pedes. Cocok buat siang-siang yang panas.

Soto Ayamnya. Ini segeer paraah! Gak boong

Soto Ayamnya. Ini segeer paraah! Gak boong

Pesan ibuku :

Masak itu dengan hati. Jangan gunain emosi. Kalo lagi bt/kesel mending gak usah masak. Usahain juga kalo masak bumbunya diulek. Lebih enak. Kalo mau numis bumbu, minyaknya harus panas biar gak bau bumbu mentah. Kalo mau ngulek bumbu, pastiin bahannya dicuci dulu dan cobeg/cobek nya dicuci sampe bersih. Kalo masak sefood dan daging, pastiin bahannya udah bersih jadi gak gampang basi. Jangan suka beli bumbu mentah karena masakan suka gampang basi. Masak itu juga cocok-cocokan. Pilih menu yang cocok satu sama lain, kaya sop dengan perkedel dan daging dibalado.

Jadi itu masakan ibuku yang paling aku doyan + quotesnya yang paling aku inget. Aku harap bisa masak seenak masakan ibuku. Hehehe tapi aku belum berminat sekarang. Aku masih mau belajar processed food. So selamat hari ibu ya mak. Aku sayang mama dan masakan mama adalah salah satu hal yang buat aku bersyukur dilahirin di dunia ini 🙂

2 thoughts on “Before You Die, You Should Try All These Dishes!

  1. Ping-balik: Memadukan Niat dan Latihan dalam Memasak | Between Sweet and Sour

  2. Ping-balik: Makan Kemalaman di Giggle Box Bogor | Between Sweet and Sour

Tinggalkan Balasan

