Menggeliatnya Bisnis Kuliner di Bumi Kampus IPB (Re : Dramaga)

[Culinary Review] Hola! Apa kabar man teman? Ku tau apapun kabarmu, yang pasti kamu merindukan goresan isi pikiranku di blog ini kan? Tenang, hari ini aku mau pos tentang makanan di Dramaga. Sejujurnya aku (dulu) udah hopeless banget sama makanan di tempat ini karena rasa dan kebersihannya yang kurang terjaga. Aku cuma makan di beberapa tempat yang fix banget lah istilahnya.

Untung aja nih bisnis makanan di Dramaga mulai menggeliat sejak awal tahun ini which means i will spend more money  on daily cost (si mas pasti senyum sinis bacanya wkwkwkwk ^^v). Beberapa makanan di Dramaga ada yang enak menurutku dan akan aku pos disini. Penasaran? Let’s check this out 🙂

Kalo kalian anak Ipebeh, jangan lupa cek posku yang ini. Pos ini tentang makanan di sekitar IPB yang bisa kalian jadikan alternatif bila bingung harus makan apa.

Berkembangbiaknya tempat makan di Dramaga seiring dengan berkembangnya bangunan permanen alias ruko di sekitar Dramaga.

Terdapat beberapa spot kulineran di Dramaga. Spot pertama itu ada di pertigaan Caringin, pertigaan yang menuju Pura Jagatkarta itu lho :D, spot kedua di Jalan Raya Dramaga yang masih tergolong Kota Bogor, dan yang ketiga agak jauh sebelum Laladon.

Oke kalo kalian merasa daerah itu terlalu buram di pikiran kalian, check your G-Maps and i guarantee you will find those places hehe. Ketik Dramaga Bogor di kolom pencarian.

Pertigaan Caringin

Di Pertigaan Caringin ada tiga tempat makan. Satu warung steak yang namanya kulupa, oto bento (hoka-hoka bento most potential competitor), and nasi goreng rempang mafia (favorite si mas).

Steak and Sea Food

Sejujurnya aku lupa terus sama nama tempat ini but seingetku namanya steak and sea food. Aku tau kalian akan menjudgeku tidak profesional, tapi percaya bahwa aku tidak bisa mengingat nama ^^v. Warung steak ini menjual steak dengan harga mahasiswa. Range 10-30 ribu-an steaknya. Steak bertepung gitu. Tau lah ya yang kaya apa. Yang kaya warung st*ak and ****e haha. Disana jual makanan bule lain ala chef lokal kaya chicken cordon blue ,pasta ,french fries yaa yang gitu-gitu . Warung itu juga menyediakan beberapa olahan seafood yang menggugah nafsuku (Re:calamary, udang goreng tepung, etc).

WP_20150327_19_32_05_Pro

Steaknya enak ko. Hehehe aku basically gak complain sama rasanya. Pastanya sih biasa aja. Enakan buatan hanuum :p

WP_20150327_19_18_18_Pro

Ini menu paling murah. Paket bento gitu. 17 ribu-an. Rasanyaa enaak

Untuk rasa lumayan ko. Harga segitu dan dapet rasa segitu ya worth lah ya. Cuma cordon bluenya masih keras. Masih kurang ok, menurutku lho. Aku lupa mau foto cordon bluenya wkwkwk

Kalo aku bole kasi review

Tempat : 3 (mereka menggunakan warna lampu merah dan biru which makes it like a disco. I dont like the interior. Really. Too crowded)

Rasa      : 3.5 (steak yang kupesan enak. Lumayan ko)

Pelayanan : 4 (cepet ko penyediaan makanannya. Aku suka)

Overall lumayan lah kalo kalian mau makan steak dan mager banget buat ke Abuba (berasa duit kiriman 5 juta sebulan wkwkwkwkwk).

Oto Bento

Dari semua restoran, ini yang paling aku suka. Aku suka banget sama otobento. Rasanya mirip banget sama hokben dan harganya juga sama. Worth banget. Aku malah lebih suka ini. Menunya banyak dan slightly cheaper than the old one (if you know what i mean) hehehe. Aku udah dua kali ke restoran ini dan gak ngecewain ko. Let me show the food there. Tempatnya juga homey banget. Aku betah disini 😀 Sayang uangku gak betah wkwkwkw.

Ini menu paling murah. Paket bento gitu. 17 ribu-an. Rasanyaa enaak

Ini menu paling murah. Paket bento gitu. 17 ribu-an. Rasanyaa enaak

WP_20150328_18_51_54_Pro

Sok artistik

WP_20150328_18_42_30_Pro

Menu makanannya

WP_20150328_18_40_14_Pro

Hiasan dindingnya

Kalo aku sok-sok kasi review ya macem food blogger :

Tempat      :4.7576 (tempatnya homey! Aku suka. Biarpun biasa aja desainnya. Agkanya udah kaya angka ngitung kadar air)

Rasa           :5 (menurutku ini enak dan mirip banget sama si hoka hoka itu. Lebih enak banget)

Servicenya :3.45 (terakhir aku makan, gelas yang aku pake untuk minum slightly bau gitu. Ehehe)

Emang a bit pricey harganya, tapi aku sih sukaaa banget. Bento lover unite!

Nasi Goreng Rempah Mafia (Sudah bangkrut atau tutup)

Sekedar info : Nasgor mafia cabang utamanya di Tebet dan ada juga cabang di Depok.

Buat ini, aku no komen! Kalian cobain aja sendiri. Aku suka sama menunya yang TRIAD. Kalian harus dateng. Beneran enak meskipun harganya 2x harga nasi goreng pekalongan bara hahahaha. Cobain deh. A new taste in your tongue!

Ini menu favoritku. Triad. Cobain deh. Enak. Gak Boong.

Ini menu favoritku. Triad. Cobain deh. Enak. Gak Boong.

InstagramCapture_cd3b4879-abc5-4546-b9b0-ad1bdea68739

Nasgor favorit si mas

Kalo aku sok-sok kasi review ya macem food blogger :

Tempat      :5 (Padu paan warna di nasgor rempah mafia bagus. Dia juga punya konsep kuat untuk dekor dan tema restoran mereka, MAFIA! A nice concept)

Rasa           :5 (Pertama nyobain aku kurang suka, setelah ke sini dua kali, jadi kecanduan. Coba aja lebih murah ya haha)

Servicenya :4.5 (Ok ok aja si. Tapi waktu itu pernah mesen menu es teh tapi dikasihnya teh anget. Gapap lah ya)

Cobain deh. Aku bener-bener kasih tanda sukaa 😀

[Updated : Restoran ini sudah bangkruut. Sayang banget ya :”( Cuma yang di Bangbarung masih buka kayanya]

 Di Sepanjang Jalan Dramaga

Kalo yang ini agak jauh dari kampusku. Tapi tetep rekomended banget buat dikunjungin. Untuk pelancong dari luar bumi kampus ipb, ini lebih rekomended. Lebih deket dari kota. Beberapa yang udah kucoba ya :

Warung Sate Solo dekat Laladon

Warung ini berada gak jauh dari belokan Laladon menuju Dramaga. Tepatnya di samping NF Bubulak. Tempatnya kaya warung makan kecil gitu. Tapi rasanya…. Enaaak. Aku suka banget sama satenya. Bumbu kacangnya mantep dan sopnya enak. Daging di sopnya empuk dan gak butuhin extra effort buat ngegigit. Cocok buat yang giginy sudah mempensiunkan diri. Harganya lumayan murah ko. Standar warung sate. Sate kambing 10 tusuk 24 ribu dan sop 1 mangkok 15 ribu. Lumayan lah ya gak mahal banget. Asal jangan sering-sering. Cuma tempatnya kurang nyaman. Hehehe yaa namanya warung sate lah ya.

Full Team!

Full Team!

WP_20150413_014

Sopnya enak

Kalo aku sok-sok kasi review ya macem food blogger :

Tempat      :3 (Kurang bersih. Aku kurang suka. Hehehe)

Rasa           :5 (Sate terenak di Bogor yang pernah aku cobain hehe).

Servicenya :5 (Pelayannya sigap-sigap. Masakan cepet ke handle :D)

Lebih baik kalo ke tempat sini sama keluarga. Suasanannya lebih mendukung. Sama pacar gapapa sih. Tapi entah kenapa restoran kaya gimana menurutku lebih identik buat keluarga 😀

Ayam Taliwang Jaya (Sudah Bangkrut)

Sebenernya aku kesini sama si mas iseng dan gak sengaja banget. Gara-gara di auri si mas nyobain ayam taliwang yang enak. Letak ayam taliwang ini sebelum Giant Dramaga. Deket Pabrik tekstil. Gak jauh ko dari warung sate solo. Rasa ayamnya enak. Tapi kurang bumbu aja. Kalo disiram dengan lebih banyak bumbu pasti jadi lebih enak. Kangkung Plecingnya enak. Aku doyan 😀 Pedes seger gimana gitu. Tempatnya enak ko. Tempat duduknya banyak dan bersih terawat. Ini restoran baru buka juga sih.

Kurang bumbu kan ya ayamnya?

Kurang bumbu kan ya ayamnya?

Kalo aku sok-sok kasi review ya macem food blogger :

Tempat      :5 (Bersih dan nayaman terus lega lagi!. Aku suka. Hehehe)

Rasa           :4 (kurang bumbu ajaa. Atau semua ayam taliwang kaya gitu?).

Servicenya :4.5 (no reason why haha)

Intinya buat anak IPB, bisa lah mampir kesini. Harganya gak mahal-mahal ko. Harga ayam kampung setengah ekor 23 ribu, kalo negeri 17 ribu. Ada paket dibawah 20 ribu juga kok. Cocok lah buat yang mau pacaran tapi tidak terlilit hutang 😀 hahaha.

[Updated : Restoran ini udah bangkrut juga. Gantinya toko mebel :”( Kenapa semuanya bangkruuut -_-]

Steak Abu Nawas

Lokasinya gak jauh beda dari ayam taliwang jaya. Yaa cuma beda 50-100 m. Konsep rumah makan ini mirip banget sama warung stea* and s**** haha. Harganya juga gak jauh beda. Untuk rasa lumayan ko. Mirip-mirip. Cuma emang si pendahulunya lebih juwara. Aku makan kesini waktu promo buy 2 get 2 free. Soft opening mereka gitu. Waktu itu aku sama si mas sampe pusing mau mesen apa. *dan kita tidak mengunjungi tempat itu lagi sampe sekarang wkwkwk*

WP_20150325_20_02_56_Pro

Ini promo yang dulu aku datengin

WP_20150325_20_45_25_Pro

Snack gratisnya 😀

WP_20150325_20_47_30_Pro

Es krim goreng :p Si mas doyan lho

Ini menunya. Chicken muahroom BBQ kalo gak salah sama spaghetti bolognaise :D

Ini menunya. Chicken muahroom BBQ kalo gak salah sama spaghetti bolognaise 😀

Kalo dilihat dari tipe restoran yang ada disini, rata-rata memang mengambil sasaran menengah ke bawah. Didasari dari income per kapita masyrakat kecamatan Dramaga yang memang gak terlalu besar. Lumayan ko sebulan sekali mengunjungi mereka untuk sekedar melepaskan uang yang terperangkap di dompet 😀 Sebenernya masih ada beberapa restoran lagi yang worth untuk didatengin. Tapi berhubung posnya bisa jadi terlalu banyak, aku bagi jadi dua sesi which the time is still not determined haha. Just wait for it. But for sure, i’ll tell you :D.

Cek pos ini untuk info lanjutan makanan di Dramaga

Overall, Aku suka makan di newbie restoran di Dramaga ini karena bersih. Aku suka tempat makan yang bersih.

Makan itu menurutku spesial. Aku mau apa yang ku makan itu ‘bener’ dan di tempat yang ‘bener’ juga.

That’s why aku jarang makan di tempat sembarangan. Bukan karena belagu ya, tapi karena tempatnya kurang bersih. Kalo memang warung tersebut menyediakan makanan yang enak, kenapa tidak memprovide dengan tempat yang gak usah bagus, bersih aja deh? Mahal? Kurasa engga juga ko. Cuma kesadaran aja dari yang punya tempat makan bukan? Sounds so judging yak. Tapi itu preferensiku. Si mas pun kaya gitu *kalo sama aku haha*. Kita kalo makan memang mikirin tempat dulu. That’s why aku dan si mas gak pernah makan di warteg Bara, warung makan pinggir jalan di Bara. Kita kalo makan selalu pilih-pilih tempat. Insyaalloh aku kasih liat tempat makan aku dan si mas selama 3 tahun kita di IPB yang itu itu aja. Sampe pelayannya kenal kita hahahaha. Makanya aku bersyukur ada restoran-restoran ini. Bisa jadi referensi makan kita 😉

*****

Oh iya gaes, aku sudah update lagi edisi kuliner Dramaga di pos ini hoho. Cek juga yak

Kalo kalian anak ipebeh, kalian harus cek juga tempat makan di daerah Bogor yang aku rekomendasiin. Ini link nya gaes :

Daerah Yasmin

Daerah Bangbarung/Indraprasta

Restoran lain di Dramaga

Yang Legendaris Dari Bogor

Semoga bisa membantu yaa :))

Iklan

2 thoughts on “Menggeliatnya Bisnis Kuliner di Bumi Kampus IPB (Re : Dramaga)

  1. Ping-balik: Jadi, Kamu Mau Bawa Aku Kemana Ndah? | Between Sweet and Sour

  2. Ping-balik: Menggeliatnya Bisnis Kuliner di Kecamatan Rasa Kota (Re:Dramaga) | Between Sweet and Sour

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s