Berita Penting : Morin Sekarang Punya Saingan Potensial

Hola Pembaca! Selamat Malam 😀

Jadi di tengah badai malam kegabutan yang menerpaku, aku memilih untuk memusatkan diri di blogku. Haha I don’t know but writing some my craziness, interests, passions, and my immature point of view are my kinda pleasures. And above that,  I hope my writing could give you many positive vibes (asiiikk ada peningkatan bahasa. Intelek dikit :p)

So di satu jam menjelang tengah malam ini aku mau mempos sesuatu yang berhubungan dengan Morin. Haha aku nyebut merek tapi memang benar, di pos ini aku mau bilang kalo Morin punya saingan, yaitu my own jam company! Hahaha *padahal baru sekali buat selai udah ngaku buat perusahaan*sok jago*sokasik*

Ceritanya Sabtu 3 minggu yang lalu kalo gak salah, aku iseng-iseng kepikiran untuk buat selai. Sebenernya gak iseng si. Kebetulan si mas maniak roti. Dia suka banget roti. Yaa berhubung aku mau jadi calon istri yang ada nilai plusnya, aku mau kasih surprise si mas dengan buat selai strawberry. Yaa intinya biar so sweet gitu masakin pacar haha. Kenapa strawberry? Karena aku cuma suka selai strawberry dan coklat hazelnut –> merujuk nutella wkwkwk. . Hahaha so daripada kalian bosen baca prologku, mending langsung kutunjukkan caranya.

1) Bahan dan Alat apa yang aku butuhkan ndah?

Oke diatas semuanya kamu butuh Uang/Duit. Kalo gak ada gak bisa buat selai hahahaha

 Bahan yang kamu butuhkan       :

1 kg strawberry segar (kalo kamu mahasiswa S1/S2/S3 salah satu institusi pertanian negeri yang ada di bogor, kamu bisa beli di Al-Amin Depan, Depan Super Kue, dan Kedai Spinky depan Al Amin Bara)

Strawberry. 1kg 32rb. A bit pricey. Kalo mau murah di pasar bogor kayanya

Strawberry. 1kg 32rb. A bit pricey. Kalo mau murah di pasar bogor kayanya

Gula satu gelas (sayaang gak aku ukur. Gelas royalex. Let me show you the picture below)

Ukurannya segini. Aku gak tau pastinya

Ukurannya segini. Aku gak tau pastinya

Air sedikit banget.

Overall ini aja yang kamu butuhin

Overall ini aja yang kamu butuhin

Alat yang kamu butuhkan            :

Panci untuk masak selainya

Sodet untuk mengaduk di panci

Blender untuk hancurin strawberrynya

Wadah untuk strawberry (aku pake mangkok yang bagus soalnya mau di pos disini hahaha)

Mason Jar/jar/apapun untuk tempat selainya

2) Terus bagaimana kamu melakukannya ndah?

Cara melakukannya susah-susah gampang. Hahaha butuh feeling. Apalagi untuk amatur macam aku. Untung ada ibuku yng tiap tahun masak selai nanas untuk kue nastar haha. Intinya buat selai Cuma buat puree, campur gula, masak di panci beres. For detailed steps, here below :

Pertama, kamu cuci bersih strawberrynya. Pastikan bener-bener bersih. Kalo gak bersih nanti ada mikroflora di strawberry yang buat selai kamu gampang basi/kontam.

Kedua dengan tangan yang sudah bersih/sendok, kamu hancurin strawberryna asal. Dicacah aja. Kenapa? Ini buat ngasi air saat strawberrynya diblender. Kalo dikasi air, menurutku aka nada rasa dari airnya. Aku nyontek laura vitale sih untuk tips ini wkwkw.

Ketiga, kamu blender dengan air yang bener-bener sedikit. Gak nyampe 10 ml. 3-4 ml aja. Buat pancingan blendernya. Terus blender asal. Jangan alus-alus. Kenapa? Karena kalian ingin membuat puree bukan membuat jus/smoothie.

Ini hasil cacahanku. Air yang ditambahins edikit karena strawberrynya udah ngeluarin air. jadi rasa strawberrynya terjamin

Ini hasil cacahanku. Air yang ditambahins edikit karena strawberrynya udah ngeluarin air. jadi rasa strawberrynya terjamin

Keempat, kamu taro puree di panci dan gula segelas tadi. Aduk sebentar lalu masak dengan api kecil.

Tambahkan gula ke dalam puree

Tambahkan gula ke dalam puree

Kelima, masak dengan terus diaduk-aduk. Kenapa diaduk? Pengadukan dilakukan untuk mencegah penggumpalan di bawa selai. Jadi kamu aduk aja. Masak sampai dia mendidih dan air di strawberrynya berkurang sampe tinggal 1/4nya.

Abikan tanganku. Niatnya biar foto frame 'luber' tapi gagal haha

Abikan tanganku. Niatnya biar foto frame ‘luber’ tapi gagal haha

Jangan masak sampe kering. Percaya, selai itu akan mengeras saat dia diangin-anginkan. Nanti aku kasi liat fotonya. Itu ibuku yang ngajarin. Haha she’s simply an expert. untuk waktu sekitar setengah jam-1 jam. Kalo gak salah. maaf yaa waktunya gak aku itung…

Sampe kaya gini....

Sampe kaya gini….

Tunggu dingin, masukin ke jar dan that’s it!

I'm ready to be a good wifey! preet

I’m ready to be a good wifey! preet

Yang bikin aku seneng banget adalah respon positif dari orang-orang. Mereka seneng sama selaiku. Alhamdulillah. Manisnya pas dan masih kasar gitu di mulut. Gak halus-halus banget. Yeaay! Project done! Seneeeng banget banget pas dibilang enak. Hahaha. Si mas bilang sih, kalo buat ginian buang-buang waktu dan uang. Mending beli morin. Wkwkwkwk tapi pas dia cobain, no complain. He liked it 🙂 Biarpun mahal tapi ini aman. No pengawet dan pemanis.

Pemanis alami hidup kamu :3

Pemanis alami hidup kamu :3

I simply liked when people licked on it and they made such a happy face haha

Beberapa hal yang kamu harus perhatikan untuk membuat selai :

A) Kalo kamu mau menyimpan selai kamu untuk jangka waktu lama, kamu harus sterilisasi jar yang akan kamu lakukan. Ada berbagai macam cara sterilisasi. Kamu cukup yang biasa aja. Gak usah yang UHST. Wkwkwk bukan buat susu soalnya.

1). Kamu masukin jar kosong yang mau kamu gunain ke dalam panci dengan air mendidih selama 1 jam. Dan setelah satu jam kamu letakkan di air. Kenapa gak diangkat didarat? Karena takutnya kontam sama mikroba di udara bebas. Jadi letakkan di air panas tadi. Kalo bisa kamu masak jarnya dalam waktu sedekat mungkin dengan selai. Jangan panasin jarnya semalam sebelum buaat yak! Nanti dia kontam lagi.

2). Setelah selainya jadi, kamu masukin selai ke jar yang udah dikeringkan dengan tisu sebelumnya. Langsung masukin aja ya. Kenapa? Karena kalo nunggu dingin, akan ada mikroba yang ikut. Prinsipnya, mikroba (most of them) mati pada suhu tinggi. Jadi ketika produk masih panas, langsung masukin ke dalam jar. Setelah masuk, kamu tutup yang kencang dan kamu sterilisasi lagi. Pastikan tangan kamu bersih ketika nutup jar. Sterilisasinya kamu masukin jar dengan selai ke dalam air mendidih selama 15-20 menit. And that’s it. Insyaalloh awet. Sebenernya untuk waktu aku kurang yakin. Kamu cek lagi aja. Tapi basic sterilisasi kaya gitu.

B) Kalo kamu diabetes, jangan makan selai banyak-banyak. Karena selai mengandung gula. Bisa sih kalo pake stevia yang 1 kg nya 1.2 juta. Tentu dengan tingkat kemanisan yang berbeda. Gula sebenernya dibutuhin untuk proses pembuatan selai sebagai pengawet. As we know, bakteri penyebab kerusakan pangan gak bisa hidup di keadaan dengan tekanan osmotic tinggi. That’s why kita masak selai dengan gula, supaya bakteri gak bisa hidup. Makanya selai itu awet-awet. Kalo masak selai nanas aja, bisa seminggu tanpa sterilisasi. Haha.

Pesan Penulis : Hehe karena passionku itu di prosessed food, aku mau uji coba beberapa jenis makanan yang pernah/belum kubuat sesuai resep jurusanku dan jurusan sebelah. I don’t know but honestly I don’t like cooking raw food. Making a prosessed food is more…tempting! Mungkin karena basicnya aku berkecimpung di dunia ini. Tapi ya as a girl aku harus masak raw food. Hahaha so enjoy my another passions 😀 Untuk another chance, aku akan kasi keterangan lebih akurat tentang waktu, rendemen dan suhu ya. Aku mau ngumpulin uang dulu buat itu. Memang processed food yang buat sendiri jauh lebih mahal, tapi sederhananya lebih terjamin karena kita tau bahan apa yang kita gunain 😀

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s