Menurutku, ini sih passion

[Opini]

“Passion itu sesuatu hal yang bila kamu pikirkan saja, kamu sudah bahagia.”

Definisi paling sederhana yang paling representatif terhadap passion menurutku adalah kalimat di atas. Sesuatu yang bila kamu memikirkannya saja kamu sudah senang, meskipun kamu tidak pro atau ahli dalam hal tersebut. Syarafku langsung menerima dan tidak reaktif terhadap definisi di atas. Karena penjelasan di atas sederhana dan aku tidak menemukan letak salahnya.

Di post ini, aku tidak ingin membahas dari segi bahasa atau bagaimana cara menemukan passion kalian. Aku hanya ingin menunjukkan kepada kalian apa passionku. Siapa tau beberapa passionku dapat menginspirasi kalian yang belum dapat menemukannya. Kenapa begitu ndah? Karena aku tidak tahu caranya. Aku menemukannya dengan banyak membaca, banyak kepo, and try many things. Really, just try it. Jadi mungkin cara menemukan passion adalah dengan sesederhana mencarinya! Seperti jodoh *sensitif hhhhh*. Pencarian yang aku lakukan itu kebanyakan dengan kepo! Aku kepo banyak hal. Aku buka pinterest, aku tanya temenku apa yang mereka suka, aku baca blog orang, aku baca beragam buku self-motivation sampe aku coba satu per satu dan hingga aku menemukan apa yang “membayangkannya saja aku sudah bahagia”.

Flashback dulu ya guys, passion itu hal yang sejak awal masuk semester 3 aku pikirkan dan aku cari. Gara-gara bintang tamu pas hagatri (yang aku lupa namanya) menjelaskan tentang pentingnya mencari passion sejak dini. Dia menceritakan pengalamannya mencari passion. Dia bilang passionnya berubah-ubah mulai dari ingin jadi pekerja, dosen, hingga tiba-tiba S2 dan dia menemukan passionnya. Hal yang sama juga terjadi padaku. Passionku mengalami perubahan. Setelah paragraf ini kujelaskan perubahan-perubahan pada “hal yang membayangkannya saja sudah membuatku senang”. Dari omongan dia, aku menemukan bahwa passion itu harus dicari untuk menghidupi hidupmu. Bahwa dengan passion hidupmu akan ‘bergairah” meskipun kamu belum menikah dan lebih “bergairah” ketika kamu sudah menikah (??) Singkatnya, kamu akan lebih memaknai setiap hari yang kamu hidupi. Berkut passionku yang aku amandemen sendiri.

Semester 3 : sama sekali tidak memiliki kesenangan. Sibuk dengan tugas TIN yang hhhhh banget dan PDRP yang kkkkkk sekali. Anak TIN pasti punya hhhhh dan kkkkk sendiri-sendiri -_-

Semester 4 : sibuk jadi panitia hagatri dan anggota himalogin. Sempat berminat jadi event organizer karena merasa ok dalam membuat acara *padahal kagak* hihihi dan kandas dalam beberapa minggu karena acara yang dibuat masih dikritik. Merasa frustasi seketika. belum ada mental waktu itu haha

Semester 5 : minat untuk jadi chef. Tertarik banget sama dunia masak-masak setelah liburan semester genap yang digunakan untuk masak setiap hari sama ibu aku. Sampe beli peralatan masak dan hanya berjalan selama….2 minggu. Setelah itu give up untuk memasak karena selalu keasinan. Mungkin aku ingin menikah…pffftt abis

Semester 6 : minat sama healthy life style. Tau kan ya kalian tentang healthy life style? Yang makan sayur semangkok tanpa ayam, yang green smoothie, yang sehat-sehat deh. Kaya andien dan penggerak gaya hidup sehat lain. Try lot of smoothie recipes. Try to eat salad. Try to do kind of jogging every week. Bertahan hanya 3 bulan setelah sukses turun 4 kg. setelah itu ga melakukan lagi. Ga ada motivasi. Udah gitu nih, hidup healthy life style lebih mahal. Belum ada subsidi hidup sehat dari pemerintah soalnya seperti subsidi untuk sayuran organik dan kebanyakan barang-barang sehat datengnya dari negeri di benua lain. Yes, we have to pay the import fee.

Baru di semester 7 ini setelah aku kepo pinterest, aku baru tau apa yang membuatku “bahagia bahkan belum melakukannya”. Mungkin hal itu dapat kusebut passion dan setelah menonton iklan LINE AADC di youtube (lah?) aku sadar passionku ada beberapa banyak dan mungkin “umum” banget, but they really make me happy even just imagine it. Aku seneng ko ngebayanginnya, nulisnya aja sekarang ngebuat aku udah pingin ngelakuinnya. Hihihi I’m too excited bout all of these things.

Ehem ehem kita mulai ke inti *sebenernya pas aku nulis aku ga batuk ga berdehem. Efek untuk dramatis aja yak :p*. Passionku yang sekarang-semoga selamanya-ada 3 dan hal yang aku interest ada beberapa tapi lebih fokus ke 2 sih. Lho ko tiba-tiba muncul ineterest?? Tenang. Aku membedakan passion dan interest hanya di taraf membayangkan. Kalo passion membayangkannya aja udah seneng, kalo interest ya sebatas karena itu menarik. Membayangkannya biasa saja hahaha dan interest berpotensi menjadi passion lho! Entah bagaimana caranya interest bisa naik pangkat jadi passion tapi menurutku interest dapat naik pangkat!! *pendapat sendiri*. Oke ayo kita intip (ha?) passion dan interestku

Passionku yang pertama adalah travelling *disebabkan kebanyakan baca natgeo punya abang, main pinterest berjam-jam, ngobrolin dunia sama Tio, nonton on the spot, kepo blog orang, dan baca novel*. Ketiga passionku sudah dilakoni banyak orang, tapi passionku memang ini. Aku suka menjadi pejalan *aku memakai istilah natgeo menyebut traveller tssaaah* dan aku serius untuk menjadi pejalan. Berjalan keliling indonesia dan dunia. Bertemu orang baru. Berzikir menyebut nama-Nya tiap kali melihat ‘masterpieces’ ciptaan-Nya. Belajar dari orang lain. Aku ingin menghabiskan sisa hidupku dengan belajar, dan menjadi pejalan adalah salah satu caraku untuk belajar. Mungkin di post lain aku akan bercerita seperti apa pejalan yang ingin aku representasikan dari diriku. Apakah yang suka backpacker, atau yan suka berkoper, yang suka selfie, yang update di socmed, atau yang seperti apa. Why? Ya biar kalian tetap penasaran dan baca blogku *pede abiss*

Passionku yang kedua adalah Crafty Things *disebabkan kepo bethany mota video di Youtube dan main pinterest*. Crafty? Yep. Aku mau berkutat di dunia craft! Di dunia DIY. Kesukaan aku sama craft sebenernya sejak aku pertama kali buat scrapbook. Tapi ga aku terusin dan seriusin. Baru deh di semester 7 dengan tingkat gabut tinggi, aku memutuskan untuk serius di dunia crafty. Ditunjukkan dengan aku mendownload 20 lebih video DIY tutorial untuk organizer, room dan school supplies. Hahahahaha. Yaa keseriusan aku memang belum seserius adya dengan himalaya stoker atau seserius hanum dengan fleur_fabric nya, tapi aku OTW ko. Aku merahasiakan apa yang sedang aku kerjakan karena memang belum ada yang pasti (?????). Masih terbatas wacana. Tapi tenang. Insyaalloh kali ini aku tidak menjadi procrasinator dan pewacana setelah penelitianku memasuki tahap lebih bermakna hehehe. Aku akan serius membuat ‘sesuatu’ yang dapat menghasilkan pundi pundi ke dompetku sekaligus media penampung passionku.

Passionku yang ketiga adalah food processing *disebabkan terlalu lama berkutat di buku-buku nomer 660-670 an lantai 2 LSI*. Makanan itu menarik ketika tela diolah. Teknik mengolahnya yang paling menarik. Dan aku suka. Aku sejujurnya merasa,entah sedikit atau banyak,iri pada anak jurusan sebelah yang selalu berkutat dengan makanan baik dari kandungan gizi,fisiologi dan yang utama di pengolahan. Di TIN aku berkutat lebih banyak pada industri non pangan. Bukan ga suka sih, tapi aku selalu menspecialkan makanan. Menurutku pengolahan makanan merupakan seni paling menarik. Yaa ini terjadi karena aku membaca buku anak jurusan sebelah lebih sering daripada membaca buku-buku jurusanku. Dari buku-buku itu, aku menemukan tentang betapa rumitnya makanan yang telah diproses itu. Setelah kamu memiliki passion pada food processing lalu apa? Impianku adalah aku ingin mendirikan pabrik makanan! Entah kecil atau besar tapi aku ingin mendirikan pabrik. Detail tentang passionku yang ini aku jelaskan di post lain karena ini terlalu menyenangkan dan takut mengaburkan inti dari post ini hahahaha.

Passionku adalah ketiga hal tadi. Urutannya tidak berarti apa-apa. Hanya menyebutkan secara random (Ingat kan pos aku yang pertama?Bahwa my randomness is quite serious ya know). Untuk interestku, aku interest sekali dengan kuliner (bukan processed food ya), fashion, buku, anime, bus, film, gadget, manusia dan hal lain. Cek aja pinterest aku. Hahahha *nyari followers*.

Aku rasa sekian dari postku. Post ini meresmikan bahwa blog ini aku dedikasikan untuk passion dan interestku (ceritanya gunting pita). Sehingga kalian akan menemukan hal-hal ini di blogku. Semoga kalian menyukainya dan mendapatkan manfaat ya. semoga passionku ini bertahan selamanya. kalo semisal aku menemukan passion baru atau terjadi eskalasi (bahasa apa itu) dari interest-interestku, ya aku akan melakukan koreksi hehehe. Untuk detail lebih dalam terhadap passionku maisng-masing, akan di bahas di post lain haha semoga aku tidak menundanya. Selamat pagi. Selamat beraktivitas di bulan Februari hoaaamm *menguap*.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s